Preloader
7 Ide Instagram Giveaway Ala Creative Agency Services Team

7 Ide Instagram Giveaway Ala Creative Agency Services Team

Sebagai marketer, kamu dituntut melakukan sesuatu gagasan kreatif untuk memaksimalkan konten brand bisnis. Salah satu alternatif kegiatan paling hype adalah dengan memanfaatkan kegiatan social media marketing platform Instagram. Instagram dinilai menjadi tren promosi brand kepada customer potensial saat ini. Hal ini terbukti dengan kesuksesan brand bisnis menggunakan creative agency service team dengan ide konten brilian Giveaway.

Tak bisa dipungkiri, konten Instagram giveaway menjadi salah satu kegiatan promosi creative agensi digital marketing paling sukses di kalangan social media marketing. Bahkan melansir salah satu media Brandwatch, engagement audiens Instagram dengan brand 10 kali lebih efektif dari Facebook, 54 kali dari Pinterest, dan 84 kali lebih baik dari Twitter. Kelebihan itulah yang diterapkan oleh profesional agensi digital marketing dalam memikirkan konten giveaway menarik untuk meningkatkan brand awareness.

Apa itu Giveaway?

Ketika mencari kegiatan promosi (campaign) digital marketing, ide yang terbesit oleh creative agency service team adalah memberi produk secara cuma-cuma atau gratisan yang diberi nama giveaway (hadiah). Tentu saja tujuan hal itu pertama kali untuk menciptakan interaksi dan eksposur untuk audiens mengikuti sesi promosi campaign tersebut.

Penggunaan ide giveaway ala creative agency service team biasanya termasuk campaign social media yang dapat menciptakan interaksi dengan pengguna, meningkatkan jumlah followers, serta memaksimalkan brand awareness.

Bagaimana caranya?

Dalam menciptakan ide konten giveaway, marketer bisa meminta pengikut atau pengguna lain untuk mengikuti sesi giveaway dengan memberikan likes, comments, follow akun Instagram, atau membagikan konten giveaway ke pengguna lain serta share ke berbagai platform social media. Sebagai balasan atas kegiatan promosi tersebut, dapat diberikan hadiah berupa produk bisnis.

Ide strategi ini tak hanya membantu meningkatkan jangkauan promosi bisnis melalui Instagram, tetapi akan membuat banyak pengguna lain mempertimbangkan tawaran menarik tersebut. Karena semakin kreatif marketer menciptakan konten promosi dengan giveaway, semakin banyak pula yang mendapatkan konten promosi, semakin besar pula eksposur yang brand bisnis dapatkan.

Apa alasan giveaway sebagai ide Instagram marketing?

Ide Instagram giveaway adalah tujuan utama yang biasa dilakukan oleh pebisnis untuk menawarkan hadiah kepada audiens—agar tercipta interaksi di berbagai kegiatan promosi konten Instagram.

Ada sebuah studi membuktikan bahwa kegiatan ini sangat tepat untuk brand bisnis mendapatkan popularitas. Melakukan Instagram giveaway yang rutin akan mengalami peningkatan followers sebanyak 70%, bahkan memicu interaksi berupa komentar sebanyak 64 kali, likes lebih banyak 3 kali dari ide konten kreatif biasa. Dari interaksi tersebut, dapat menjangkau brand bisnis ke lingkup yang lebih luas.

Terlebih, bagi pengguna Instagram yang tadinya belum mengenal brand, berpotensi memberikan engagement terhadap brand bisnis, bahkan turut berpartisipasi dalam program giveaway yang diberikan. Benefit lain dari upaya kegiatan ide Instagram giveaway, antara lain;

  • Memaksimalkan audiens untuk mengenal produk lewat giveaway dan memungkinkan mereka melakukan konversi.
  • Menumbuhkan loyalitas audiens ketika konten yang mereka buat menang dan disematkan dalam postingan brand.
  • Menciptakan followers melakukan user generated content (ugc) yang bermanfaat bagi brand.

Ide Instagram giveaway adalah cara terbaik dalam membangun hubungan brand dengan followers. Semua orang menyukai challenges berhadiah dengan memanfaatkan sesuatu yang kreatif. Untuk melakukan itu, rekomendasi agensi digital marketing telah mempersiapkan 7 ide kreatif Instagram giveaway ala creative agency service team.

Mengikuti dan Memilih Hadiah

Dengan meminta audiens mengikut akun bisnis, tentu dapat menghasilkan pengikut yang besar. Untuk itu, marketer bisa menciptakan ide giveaway dengan menyebarkan konten giveaway untuk mengikuti akun bisnis dengan imbalan hadiah. Proses ini dapat dilakukan di feed Instagram, karena dinilai lebih efektif dan lebih lama performance-nya (berbeda dengan story yang hanya berlaku 24 jam).

Challenge giveaway

Sesering mungkin brand melakukan challenge Instagram giveaway tentu akan semakin besar mendapatkan perhatian. Tantangan yang dimaksud tidak terlalu sulit, cukup dengan ide konten challenge menjawab pertanyaan atau menjawab teka-teki yang sedang populer. Karena ide tersebut dinilai sangat funny dan tepat untuk pengguna Instagram yang super aktif.

Giveaway Terjadwal

Profesional agensi digital marketing biasanya menerapkan ide Instagram giveaway secara terjadwal. Kegiatan ini sangat berguna membangun kepercayaan audiens terhadap konsistensi program yang dijalankan dengan waktu dan hari yang khusus. Apalagi ketika berkolaborasi dengan tema hari-hari besar dunia seperti Tahun Baru, Natal, atau Valentine, dipastikan menambah interaksi pengguna. Ide Instagram giveaway dengan paling efektif digunakan oleh creative agency service team untuk meluncurkan produk baru.

Melakukan Interaksi Postingan

Ketika membuat ide giveaway kreatif, tentu dapat membuat kesan kepada followers melakukan interaksi postingan. Cara giveaway ini dilakukan dengan menyukai, membagikan ke teman, melakukan like, dan comments. Biasanya marketer dari creative agensi digital marketing akan meminta pengikut Instagram bisnis untuk selalu berinteraksi di postingan.

Bukan hanya itu saja, mereka akan meminta followers untuk mengikuti akun bisnis dengan menandai (tag) teman-temannya. Model promosi ini terbilang cukup efektif untuk meningkatkan jumlah followers.

Memanfaatkan Caption dari Postingan Brand

Ide Instagram giveaway satu ini dengan memanfaatkan copywriting dari isi postingan promosi brand. Dengan caption yang menarik, tentu akan menimbulkan tsunami interaksi dari followers. Manfaatkan ide giveaway berbasis teks, tentu membuat pengikut merepost postingan, menandai teman, hingga melakukan konversi langsung. Jenis giveaway ini sangat tepat untuk meningkatkan keterlibatan audiens terhadap produk bisnis.

Memposting Foto Selfie

Selanjutnya melibatkan audiens lebih jauh dari sekedar berinteraksi terhadap postingan. Creative agency service team dapat menciptakan ide Instagram giveaway dengan mendorong followers untuk melakukan sesuatu ‘action’ atau reaksi dengan perasaan mereka. Caranya dengan meminta mereka memposting foto selfie dengan mencantumkan identitas produk—dalam hal ini akun bisnis. Setelah itu, meminta mereka untuk menandai teman—guna diteruskan ke beberapa orang.

Tag A Friend Instagram Giveaway

Ide ini hampir selasar dengan sebelumnya yang mengedepankan ‘tag’ untuk memfasilitasi keterlibatan konten giveaway. Kali ini, marketer bisa mengandalkan kontes atau menantang pengikut untuk menandai 3 sampai 5 akun teman yang aktif untuk mengikuti giveaway. Sebagian besar, publik dapat terpengaruh mindset hadiah yang ada dalam benaknya sehingga tertarik mengikuti proses ini.

Nah, ingin ide Instagram giveaway bisnis kamu dapat dilakukan dengan sukses oleh creative agency service team? Saatnya bekerjasama dengan agensi digital marketing Jakarta, IDEOWORKS. Sebagai creative agensi digital marketing Jakarta terbaik, IDEOWORKS dapat menciptakan ide Instagram giveaway dengan kredibel untuk meningkatkan jumlah followers Instagram hingga menciptakan konversi dalam jumlah besar. Rekomendasi agensi digital marketing yang memiliki tools Instagram Marketing profesional, tentu dapat menciptakan campaign giveaway sukses dalam waktu singkat. Tunggu apalagi, hubungi IDEOWORKS sekarang!

Let’s talk about your brand