Articles

02 Desember 2020

Alasan Mengapa Marketing Online Lebih Efektif untuk Berbisnis Saat Ini

Digital marketing membantu banyak bisnis dalam berbagai skala untuk membuatnya menjadi lebih dikenal. Marketing online ataupun digital marketing memiliki strategi lebih efektif dan mampu menarik lebih banyak orang untuk melihat produk maupun layanan yang bisnis yang Anda tawarkan. Baik itu menggunakan media sosial, website, ataupun media lain online lainnya. Berikut beberapa alasan yang membuat marketing online adalah sarana efektif dalam berbisnis masa kini.  
  1. Retargeting Ads

 Jika web Anda mendapatkan direct traffic lebih dari biasanya, berarti bisnis Anda mulai semakin dikenal. Agar  perusahaan Anda sukses dalam melaksanakan campaign digital marketing, Anda harus memastikan bisa menghasilkan traffic yang sesuai dengan target.  Target traffic yang dimaksud disini adalah pengunjung (user) dari situs web perusahaan Anda, mereka bukan hanya datang untuk menjelajah website Anda, tetapi juga secara aktif mencari informasi tentang produk yang ditawarkan. Ini menciptakan tingkat konversi yang lebih baik ketika Anda dapat menarik traffic yang ditargetkan ke situs web Anda, karena mereka lebih cenderung membeli produk, menggunakan layanan, atau mengajukan pertanyaan. Salah satu cara untuk mengarahkan traffic yang “berkualitas” adalah dengan retargeting ads. Retargeting Ads merupakan mekanisme pembangunan audiens yang penting. Dengan parameter yang ditetapkan sesuai perilaku online, minat, dan detail demografis audiens pilihan Anda, retargeting ads akan menempatkan iklan kepada mereka yang ingin membeli produk Anda.  Selain itu, retargeting ads bahkan dapat digunakan pada user yang pernah bertransaksi di situs web atau aplikasi Anda. Iklan berfungsi sebagai pengingat atau pengantar value brand Anda. Dengan melihat berapa banyak konversi yang datang dan dari mana asalnya dapat membantu Anda lebih menyempurnakan campaign di masa mendatang. 
  1. Social Selling Dapat Menghubungkan Konsumen Langsung Sekaligus Mengkonversi

 Dengan adanya sosial media, konsumen bisa lebih cerdas, mereka bisa mendapat lebih banyak informasi. Sosial media memberikan banyak influence dimana orang-orang menggunakan banyak channel untuk membuat marketing online yang sesuai. Sehingga konsumen bisa memilih channel mana yang dapat memudahkan mereka dalam mengambil keputusan untuk membeli suatu produk dengan melihat informasi tentang produk tersebut maupun dengan rekomendasi dari pihak lain.  Marketing online menggunakan sosial media memerlukan tim yang tahu cara menggunakan media sosial untuk terhubung dengan klien-klien potensial. Sosial media marketing perlu memantau profil para customer, menghadirkan informasi yang dapat dijadikan sebagai prospek, membuat konten menarik dan bermakna, melibatkan konsumen secara berkelanjutan dalam jangka waktu panjang. Meningkatkan dampak-dampak indirect ini berpotensi besar untuk meningkatkan konversi.  
  1. Lacak Keberhasilan dan Sesuaikan dengan Campaign

 Menggunakan metode marketing online seperti di media sosial, dapat membantu meningkatkan rasio konversi secara real time. Metrik seperti lROI, increment sales, returning visitors, dan lainnya digunakan untuk mengevaluasi efektivitas penjualan. Ini membantu Anda merumuskan strategi untuk brand Anda, mengamati masalah yang harus ditangani, dan menciptakan lingkungan kerja yang lebih kolaboratif. Rasio konversi dan metrik menyoroti titik lemah dalam strategi pemasaran Anda. Jika Anda tahu bahwa email telah dikirim ke seluruh daftar konsumen, tetapi hanya sedikit yang terkonversi Anda dapat mengevaluasi kembali masalah apa yang ada pada campaign Anda. Menggunakan metrik juga menjadi kunci yang memungkinkan Anda mengalokasikan sumber daya ke strategi marketing yang tingkat keberhasilannya lebih besar.  
  1. Menghasilkan ROI yang Tinggi

 Apapun model bisnisnya, mendapatkan profit jauh lebih tinggi dari modal yang telah diinvestasikan adalah hal yang paling penting. Memilih menggunakan marketing online membuat Anda dapat mengukur ROI dengan mudah, membaginya dalam investasi atau penjualan. Anda dapat melakukan evaluasi lebih dulu sebelum memutuskan investasi dalam jumlah besar.  Cari tahu anggaran Anda, penjualan yang perlu Anda lakukan, dan apa yang ingin Anda dapatkan dari sebuah campaign marketing online sebelum mengukur profit atas investasi Anda. Dibutuhkan Key Performance Indicators (KPIs) untuk mendapatkan hasil pengukuran yang akurat. KPI mencakup indikator kinerja umum seperti traffic, leads dan reach serta indikator berbasis jaringan (jaringan sosial, search engines, blogs, dan sebagainya). KPI juga mencakup kinerja source-based performance (organic search, direct traffic, referrals), kinerja berbasis campaign (termasuk rasio konversi), dan menetapkan target yang realistis. Setelah campaign berjalan cukup lama untuk mengumpulkan data, dapatkan report campaign dan hitung ROI. Anda perlu membentuk lingkungan kolaboratif antara spesialis sales dan marketing untuk melacak dan meningkatkan ROI. Mengukur ROI dari campaign membantu Anda mengatur ulang strategi dan menggunakan sumber daya untuk proyek yang tepat. 
  1. Pay-Per-Click, Mendapatkan Audiens Dalam Waktu Singkat 

 Jika Anda menjalankan bisnis terlebih lagi bisnis kecil, pay-per-click (PPC) adalah suatu kewajiban. Sekitar 45% bisnis kecil menggunakan iklan PPC sebagai bagian dari strategi digital marketing mereka. Remember, anggaran marketing Anda mahal, jadi setiap dolar harus dimaksimalkan dengan baik.  Anda dapat mengembangkan brand awareness yang lebih besar dan mendapatkan visibilitas instan ke audiens yang relevan, sesuatu yang mungkin membutuhkan waktu berbulan-bulan yang bisa dicapai dengan optimasi SEO. PPC memungkinkan Anda memanfaatkan aset terbaik Anda untuk menghasilkan prospek. Iklan berisi proposisi nilai (biasanya di judul dan meta-tag) yang relevan sesuai dengan target audience Anda. Menggunakan teknik pencarian premium, PPC menghasilkan profit investasi yang tinggi, dan memungkinkan Anda membatasi pengeluaran untuk mengkonversi konsumen. Dengan marketing online, Anda bukan hanya akan mendapatkan konversi penjualan yang meningkat tetapi juga reputasi brand yang populer. Digital marketing agency IDEOWORKS mampu mendukung campaign marketing online bisnis Anda dengan insight yang akurat demi kesuksesan brand Anda.
More Info

CONTACT US

Address

Pejaten Barat 46, Pasar Minggu

Jakarta Selatan 12510 INDONESIA

Email marketing@ideoworks.co.id

Phone/WA +62 812 9000 66150

Back to top