Seiring dengan penggunaan internet yang semakin intens, semakin banyak pengusaha yang melirik strategi pemasaran secara digital. Strategi marketing ini bisa menjadi solusi untuk menjangkau target pasar yang lebih luas dan cost efficient.
Walaupun nampak menggiurkan, strategi pemasaran digital yang tidak dibangun dengan seksama justru dapat mengakibatkan kerugian dari segi biaya dan waktu. Lalu, bagaimana cara untuk membangun strategi marketing di era digital ini? Ternyata, ada 8 langkah mudah yang bisa Anda terapkan. Berikut penjelasannya.
Langkah Mudah Strategi Digital Marketing
Berikut ini 8 langkah mudah strategi digital marketing yang dapat membantu bisnis Anda berkembang lebih cepat dan efektif di era digital.
1. Eksplorasi dan Kenali Medan, serta Lakukan Analisis Mendalam
Kemampuan pengamatan dan analisis Anda sangat berperan besar di dalam menyusun strategi marketing yang tepat. Tak terkecuali dalam hal menyusun strategi pemasaran digital. Melalui analisis yang mendalam, Anda bisa memulai dari titik yang tepat, sekaligus mengetahui tingkat persaingan melawan kompetitor, sekaligus mendapatkan pemahaman lebih mengenai konsumen.
Untuk itu Anda perlu mengevaluasi performa bisnis dari tahun sebelumnya dan menentukan strategi marketing mana yang sebaiknya dipertahankan. Selain itu, evaluasi kompetitor juga perlu dilakukan dengan cara meninjau website mereka. Untuk mengenal konsumen lebih dalam, Anda bisa menggunakan analytical tools seperti Google Trends dan Facebook Audience Insights yang menyajikan informasi lengkap mengenai demografi konsumen dan tren yang tengah berlangsung di kalangan masyarakat.
2. Lakukan Pemetaan Strategi
Setelah melakukan analisis mendalam, langkah selanjutnya adalah melakukan pemetaan strategi. Dalam menyusun strategi digital marketing yang akurat dan sesuai dengan kebutuhan marketing, Anda perlu menentukan goals yaitu tujuan jangka panjang, dan objectives, yaitu tujuan jangka pendek. Selain itu, Anda juga wajib menentukan strategi dan taktik yang akan diterapkan. Agar lebih terarah, Anda bisa berfokus pada satu hal terlebih dahulu, yaitu: brand awareness, ketertarikan konsumen, keinginan, dan aksi yang diinginkan dari target konsumen.
3. Tentukan Target Audience Pemasaran
Dibandingkan pemasaran konvensional, dunia digital marketing menawarkan kemudahan menyusun campaign dengan target yang lebih spesifik. Untuk mendapatkan hasil maksimal dari strategi pemasaran digital yang diterapkan, Anda bisa membuat simulasi berupa buyer persona dari konsumen ideal bisnis untuk mempermudah mengenali mereka lebih mendalam. Buatlah persona pembeli dengan karakter spesifik dan sedetail mungkin. Hal ini akan membantu Anda dalam menyusun strategi yang sesuai untuk menarik target yang tepat.
4. Bangun Strategi Konten
Setelah menentukan tujuan pemasaran dan sasaran audiens yang tepat, barulah Anda bisa mulai memetakan sebuah content plan. Langkah ini akan membantu Anda dalam menyusun konten pemasaran yang tepat. Apabila Anda membutuhkan inspirasi, ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk meracik content plan yang sesuai. Yaitu:
- Cari ide konten melalui analisis konsumen atau melalui situs kompetitor
- Cari tahu pertanyaan yang paling sering ditanyakan penggunaan internet mengenai topik yang berkaitan dengan bisnis Anda
- Menyimak hashtag yang sedang trending di Instagram
- Cek hasil saran yang muncul dari hasil pencarian Google yang berkaitan dengan topik bisnis Anda
5. Pilih Channel dan Taktik Terbaik
Setelah Anda mendapatkan ide untuk konten yang sesuai dengan sasaran audiens, lanjutkan dengan menentukan saluran digital yang tepat dan berpotensi memberikan hasil terbaik. Dalam menentukan taktik dan channel yang tepat, pertimbangkanlah seluruh potensi dari channel dan tools yang dimiliki, dan bagaimana masing-masing dapat berkontribusi dalam membantu mencapai target bisnis Anda.
6. Tentukan Indikator Kunci Performa dan Benchmark
Hal yang sering menjadi kesalahan besar bagi perusahaan setelah mengeksekusi strategi digital marketing adalah mereka tidak memiliki measurement yang tepat untuk mengukur keberhasilan strategi yang sudah diterapkan. Dalam menjalankan strategi pemasaran, Anda harus memastikan bahwa setiap langkah investasi yang dilakukan memberikan hasil KPI yang jelas. Hal tersebut akan menjadi indikator dari kesuksesan strategi yang diterapkan. Jangan lupa untuk menetapkan benchmark atau tolak ukur yang didasarkan dari target pemasaran yang ingin Anda capai.
7. Eksekusi Strategi yang Diterapkan Sebaik Mungkin
Yakinkah Anda sudah menentukan strategi pemasaran yang sesuai? Sebaiknya, jangan gegabah! Karena, seringkali masalah timbul justru dari hal-hal yang bersifat detail dan luput dari perhatian. Pastikan untuk mereview ulang strategi yang akan diterapkan, terlebih jika Anda sudah pernah menerapkannya tahun lalu. Dunia digital marketing sangat dinamis, sehingga sesuatu yang relevan tahun sebelumnya belum tentu juga bisa Anda aplikasikan di tahun ini. Luangkan waktu untuk mereview ulang sehingga Anda bisa mendapatkan rumusan strategi terbaik untuk memperoleh hasil yang maksimal.
8. Lakukan Analisis Rutin dan Sesuaikan dengan Kebutuhan
Dalam menerapkan strategi pemasaran digital tidak ada jalan pakem yang harus diikuti dengan taat. Justru sebaliknya, Anda akan dituntut untuk menjadi fleksibel dan melakukan penyesuaian sesuai dengan kebutuhan. Setelah mengeksekusi strategi yang sudah dirumuskan, Anda perlu melakukan analisis rutin dan menyesuaikan strategi yang ada untuk memenuhi target di beberapa area yang masih membutuhkan perbaikan.
Tingkatkan Keberhasilan Bisnis dengan Strategi Digital Marketing yang Tepat
Membangun strategi pemasaran digital yang tepat dapat mempengaruhi keberhasilan bisnis Anda kelak. Jadi, pastikan Anda menggunakan strategi yang tepat. Dalam menyusun strategi digital marketing yang tepat, Anda bisa menggunakan jasa digital agency berpengalaman, seperti IDEOWORKS, yang siap membantu Anda dalam menyusun strategi pemasaran, strategi SEO, hingga membuat ads untuk platform Google dan Facebook sesuai kebutuhan bisnis Anda.