Preloader

Yuk, Belajar Algoritma Youtube Demi Meningkatkan Bisnis di Era Digital

Demi meningkatkan bisnis melalui algoritma YouTube tentu kita semua tahu hasil signifikan pada performa suatu video yang di upload. Karena ketika Anda melakukan aktivitas trend terkini di YouTube seperti campaign marketing atau promosi, kans untuk mendapatkan engagement penonton. Mulai dari jumlah subscriber, views, sampai meningkatkan bisnis di era digital ini. Algoritma YouTube bisa menjadi layanan paling berperan terhadap hasil tersebut. Apakah Anda sudah belajar Algoritma YouTube? Kalau belum baca sampai selesai artikel ini yang akan membawa Anda pada pengetahuan apa itu Algoritma YouTube, YouTube Views, hingga YouTube Studio.

Sebagai seorang pebisnis, content creator atau YouTube Marketing, wajib bagi Anda belajar algoritma YouTube dari sekarang atau dapat menghubungi jasa creative agency untuk kebutuhan promosi bisnis Anda. Kenapa belajar algoritma YouTube itu penting? Karena survei Google sendiri telah menyatakan bahwa sebanyak 70% customer akan merasa yakin untuk membeli produk setelah melihat review di YouTube.

Jadi, apa itu algoritma YouTube? Mendapatkan YouTube Views? Atau menerapkan YouTube Studio? Pada kesempatan ini, kita akan mem-breakdown ketiga pertanyaan secara lengkap tentang algoritma YouTube dan cara memaksimalkannya.

Apa itu Algoritma YouTube?

Algoritma YouTube merupakan sebuah sistem penyajian trend terkini dari video yang dilakukan dengan menyesuaikan selera penonton secara real time. Setiap menitnya, tayangan video minimal ada 500 jam yang sudah diupload di kanal YouTube. Nah, algoritma inilah yang nantinya akan membantu pengguna bisa menemukan video yang tepat dari banyaknya video yang tersedia di YouTube. Untuk itu, dibuatlah sistem algoritma agar bisa memfilter video yang kontennya sesuai dengan minat dari pencarian para penontonnya.

Fungsi Algoritma YouTube

Sedangkan fungsi dari algoritma YouTube adalah meningkatkan video marketing Anda bertemu dan ditonton oleh target audiens Anda. Dengan dua tujuan utama, algoritma YouTube jadi andalan marketer bisnis di era digital, yaitu:

  • Membantu tiap penonton menemukan yang mereka cari
  • Dapat memaksimalkan engagement dan kepuasan penonton secara jangka panjang

And than, dengan adanya tujuan utama YouTube, konten produk Anda dipastikan mendapatkan viewers dalam jumlah besar. Tapi pastikan juga dalam mengemas konten memiliki kualitas, ya.

Cara efektif meningkatkan YouTube Views dengan Algoritma YouTube

Dalam sistem algoritma YouTube selalu mengalami perubahan, maka dalam penerapan Anda memerlukan trial-error. Meski YouTube tak pernah membeberkan secara detail sistem algoritma, Anda harus yakin dengan pola yang ada. Karena sudah banyak yang merasakan kepuasan dan kesuksesan menggunakan platform YouTube.

Pada dasarnya marketing tools social media berdasarkan gambaran umum agar konten yang dibuat mendapatkan views, bukan pada algoritma. Ada beberapa cara saat belajar algoritma YouTube yang berfokus pada YouTube Views. Berikut caranya yang bisa Anda terapkan:

Gunakan SEO YouTube

Konten akan lebih mudah disukai banyak pengguna dengan mengoptimasi Search Engine Optimization (SEO). SEO YouTube dapat memberikan nilai tambahan yang bermanfaat untuk meningkatkan impression. Karena YouTube itu sama dengan platform social media lain seperti mesin pencari konten. Layaknya Google Search, maka pengguna dapat melakukan optimasi dengan cara ampuh, efektif, dan efisien dengan melakukan riset keyword terlebih dahulu, cantumkan tag, deskripsi, dan masih banyak lagi.

Menentukan Niche Konten

Salah satu cara untuk branding di YouTube adalah menentukan atau konsistensi melakukan postingan sesuai dengan niche konten Anda. Hal ini jauh lebih efektif meningkatkan YouTube Views daripada posting seluruh jenis konten marketing yang sama. Terlebih, jika Anda memanfaatkan YouTube Views sebagai sarana promosi, maka lebih baik untuk memposting video marketing sesuai bidang bisnis Anda secara teratur.

