Ingin campaign produk Anda di social media berhasil? Pastikan Anda gunakan satu dari enam tools andalan social media monitoring companies, karena tools tersebut bisa membantu proses monitoring di social media lebih mudah. Social media monitoring sendiri adalah proses monitoring dari unggahan, yang sebuah brand sudah lakukan. Untuk lebih jelasnya, mari simak pengertian lebih dalam mengenai social media monitoring, sebelum membahas tools-tools andalannya.
Pengertian Social Media Monitoring
Bagi Anda yang belum paham atau belum tahu, social media monitoring adalah proses analisis terhadap beberapa informasi atau pesan dari unggahan di media sosial, mengenai sebuah brand produk atau layanan. Bahkan, proses monitoring juga dilakukan pada penggunaan hashtag khusus, yang dibuat untuk mempromosikan bisnis Anda. Sederhananya, social media monitoring adalah kegiatan pemantauan (monitor) dari setiap respon, berupa pesan di messages, komentar, hingga review yang dibuat oleh audiens di akun social media miliknya, dengan mention dan membahas brand atau produk yang kita miliki.
Namun, meski namanya social media monitoring, kegiatan ini tidak terbatas pada media social saja. Melainkan, Anda juga bisa memonitoring atau memantau pesan di berbagai platform seperti forum, blog, situs berita, e-commerce, dan lain-lain. Intinya, media yang Anda pantau, masih dalam lingkup dunia maya. Meski bisnis Anda dilakukan secara offline, misalnya bisnis rumah makan, penginapan, salon, laundry dan lainnya, kegiatan pemantauan juga bisa tetap dilakukan. Asalkan, brand bisnis offline Anda terdaftar ke dalam situs ulasan produk atau layanan, seperti di Google, atau bahkan di memantau ulasan di blog, berita dan lainnya, yang menyebutkan nama brand Anda.
Keuntungan Menerapkan Social Media Monitoring
- Membantu memantau sekaligus menganalisa brand mention di social media dan media lainnya
- Perusahaan bisa menghemat waktu sekaligus tenaga, ketika hendak mengumpulkan data, baik dari social media maupun aplikasi dan website.
- Mampu meningkatkan strategi customer Card
- Membantu meningkatkan strategi digital marketing perusahaan
- Anda bisa lebih mudah untuk mengetahui feedback, baik yang positif maupun yang negatif dari audiens
- Membantu perusahaan dalam menghitung ROI (Return on Investment)
- Membantu menganalisa performa campaign, atau ads yang telah dilakukan
Langkah dalam Menerapkan Social Media Monitoring
- Memilih dan menggunakan tools yang tepat dan sesuai
- Mencari dan Membuat daftar keyword yang relevan dan banyak audiens cari
- Jangan terlalu fokus ke hasil, tapi prioritaskan proses monitoring
- Manfaatkan dan maksimalkan penggunaan tools social media monitoring
- Membuat perencanaan strategi social media marketing, monitoring dan listening yang efektif dan efisien
Rekomendasi Social Media Monitoring Tools
Setidaknya ada 6 tools andalan yang biasa digunakan untuk social media monitoring. Anda bisa baca dan pilih sesuai dengan jenis bisnis Anda:
-
Hootsuite
Social media monitoring tools yang pertama adalah Hootsuite, yang sering disebut sebagai rajanya tools media sosial. Selain untuk sosial media, tools ini bisa melakukan monitoring pada seluruh platform sosial di dunia maya. Cara menggunakannya juga mudah, Anda juga bisa melakukan pencarian keyword dengan setting yang telah dikustomisasi sebelumnya. Hal tersebut bisa menampilkan hasil yang lebih akurat dan sesuai dengan kebutuhan. Bahkan, Anda juga bisa mendapatkan informasi seperti topik yang penting, relevan, sedang tren, dan profil media sosial, sesuai dengan keyword, hashtag, lokasi dan pengguna yang sangat spesifik.
Untuk social media listening, Anda bisa menggunakan Hootsuite Insights, karena bisa memberikan hasil berupa percakapan, atau chat secara online dan real-time, terkait produk Anda. Hal tersebut bisa digunakan sebagai proses pengembangan produk.
-
Talkwalker
Tools social media monitoring yang direkomendasi selanjutnya adalah Talkwalker, yang juga bisa melakukan monitor pada semua platform media termasuk website. Salah satu keunggulan dari Talkwalker adalah menyediakan 50 filter dalam melakukan monitoring terhadap sebuah percakapan. Jadi, secara otomatis Anda bisa mendapatkan informasi terkait produk Anda, yang dihasilkan dan bersumber dari 150 juta data. Tidak hanya di media sosial, tapi juga data di blog, forum, video, situs berita, dan situs ulasan. Selain itu memantau, Talkwalker juga bisa sekaligus membantu Anda untuk menganalisa engagement, jangkauan, komentar dan brand sentiment.
