Preloader
homepage-6-image-2

Social Media Listening Tools Gratis Terbaik untuk Campaign Marketing

Buat pebisnis pentingnya mengetahui penerapan social media listening memberikan kesempatan relevan bagi sebuah brand untuk melacak, menganalisis dan menanggapi percakapan seputar brand di media sosial. Hal ini menjadi komponen penting dari riset pasar untuk mengetahui cara campaign marketing tepat sasaran kepada calon customer. Untuk mempermudah kegiatan campaign marketing, Anda perlu menggunakan social media listening tools. Nah, di artikel ini kita akan membahas 5 social media listening tools gratis terbaik atau free social listening tools untuk campaign marketing para pebisnis agar strategi social media tetap efektif dan membantu menganalisa reputasi brand.

Untuk memiliki kemampuan tersebut, sejatinya marketer—tim social media agency memiliki tools yang dapat mendukung Social Listening Tools (SLT). Social media listening tools sangat penting dari sisi marketing bisnis dengan beberapa aktivitas mulai dari social media analytics tools, reputation management, product development, competitor analysis, dan business intelligence. Bahkan insight dari aktivitasnya dapat digunakan untuk menelusuri masalah di rantai distribusi konten. Bila masih ragu dengan penerapan SLT bisa menghubungi social media agency Jakarta yang akan memberikan experience tools untuk campaign marketing sukses bisnis Anda.

Sebelum jauh melangkah, kenali dulu social media listening tools di bawah ini:

Bila Anda ingin menerapkan campaign marketing dengan cara yang terbaik, kenali dulu apa itu social media listening dan manfaatnya. Melansir dari Hubspot, social media listening merupakan kegiatan mendengarkan yang Anda lakukan di internet, khususnya media social, untuk memperoleh feedback dari customer. Tujuan strategi campaign marketing ini untuk mengetahui sentimen di kalangan konsumen, memantau tren marketing dan tren produk yang sedang terjadi, analisa customer pain point, market orientation dan menganalisis kompetitor (bisa menggunakan social media analytics tools). Dengan social media analytics tools untuk mendapatkan informasi mengenai posisi kata kunci tertentu (tentang brand, produk, dll), atau terhadap user media sosial tersebut.

Sedangkan, manfaat social media listening inilah yang bisa menciptakan produk mengutamakan customer (customer centric). Yang mana kunci sukses campaign marketing bisnis Anda adalah ketika brand memahami apa yang pasar butuhkan. Inilah sebabnya Anda butuh tools untuk bisa melakukan social tracker, mengidentifikasi mention, hastag terkait di media sosial, dan mengumpulkan informasi dari kolom komentar, diskusi, direct message, dan sebagainya. Beberapa penyedia layanan free social listening tools gratis terbaik seperti TweetDeck, Mention, BuzzSumo, Hootsuite, dan Buffer. Yuk, pahami lebih lanjut social media listening tools gratis terbaiknya.

Free Social Listening Tools dan Manfaatnya

TweetDeck

TweetDeck adalah social media listening tools yang dapat membantu Anda atau marketer mengelola feedback dan keterlibatan audiens di platform Twitter Anda. Yang mana TweetDeck menawarkan sejumlah cara yang mudah dan komprehensif bila Anda sebagai pengguna Twitter ingin melakukan campaign marketing. TweetDeck sangat menarik untuk digunakan, karena menampilkan semuanya dalam bentuk kolom sehingga mudah Anda kelola sekaligus menjadi salah satu free social listening tools terbaik.

Manfaat TweetDeck:

  • Ada beberapa manfaat TweetDeck agar campaign marketing berjalan sukses seperti;
  • Bisa membuat kolom sesuai kebutuhan
  • Membuat Tweet terjadwal
  • Melacak mention dan message
  • Membuat penelusuran secara custom
  • Melihat yang mem-follow Anda
  • Membuat Tweet di banyak akun
  • Memantau trending topik

TweetDeck cukup berguna bagi Anda yang sibuk campaign marketing online. TweetDeck mampu mengirim pesan kepada audiens, mendapatkan feedback, melihat aktivitas orang-orang yang Anda ikuti, dan menonton pemberitahuan Anda secara bersamaan.