Ketika Anda memaksimalkan konten niche, maka channel YouTube Anda akan terlihat lebih profesional dan menjanjikan. Yang mana channel Anda akan dijadikan sebagai referensi dari suatu topik tertentu dan algoritma YouTube akan mengirim sinyal bahwa channel Anda tepat untuk kata kunci tertentu. Selain itu, YouTube Views akan lebih mudah untuk menjelajahi channel Anda dan berpeluang masuk dalam bagian Best of YouTube dan mendapatkan views lebih banyak lagi.

CTR dan Durasi YouTube Views

Setelah memikirkan konten niche, selanjutnya cek YouTube analytics dalam channel Anda secara berkala. Lihat perbedaan antara jumlah klik dan durasi views. Perhatikan jauh tidaknya perbedaan antara keduanya, untuk menentukan seberapa besarnya audiens terhadap konten Anda.

Selain itu, perhatikan data lainnya seperti:

  • Impressions—Jumlah video yang direkomendasikan pada halaman homepage.
  • Click Through Rate (CTR)—Jumlah klik dari keseluruhan impression
  • View from Impression—Jumlah YouTube views yang berasal dari impressions
  • Average View Duration—Rata-rata waktu video Anda ditonton oleh setiap viewers
  • Watch Time from Impressions—Data keseluruhan menit yang sudah ditonton dari video Anda.

Beberapa hal di atas merupakan sebuah data yang perlu Anda ketahui bila ingin belajar algoritma YouTube. Perhatikan CTR dan juga Average view duration. Jikalau CTR lebih tinggi dan durasi views rendah, maka ada yang salah dalam mengemas konten Anda. Untuk meningkatkan durasi views, Anda harus cepat membenahi konten, mulai dari judul, thumbnail, dan hindari teknik clickbait.

Interaksi dengan viewers

Dalam meningkatkan YouTube views satu ini yang paling masuk akal. Yaitu untuk menaklukan hati audiens adalah dengan memberikan pengertian dan perhatian kepada mereka. Caranya dengan interaksi dengan viewers, seperti memberikan like dan membalas komentar. Selain itu, Anda juga bisa mengajak viewers untuk memberikan like, komen, dan membagikan (share) tiap kali membuat konten. Agar tak hanya menjaga hubungan baik dengan subscriber, tetapi dapat meningkatkan citra dan engagement semakin meningkat.

Gunakan Thumbnail yang berkesan

Thumbnail berfungsi sebagai gerbang video Anda untuk dibuka oleh audiens. Ketika sebuah thumbnail lebih menarik akan membuat kesan audiens ingin melihat isinya. Hal ini juga akan mempengaruhi jumlah views dan mengikat mereka untuk mengikuti aktivitas konten Anda bila memiliki thumbnail yang berkesan.

Siap memaksimalkan Algoritma YouTube!

Ketika semua cara di atas telah Anda lakukan, selanjutnya algoritma YouTube akan bekerja untuk menyesuaikan atau menggiring audiens kepada konten Anda. Jadi, apa yang Anda dapat dari belajar algoritma YouTube adalah membuat konten video marketing yang fokus terhadap viewers. Kemudian fokus Anda selanjutnya adalah mengelola YouTube dengan mudah dengan YouTube studio.

Apa itu YouTube Studio?

Sebuah aplikasi tren terkini yang disediakan oleh Google untuk mengakses channel YouTube Anda melalui smartphone. Anda akan sangat mudah dalam mengatur channel video dan melihat performa setiap saat tanpa perlu membuka komputer.

YouTube Studio memang dibuat khusus untuk Anda yang ingin memantau situasi dari algoritma YouTube secara intens demi meningkatkan bisnis. YouTube Studio juga memiliki fitur khusus untuk content creator seperti Anda, yaitu mengedit informasi. Mulai dari judul konten, deskripsi, tag, pemasangan iklan dan masih banyak lagi.

Selain melakukan setting informasi, aplikasi YouTube Studio memiliki fitur analytics. Yang mana Anda juga bisa mengetahui letak performa pada channel video, YouTube views, hingga traffic channel Anda. Fitur setting ini bisa dilakukan selama 24 hari, 7 hari, atau 90 hari dalam setahun. Bahkan Anda bisa melihat jumlah penayangan video awal yang Anda buat sampai video hari ini.

Jadi, aplikasi YouTube studio ini sangat membantu dalam memahami algoritma YouTube. Sama seperti Ideoworks.id, yang dapat membantu Anda memaksimalkan promosi brand melalui digital marketing channel seperti YouTube. Yuk, pastikan bisnis Anda meningkat dengan belajar algoritma YouTube bersama Ideoworks.id. Caranya mudah, hubungi kami sekarang!

 

Reference:

https://www.ekrut.com/media/algoritma-youtube-2019#:~:text=Algoritma%20YouTube%20merupakan%20sistem%20yang,dengan%20jenis%20dan%20kategori%20video.

Let’s talk about your brand