-
Nexalogy
Tools yang ketiga adalah Nexalogy, yang hampir sama dengan Talkwalker. Nexalogy juga bisa melakukan monitor pada platform media sosial dan juga website. Tidak kalah dari Talkwalker, Nexalogy juga punya keunggulan sendiri. Mulai dari visualisasi data, mencakup linimasa yang interaktif, hingga peta cluster yang mampu menunjukkan topik relevan, dengan brand Anda. Hasil berupa keyword populer, akun media sosial, hingga forum yang aktif memberikan komentar tentang brand Anda, juga bisa diberikan dengan mudah dengan tools Nexalogy. Sehingga, Anda bisa memanfaatkan hal ini untuk membangun hubungan yang loyal dengan followers atau pelanggan.
-
Mentionlytics
Berikutnya ada tools social media bernama Mentionlytics, yang sangat berguna terutama bagi Anda para pebisnis, yang mengekspor produk atau brand-nya ke luar negeri. Pasalnya, Mentionlytics bisa membantu Anda untuk melakukan monitor terhadap brand mention, keyword, serta sentimen dalam beberapa bahasa. Tidak hanya media sosial, dengan tools yang satu ini bisa memonitor semua media online termasuk website.
-
Reputology
Anda hanya punya bisnis offline dan tetap ingin mengetahui informasi monitoring terhadap brand Anda? Bisa, yakni dengan tools Reputology yang berfokus pada situs dan platform ulasan yang ada di internet, seperti Google Maps, Facebook review, dan lain-lain. Dengan Reputology, Anda bisa mengetahui ulasan baik yang buruk maupun yang baik. Untuk adanya informasi ulasan yang buruk, bisa membantu Anda untuk segera memperbaikinya. Pasalnya, dengan tools ini, Anda bisa merespon ulasan pengguna dengan tautan singkat yang tersedia. Jadi, jangan khawatir bagi Anda para pemilik bisnis offline, karena Reputology bisa menjadi solusi untuk melakukan monitoring brand produk.
-
Tweepsmap
Terakhir ada tools bernama Tweepsmap, yang mampu memonitor brand mentions yang ada di Twitter, dan hanya khusus di Twitter. Memang masih ada yang melakukan promosi di Twitter? Justru Twitter menjadi salah satu media sosial terjujur, karena banyak yang menggunakan media sosial berlogo burung biru tersebut untuk bercerita, mengulas sesuatu atau curhat. Jadi Anda bisa menggunakan Tweepsmap sebagai social media analytics, untuk melihat lokasi mana saja, yang membicarakan hashtag atau topik yang berkaitan dengan brand Anda. Jika banyak dibicarakan, biasanya hastag di Twitter otomatis langsung menjadi trending. Misalnya seperti brand Geprek Bensu yang viral, setelah klaim pernah tampil pada ajang Paris Fashion Week 2022. Hastag Geprek Bensu pun langsung menjadi trending di Twitter.
Belum Pernah Menerapkan Tapi Mau Coba? Pakai Jasa IDEOWORKS Aja!
Bagaimana? Bagi Anda yang belum pernah menerapkan social media monitoring, terlebih untuk pemantauan brand secara profesional, mungkin akan sulit. Tapi jangan khawatir, brand produk Anda tetap bisa menerapkan social media monitoring, dengan bantuan IDEOWORKS sebagai social media agency terbaik di Jakarta. IDEOWORKS juga akan menerapkan dengan bantuan beberapa tools yang banyak digunakan, para social media monitoring companies. Tidak sampai di kegiatan monitoring atau pemantauan, IDEOWORKS juga akan membantu Anda dalam proses social media listening analyst.
Bahkan, semua paket terkait social media marketing, bisa Anda lakukan jika bekerjasama dengan IDEOWORKS. Bagaimana jika Anda belum mengetahui apa yang perusahaan Anda butuhkan, terkait social media monitoring? Karena khawatir akan boros dalam pengeluaran. Tenang! Karena sebelum menyetujui kerjasama, Anda dan tim IDEOWORKS akan berdiskusi terlebih dahulu. Anda juga bisa berkonsultasi terkait masalah dan kebutuhan perusahaan Anda. Setelah itu, IDEOWORKS akan menawarkan layanan yang sesuai dengan kebutuhan Anda, bahkan sesuai dengan budget Anda. Jadi, pengeluaran bisa keluar dengan efisien, hasil monitoringnya juga efektif karena tim yang profesional yang mengerjakannya.
Reference: