Preloader
360 marketign agency

Apa Bedanya 360 Marketing Agency dengan Digital Marketing Agency?

Tidak dapat dimungkiri bahwa persaingan bisnis pada zaman sekarang sangat ketat. Sebagai gambaran, laporan dari ASEAN Investment Report yang dilansir oleh Katadata mencatat adanya 65,5 juta unit UMKM di Indonesia per September 2022. Maka dari itu, strategi marketing yang lebih beragam sangat diperlukan oleh bisnis mana pun supaya tidak kalah saing.

Untuk menjawab kebutuhan tersebut, ada banyak jenis marketing agency yang dapat dipilih, di antaranya 360 marketing agency dan digital marketing agency. Apa saja perbedaannya, dan manakah yang paling sesuai untuk bisnis Anda? Anda dapat mempelajari lebih lanjut tentang beberapa aspek yang membedakan keduanya di bawah ini.

Serba-serbi 360 Marketing Agency

Pertama, mari kita mulai dengan mengetahui beberapa karakteristik dari 360 marketing agency terlebih dahulu. Sederhananya, jenis marketing agency ini menawarkan pendekatan yang bersifat omnichannel atau lebih menyeluruh. Seperti apakah keunikannya? Daftar berikut akan menjabarkan bagaimana agensi pemasaran 360 bekerja.

1. Jasa yang ditawarkan

Pembeda pertama dari 360 marketing agency dengan jenis agensi lainnya adalah cakupan jasa yang tersedia untuk Anda. Dengan innovative 360 marketing agency, Anda akan dipandu oleh para ahli untuk mengembangkan strategi kreatif dari awal hingga akhir. Spesifiknya, Anda akan menerima bantuan untuk melakukan riset pasar, eksekusi taktik marketing, dan publikasi press release

Namun, semua layanan tersebut tidak hanya terbatas pada satu medium, sebab innovative 360 marketing agency akan menyasar semua platform yang digunakan oleh pelanggan Anda. Dengan kata lain, jenis marketing agency ini akan membantu Anda memasarkan bisnis secara online di media sosial maupun offline di media cetak atau luar ruangan.

2. Kelebihan

Fleksibilitas merupakan kelebihan utama yang membuat 360 marketing agency sangat menonjol. Karena, taktik yang digunakan oleh marketing agency sedemikian rupa akan membantu Anda menjangkau pelanggan di medium mana pun yang mereka sukai, baik modern maupun tradisional.

Misalnya, riset telah menunjukkan bahwa 99,16% dari penduduk Indonesia berusia 13 hingga 18 tahun rutin berselancar di dunia maya, sehingga strategi digital marketing lebih cocok untuk mereka. Pada saat yang bersamaan, menurut MarketingSherpa, Anda dapat mengiklankan usaha di media yang disukai oleh mayoritas pelanggan berusia 30 tahun ke atas, yaitu televisi dan media cetak.

3. Kekurangan

Perlu diingat bahwa 360 agency menawarkan jasa pemasaran yang lebih menyeluruh, mulai dari tahap analisis target demografi serta kompetitor hingga menjalankan strategi yang telah dirancang. Oleh sebab itu, harga layanan yang lebih tinggi mungkin akan menjadi bahan pertimbangan Anda. 

Namun, Anda tidak perlu khawatir, sebab kini sudah tersedia banyak affordable 360 marketing agency yang menawarkan harga bersahabat. Dengan demikian, Anda selaku pebisnis baru dapat mengembangkan usaha tanpa melebihi anggaran.

Selain itu, karena 360 agency berbeda dari in-house marketing, kurangnya pemahaman brand knowledge dari para ahli pemasaran yang tidak terlibat secara langsung dengan bisnis Anda dapat menjadi tantangan. Akan tetapi, Anda dapat mengatasi masalah tersebut dengan membuat panduan brand untuk menjelaskan apa yang ingin Anda capai dan hindari. 

Mengenal Digital Marketing Agency

Statista telah mencatat bahwa jumlah pengguna internet di seluruh dunia telah mencapai 5,16 miliar orang pada tahun 2023. Oleh sebab itu, wajar jika para pebisnis memanfaatkan peluang tersebut dengan agensi pemasaran digital. Lantas, apa saja perbedaan karakteristik dari digital marketing agency dengan 360 agency?

1. Jasa yang ditawarkan

Sesuai dengan namanya, cakupan layanan yang ditawarkan oleh digital agency lebih berfokus pada medium daring. Dari jenis agensi ini, Anda akan menemukan jasa SEO, iklan PPC, dan pembuatan konten marketing di media sosial maupun email.  Tidak hanya itu, beberapa agensi digital juga menyediakan layanan pengembangan website resmi untuk perusahaan serta konsultasi profil e-commerce.

Dengan kata lain, agensi ini akan membantu Anda lebih mudah ditemukan dan dikenal oleh calon pembeli yang rutin berselancar di dunia maya. Apalagi, menurut NRC Health, 92,4% pelanggan menentukan keputusan akhir mereka untuk membeli sesuatu berdasarkan penilaian pengguna lain di internet.

2. Kelebihan

Karena media sosial dan internet terus berkembang dengan cepat, tidak menutup kemungkinan Anda akan kesulitan mempelajari perubahan tren setiap tahunnya. Di sinilah digital marketing agency memiliki peranan penting untuk membantu Anda. 

Para ahli pemasaran digital memiliki pengetahuan mendalam tentang strategi terbaik untuk memaksimalkan pengalaman pengguna. Jadi, mereka akan membantu Anda menarik perhatian lebih banyak calon pembeli di internet dengan tips desain halaman web dan tata letak profil yang sesuai dengan rekomendasi terkini.

3. Kekurangan

Berbeda dengan integrated marketing agency, agensi pemasaran digital hanya berfokus pada strategi pemasaran secara online. Dengan kata lain, cakupan jasa yang ditawarkan tidak termasuk metode pemasaran tradisional, di antaranya papan reklame, brosur, radio, dan out-of-home (OOH) advertising.

Jadi, agensi yang bergerak dalam bidang digital marketing lebih disarankan untuk menjangkau pelanggan di internet dan memperkuat presensi usaha Anda di sana.

Mana yang Sebaiknya Anda Pilih?

Keputusan untuk menggunakan layanan integrated marketing agency atau digital agency sangat bergantung pada kondisi keuangan serta kebutuhan bisnis Anda. Walaupun kedua marketing agency yang disebutkan membawa pengaruh positif bagi angka penjualan Anda, keahlian dan metodenya memiliki perbedaan mendasar.

Jika Anda ingin memaksimalkan jangkauan secara online maupun offline, affordable 360 marketing agency adalah solusi yang tepat. Sementara itu, apabila tujuan utama Anda adalah untuk meningkatkan traffic ke akun media sosial atau website resmi bisnis Anda, rekomendasi yang paling pas untuk Anda adalah agensi digital marketing.

Akhir kata, pastikan Anda menentukan jasa pemasaran yang dapat menjawab kebutuhan bisnis sesuai dengan rekomendasi di atas. Terlepas dari 360 marketing agency atau digital marketing agency yang dipilih, Anda harus mempertimbangkan anggaran usaha saat ini dan jejak rekam dari agensi tersebut. 

Apabila Anda membutuhkan konsultasi strategi pemasaran dengan ahli yang terpercaya, sampaikan saja kebutuhan marketing bisnis Anda kepada IDEOWORKS, dan tim marketer kami yang berpengalaman akan membantu Anda.

 

Baca Juga:

Apa Itu 360 Marketing Agency?

Let’s talk about your brand