Tertarik menggunakan jasa pembuatan iklan TV? Meski kini penggunaan internet sudah begitu luas, jumlah penonton TV di Indonesia masih tergolong tinggi. Laporan dari Katadata menemukan bahwa pada tahun 2022, jumlah penonton TV di Indonesia adalah sebesar 81,1% atau sekitar 221 juta jiwa. Data ini menunjukkan bahwa jangkauan iklan TV di tanah air masih luas.
Dengan kata lain, beriklan di TV masih akan mendatangkan keuntungan besar bagi brand. Tentunya, iklan yang dibuat harus benar-benar optimal dalam menyasar calon konsumen. Untuk itu, Anda dapat mempertimbangkan layanan jasa pembuatan iklan TV. Berikut adalah beberapa keuntungan yang bisa Anda dapat saat menggunakan jasa pembuatan iklan TV.
Kenapa harus menggunakan jasa pembuatan iklan TV?
Seperti yang telah disebutkan, jangkauan iklan TV di Indonesia masih sangatlah luas. Untuk itu, Anda harus mengoptimalkannya agar iklan dapat dikonversi menjadi pembelian. Jasa pembuatan iklan bisa menjadi solusi yang tepat atas kebutuhan tersebut. Berikut beberapa keuntungan yang bisa Anda dapat dengan memanfaatkan jasa pembuatan iklan TV:
– Pembuatan iklan TV bisa meningkatkan brand awareness
Meski kini banyak orang yang sudah bertransisi ke layanan streaming untuk mendapatkan hiburan, jumlah penonton TV di Indonesia masih tergolong tinggi. Itu artinya, TV masih menjadi media yang tepat untuk meningkatkan brand awareness, sehingga baik untuk brand yang baru dirintis.
Terlebih, agensi jasa pembuatan iklan TV juga dapat menyediakan data statistik mengenai penonton, misalnya jam tayang terbaik (prime time) hingga demografi penonton. Anda dapat memanfaatkan informasi tersebut untuk merancang iklan yang efektif.
– Bantu capai target yang diinginkan
Layanan streaming memang terus bermunculan, namun popularitas TV masih terbilang tinggi di Indonesia. Memasang iklan di TV akan membantu bisnis Anda mencapai target yang diinginkan. Pasalnya, jangkauan TV termasuk luas, di beberapa daerah bahkan lebih luas dibanding internet. Dengan iklan yang menarik, maka calon konsumen pun akan tergerak untuk melakukan pembelian.
– Selektif dan fleksibel
Beberapa jenis acara di TV memiliki jumlah penonton yang begitu tinggi, bahkan angkanya cenderung stabil. Memasang iklan di sela-sela acara tersebut tentu akan membuat konsumen lebih mengenal brand Anda. Nah, dengan bantuan jasa pembuatan iklan TV, Anda dapat merancang iklan yang sesuai dengan tayangan tersebut, membuat penonton bertahan dan tidak memindah channel.
– Memberikan citra yang baik
Agensi pembuatan iklan TV umumnya menawarkan layanan konsultasi. Melalui layanan tersebut, Anda bisa mengetahui tayangan iklan seperti apa yang dapat memberikan citra baik di mata penonton. Dengan citra positif tersebut, iklan akan lebih mudah dikonversi menjadi pembelian.
– Profesional dan sudah berpengalaman
Penyedia layanan jasa pembuatan iklan TV pilihan telah terlatih untuk merancang tayangan iklan TV. Mereka memiliki keahlian yang dibutuhkan untuk membuat iklan yang bukan hanya menarik, tapi juga dapat dikonversi menjadi pembelian. Jasa profesional juga dapat memastikan bahwa pembuatan iklan diselesaikan sesuai kebutuhan Anda. Dengan begitu, iklan brand Anda bisa mencapai target konsumen secara akurat.
– Brand bisa lebih hemat resources
Pembuatan iklan TV biasanya merupakan bagian dari marketing suatu bisnis. Bagi sebuah bisnis yang sedang dirintis, marketing atau pemasaran memang penting, tapi masih ada banyak sekali hal lain yang harus diurus, seperti pengembangan produk dan kualitas layanan.
Menggunakan jasa pembuatan iklan merupakan solusi terbaik atas tantangan tersebut. Dengan bantuan agensi pembuatan iklan, Anda bisa tetap fokus pada aktivitas bisnis utama tanpa perlu mengabaikan kegiatan promosi melalui iklan. Itu berarti, Anda bisa lebih menghemat waktu dan tenaga.
– Sejalan dengan peraturan yang berlaku
Tayangan di TV Indonesia dikelola dan dimonitor oleh Komisi Penyiaran Indonesia (KPI). Ada beberapa peraturan dan ketentuan dari KPI yang harus dipatuhi oleh pembuat iklan sebelum bisa ditayangkan. Menyalahi aturan tersebut berpotensi membuat iklan Anda dilarang tayang.
Bagi brand yang masih awam dengan masalah periklanan di TV mungkin akan kesulitan untuk menyesuaikan aturan tersebut. Agensi pembuatan iklan bisa menjadi solusi terbaik karena mereka tentu sudah memahami seluk-beluk mengenai peraturan yang berlaku.
– Bisa sesuai dengan strategi marketing keseluruhan
Bagi bisnis yang baru dirintis, ada baiknya Anda memanfaatkan sebanyak mungkin channel untuk berpromosi. Namun, pendekatan ini terkadang bisa menimbulkan masalah. Misalnya, strategi marketing yang saling berlainan antar channel.
Jasa pembuatan iklan TV akan membantu Anda menyelesaikan tantangan tersebut, terutama jika Anda menggunakan jasa dari agensi yang menyediakan integrated service seperti IDEOWORKS. Iklan TV yang dibuat pun bisa lebih mudah disesuaikan dengan konten marketing lain dari brand Anda. Laporan dari Katadata menunjukkan bahwa jumlah penonton TV di Indonesia masih tergolong tinggi meski kini penggunaan internet semakin meluas. Itulah mengapa iklan TV merupakan media promosi yang harus digarap secara serius.
Di sinilah agensi jasa pembuatan iklan TV akan sangat membantu. Akan lebih baik lagi jika Anda memilih agensi yang menyediakan integrated service, seperti IDEOWORKS. Jadi, tayangan iklan bisa tetap sejalan dengan keseluruhan strategi marketing Anda. Dengan pengalaman lebih dari sepuluh tahun, IDEOWORKS telah mengembangkan marketing campaign untuk ribuan perusahaan.