BuzzSumo

BuzzSumo merupakan sebuah social media listening tools untuk keperluan content marketing bisnis dengan beragam fitur manfaat yang dimiliki. Menurut Agency Browsermedia, bila menerapkan campaign marketing dengan BuzzSumo, Anda akan dibantu dalam menentukan ide-ide konten yang sesuai dengan market. Tanpa tools ini, marketer akan sulit memahami apa yang sedang viral di berbagai media sosial.

Manfaat BuzzSumo sebagai free social listening tools terbaik;

  • Mengetahui konten dengan share terbanyak
  • Melakukan analisis konten
  • Mengetahui tren
  • Mengidentifikasi pengguna influencer
  • Melakukan monitoring
  • Menganalisis kompetitor

Social Mention

Social Mention adalah social media listening tools yang sangat sederhana dan berguna untuk memantau perkembangan dan melacak social media. Free social listening tools ini membantu Anda atau marketer melihat siapa yang membuat rekomendasi kepada Anda, semacam topik apapun dalam hal ini. Social Mention dapat mengumpulkan konten pengguna social media, memungkinkan Anda dapat menganalisis semuanya di satu platform.

Layanan Social Mention termasuk kategori tools baru (newkit) yang biasa disebut alat mendengarkan. Namun, sama seperti tools lain untuk memantau social media, Social Mention menawarkan versi gratis dan layanan berbayar dengan tambahan fungsionalitas pastinya. Tutorial social mention meninjau layanan gratis untuk campaign marketing bisnis Anda.

Buffer

Social media listening tools Buffer memudahkan Anda dalam menemukan percakapan yang paling penting dan bergabung. Bersama Buffer Anda dapat langsung mengunggah konten dan terlibat dengan audiens, dari satu dasbor terpusat melalui kotak masuk bersama tim marketer. Anda bisa mengintegrasikan bersama platform sosial yang didukung Buffer, yaitu Facebook, Twitter, Instagram, LinkedIn, dan Pinterest.

Hal ini tak mengherankan ketika Buffer menjadi tools terbaik dengan berbagai fitur untuk mengoptimalkan strategi marketing di media sosial. Untuk keperluan social media listening sendiri, Buffer dapat memberikan kemudahan untuk mengetahui berbagai topik yang relevan untuk bisnis Anda.

Hootsuite

Tools paling populer seantero jagat, HootSuite adalah tools yang dapat membantu Anda untuk melacak dan mengelola media sosial secara bersamaan. Social media listening tools ini diciptakan oleh Ryan Homes, Dario Meli, dan David Tedman pada 2008 lalu, HootSuite juga dapat memantau apa yang telah dikomentari pengguna tentang brand Anda serta membantu merespon secara instan.

Melalui HootSuite, Anda langsung terhubung ke berbagai jejaring seperti Twitter, Facebook hingga Google+, sehingga bisa mem-posting pembaruan atau membalas pesan langsung tanpa membuka akun sosmed tersebut. Dengan banyak akun yang Anda kelola untuk bisnis, HootSuite menjadi tools terbaik untuk perusahaan saat ini.

Manfaat menggunakan social media listening tools HootSuite;

  • Dapat menggunakan beberapa jenis social media sekaligus
  • Bisa menjadwalkan postingan
  • Memudahkan Anda melihat analisis data
  • Mudah membagikan informasi
  • Efisien mengelola layanan pelanggan

Ketika sangat mudah dan gratis menggunakan layanan social media listening tools, namun apakah Anda bisa memaksimalkannya? Bila tidak, layanan social media agency Jakarta satu ini dapat membantu Anda meningkatkan campaign marketing bisnis. Yap, IDEOWORKS adalah salah satu social media agency Jakarta yang dapat mengelola seluruh aktivitas social media listening untuk menyasar audiens (target market) yang tepat di social media. Hubungi kami untuk kerja sama lebih lanjut bagi keberlangsungan bisnis Anda!

References:

https://nolimit.id/blog/2022/03/04/5-social-media-listening-tools-free-untuk-bisnis-lebih-maju/

Let’s talk about your brand