Articles

02 Desember 2020

Memaksimalkan Sosial Media untuk Meningkatkan Pendapatan Dalam Berbisnis

All Social Media kini menjadi senjata paling ampuh untuk mempromosikan bisnis Anda. Econsultancy menemukan bahwa sosial media merupakan satu dari 5 channel pemasaran teratas untuk menghasilkan ROI yang solid. Namun, untuk bisa memaksimalkan all social media agar bisa meningkatkan pendapatan bisnis, ada beberapa metode efektif yang perlu digunakan. Berikut ulasannya.

 

  1. Be Where Your Audience

 

Social media marketing memiliki beberapa aturan yang perlu diketahui oleh pemilik bisnis. Salah satunya adalah memilih platform yang digunakan oleh target pelanggan bisnis Anda. Langkah awal yang perlu yaitu melihat demografis target bisnis dan mencari tahu di platform mana mereka paling aktif. 

 

Facebook bisa menjadi salah satu platform yang cukup menjanjikan, mengingat basis penggunanya sangat besar. Namun, bukan berarti media sosial lainnya menjadi kalah pamor. Anda bisa melakukan riset terlebih dahulu, kemudian melihat dan membandingkan dimana target bisnis Anda yang paling aktif.

 

Setelah menemukan platform yang tepat, maka Anda bisa mendapatkan peluang lebih baik untuk menjangkau target pelanggan yang tertarik dengan produk Anda. Hal ini juga mempengaruhi kualitas pemasaran digital karena target lebih efektif dan peningkatan penjualan yang dramatis. 

 

  1. Kerjasama dengan influencer media sosial

 

Pemasaran influencer memiliki efek yang cukup besar dan berfungsi dengan baik untuk meningkatkan penjualan bisnis. Twitter menemukan bahwa hampir 40% penggunanya merasa terdorong untuk membeli setelah melihat cuitan seorang influencer. Studi lain juga menemukan bahwa jumlah kepercayaan yang diberikan orang kepada influencer sebanding dengan kepercayaan kepada teman mereka. 

 

Penggunaan influencer dalam mempromosikan merek dan produk juga terbukti mampu memberikan ROI setinggi 600% dalam beberapa kasus. Studi tersebut menyebutkan bahwa influencer all social media sangat mungkin untuk mendorong penjualan bisnis. Anda bisa bekerja sama dengan influencer dan meminta mereka untuk menampilkan produk bisnis dalam bentuk foto atau video. Bisa juga menceritakan kisah unik dan menarik tentang produk.

 

Kerjasama dengan influencer juga bisa dalam bentuk review mengenai produk bisnis Anda, memberikan tutorial serta konten cara pemakaian atau petunjuk produk. Belakangan, meminta influencer untuk mempromosikan kode diskon unik juga paling banyak dilirik. Pasalnya, peluangnya tidak terbatas dan cukup efektif untuk meningkatkan penjualan. 

 

  1. Memanfaatkan pelanggan setia

 

Tidak harus influencer, Anda juga bisa memanfaatkan pelanggan setia untuk dapat meningkatkan pendapatan bisnis. Trik ini terbilang cukup efektif dan biaya yang dikeluarkan lebih rendah. Caranya dengan membujuk pelanggan tersebut untuk ikut mempromosikan produk Anda dengan imbalan produk gratis atau potongan harga.

 

Baca Juga  Hindari Kesalahan Strategi Iklan Digital yang Sering Dilakukan Perusahaan

Langkah yang bisa Anda lakukan dengan melakukan pencarian kata kunci serta hastag bisnis di media sosial. Selain influencer, Anda dapat menemukan beberapa orang yang pernah memposting konten tentang produk Anda. Jika beruntung menemukan pelanggan dengan pengikut berjumlah fantastis, maka peluang penjualan akan semakin meningkatkan. Lakukan pendekatan kepada mereka untuk kembali membuat postingan yang menampilkan produk Anda.

  1. Membagikan konten buatan pengguna

Sebelum membeli secara online, konsumen cenderung membaca ulasan terlebih dahulu untuk memastikan mereka dan produk terpercaya. Mereka cenderung mengalami kecemasan, apalagi untuk produk yang baru dikenalnya. Untuk mengatasi hal tersebut, ulasan atau pengalaman konsumen lain bisa mereda kecemasan. Membagikan ulasan konsumen atau konten buatan pelanggan bisa mendorong lebih banyak penjualan.

Konten yang dibagikan tidak hanya ulasan saja. Anda juga bisa membagikan foto pelanggan dengan produk ke profil media sosial bisnis Anda. Cara tersebut juga dapat meningkatkan loyalitas pelanggan setia dan menambah kredibilitas merek kepada calon pelanggan. 

  1. Membuat konten mendidik dan memikat pelanggan

All social media merupakan platform sempurna untuk menampilkan berbagai konten, termasuk yang berukuran kecil tapi sangat berharga bagi para pengikutnya. Konten yang diterbitkan di media sosial juga harus menarik agar bisa memikat mereka untuk melakukan pembelian.

Konten mendidik yang memikat bisa berupa panduan atau konten petunjuk. Tujuannya agar mereka mendapatkan informasi akurat yang memikat mereka untuk mencoba produk. Konten cara menggunakan produk dengan kombinasi lainnya juga bisa menjadi informasi menarik. 

  1. Berinvestasi di Periklanan Media

Strategi berikutnya untuk meningkatkan penjualan bisnis Anda adalah berinvestasi di periklanan media. Setiap platform memiliki pilihan berbeda dalam membuat iklan atau mempromosikan konten. Anda bisa menyesuaikan jenis iklan Anda dengan menampilkan produk yang baru-baru ini dilihat oleh pengguna di situs web bisnis Anda. 

All social media merupakan cara paling efektif untuk meningkatkan penjualan. Penggunaan media sosial ini juga dapat memenangkan kepercayaan target pembeli kepada produk bisnis. Namun, semua kembali dengan konten yang Anda berikan. Pastikan konten berisi informasi yang mendidik dan memikat pelanggan untuk mencoba atau membeli.

Pemasaran digital menggunakan media sosial juga bisa Anda percayakan dengan IDEOWORKS. Digital marketing agency ini siap menjadi mitra yang mampu memenuhi segala aspek kebutuhan pemasaran digital yang dapat berdampak positif pada bisnis Anda.

More Info

CONTACT US

Address

Pejaten Barat 46, Pasar Minggu

Jakarta Selatan 12510 INDONESIA

Email marketing@ideoworks.co.id

Phone/WA +62 812 9000 66150

Back to top