6 Tools Social Media Measurement yang Perlu Dikuasai Digital Marketer

6 Tools Social Media Measurement yang Perlu Dikuasai Digital Marketer

Digital marketer bertanggung jawab atas branding produk yang dihasilkan perusahaan. Dalam membangun brand awareness dan berkomunikasi dengan konsumen, seorang digital marketer menggunakan channel-channel digital seperti e-mail, website, juga media sosial. Namun, mereka juga tak boleh luput akan sejumlah tools social media measurement. Ini adalah modal  yang perlu dikuasai agar pekerjaan mereka bisa dijalankan dengan baik.

Di dalam dunia digital marketing, ada beberapa tools social media measurement atau yang biasa dikenal juga dengan istilah metrik pengukur media sosial. Sejatinya ini amat lekat bagi mereka yang bekerja di departemen Social Media Specialist. Social media metrics adalah data yang biasanya digunakan oleh para social media specialist untuk menilai dampak atau efek dari aktivitas kampanye media sosial dan pendapatan bisnis. Social media measurement metrics ini sangat membantu mengukur seberapa efektif strategi kampanye mencapai tujuan bisnis.

Maka dari itu, untuk menjadi seorang social media specialist, kamu harus paham dengan matriks yang ada di media sosial.  Untuk itulah, kali ini kami akan membagikan beberapa jenis social media metrics dasar yang wajib kamu pahami dan ketahui jika ingin menjadi seorang social media specialist.

Social Media Metrics yang Wajib Dipahami

Perlu kalian ketahui, Social media measurement tools ini memiliki 4 kunci tahapan, yang terdiri dari:

Awareness: Metrik ini untuk mengetahui jumlah audiens yang kamu miliki saat ini dan potensi audiens yang akan kalian dapatkan.

Engagement: Metrik ini menjelaskan seberapa sering audiens berinteraksi dengan konten yang kamu buat.

Conversion: akan menunjukkan seberapa efektivitas keterlibatan media sosial kamu.

Consumer: kalau metrik yang satu ini akan menunjukkan bagaimana perasaan pelanggan aktif mengenai merek kamu.

Nah, kunci metrik inilah yang harus kalian ukur dan efektivitas KPI dari kampanye media sosial kamu. Berikut adalah cara-cara mengukur media sosial metrik berdasarkan kuncinya:

Hootsuite

Dilansir dari Brandwatch, Hootsuite adalah salah satu tools social media monitoring yang paling banyak digunakan karena fiturnya yang lengkap. Dengan Hootsuite, kamu bisa memantau kegiatan media sosial di berbagai platform seperti LinkedIn, Facebook, Twitter, Google+, Foursquare, dan WordPress.

Fitur menguntungkan dari Hootsuite adalah laporan mingguan yang dibuat khusus untukmu dan kemampuannya untuk digunakan lebih dari satu pengguna, sehingga kamu bisa dengan mudah mendelegasikan tugas menggunakan tool ini. Selain itu, kamu bisa memantau search query atau kata yang digunakan user untuk mencari informasi di media sosial secara real time.

Oleh karena itu, Hootsuite sangat sesuai untuk social media monitoring. Hootsuite dapat kamu download gratis, tetapi beberapa fitur premiumnya membutuhkan pembayaran.

Sprout Social

Sprout Social adalah tools media social monitoring yang disukai pengguna karena fitur analitiknya. Analisis yang dibuat oleh Social Sprout merupakan data yang penting untuk meningkatkan engagement di media sosial.

Seluruh kebutuhan social media monitoring dapat diakses lewat satu dashboard yang bisa digunakan lebih dari satu orang untuk kolaborasi tim. Menurut Influencer Marketing Hub, Sprout Social adalah tools social media monitoring profesional yang tepat untuk manajemen dan optimasi media sosial. Karena sangat mudah digunakan, Sprout Social menjadi pilihan banyak orang di bidang digital marketing. Salah satu fitur utama Sprout Social adalah Smart Inbox.

Dengan Smart Inbox, kamu bisa membalas pesan, me-retweet atau me-repost konten, memberikan like, dan lain-lain hanya menggunakan satu tool ini saja. Sehingga, tidak hanya social media monitoring, tool ini juga memungkinkan untuk social media listening.

Baca Juga  Manfaat Penggunaan Interactive Video dalam Creative Marketing

Brandwatch Consumer Research

Brandwatch Consumer Research memiliki banyak fitur dan aplikasi. Tools social media monitoring ini bisa melacak segala hal yang berhubungan dengan bisnismu dari satu tempat. Brandwatch Consumer Research memiliki fitur query builder yang dapat diatur sesuai kebutuhanmu.

Dengan fitur ini kamu bisa melacak segala kata kunci atau topik mulai dari yang sangat umum hingga spesifik. Kamu bisa memperoleh data dari Reddit, Twitter, berbagai forum, blog, dan masih banyak lagi dengan tool ini. Saat ini, Brandwatch Consumer Research mampu memperoleh data untuk bisnismu di kurang lebih 95 juta situs. Dashboard tool ini pun dapat diatur sesukamu berikut komponen analitik seperti sentiment, emotions, dan demografi.

Keyhole

Keyhole adalah tools social media monitoring yang bisa kamu gunakan untuk memantau Twitter dan Instagram. Dengan Keyhole, kamu bisa dengan mudah mendapatkan data dari berbagai kata kunci, hashtag, URL, dan username. Data ini pun bisa kamu peroleh secara real-time. Selain itu, Keyhole juga memberikan informasi heat map yang memberikan informasi tentang level aktivitas di beberapa bagian dunia mengenai suatu topik yang relevan untuk bisnismu. Informasi yang kamu peroleh dengan Keyhole sangat berguna untuk social media listening.

Data yang dibuat oleh Keyhole dapat digunakan untuk mengoptimasi kampanye digital marketing yang kamu lakukan di media sosial berdasarkan data total post, engagement rate, total reach, dan impression yang didapatkan dari suatu hashtag.

Awario

Dibanding tools social media monitoring lainnya, Awario terbilang cukup baru. Namun, tool ini tidak kalah bagus. Awario memiliki banyak fitur profesional yang bisa kamu dapatkan dengan harga yang relatif lebih murah dibanding tools social media monitoring profesional lainnya.

Kamu bisa menggunakan Awario untuk memantau berbagai informasi di media sosial seperti obrolan tentang brand, kompetitor, industri bisnis yang kamu geluti, dan lain-lain. Bahkan, kamu pun bisa membuat query Boolean yang kompleks untuk pencarian tertentu.

Selain itu, Awario juga bisa membantumu mengetahui jika ada konten yang diplagiasi, menemukan brand mention yang tidak memiliki link untuk kamu tambahkan linknya, dan memantau backlink baru ke situs yang kamu punya.

Digimind Social

Digimind Social adalah tool dengan kecerdasan buatan yang tidak hanya bisa digunakan untuk social media monitoring tetapi juga social media listening. Dengan Digimind Social, kamu bisa tau perbincangan di media sosial tentang brand, membagi informasi ke dalam beberapa kategori, dan memberikan setiap mention sebuah rating sentimen positif, negatif, atau netral. Tools social media monitoring ini juga bisa digunakan untuk mengukur performa konten yang kamu buat dan publikasi.

Digimind Social akan menganalisa dan melakukan benchmarking performa konten tersebut di berbagai platform media sosial. Kamu pun bisa mengintegrasi Digimind Social dengan Hootsuite. Hal ini memungkinkan kamu untuk mengatur semua aktivitas sosial di berbagai media sosial dan bergabung ke perbincangan yang berhubungan dengan brand.

Setiap social media specialist wajib mengetahui social media metrics diatas untuk menganalisa efektivitas dan relevansi konten yang mereka buat untuk mendapatkan target audiens yang ingin mereka capai. Tanpa mengetahui hal tersebut, social media specialist tidak dapat memprediksi tindakan yang tepat untuk mendapatkan target audiens di masa depan. Jadi, mulai sekarang pelajarilah ilmu social media metrics ini jika ingin berkarir sebagai digital marketers.

Add comment: