Bagi para tim digital marketer, mungkin sudah tidak asing dengan istilah social media intelligence. Di mana hal tersebut cukup penting untuk keperluan kegiatan pemasaran sebuah brand di berbagai platform media sosial. Namun, apa maksud dan arti dari istilah social media intelligence itu sendiri? Bagaimana pengaruhnya terhadap pemasaran dan tingkat penjualan sebuah brand produk atau jasa?
Social Media Intelligence Menurut Wikipedia
Social media intelligence atau kecerdasan media sosial menurut Wikipedia merupakan hal yang lebih mengacu pada alat dan solusi kolektif. Yang mana dengan alat dan solusi tersebut, sebuah organisasi bisa menganalisis percakapan, menanggapi sinyal sosial, hingga mengumpulkan poin data sosial menjadi sebuah tren dan analisis yang memiliki makna, yang bisa digunakan sesuai kebutuhan penggunanya. Sederhananya, social media intelligence adalah hal yang bisa dilakukan pengguna terhadap sebuah platform media sosial. Karena dengan kecerdasan media sosial, seseorang bisa mendapatkan informasi atau data apapun dari situs media sosial, yang mana hal tersebut bisa bebas dan terbuka untuk umum mendapatkannya.
Misalnya, Anda ingin mengetahui isi informasi social media milik brand kompetitor, maka Anda bisa dengan mudah mengetahui atau memantau isi konten apa saja yang mereka buat. Bahkan, bisa dengan mudah mengetahui informasi pribadi para followers/following milik akun brand tersebut. Semua informasi konten, caption, hastag yang digunakan, isi komentar, keluhan pengunjung, solusi yang terpampang juga bisa diketahui. Bahkan, Anda juga bisa mengakses, mengcopy konten, dan lainnya tanpa harus izin dari pembuatnya.
Sebelum membahas lebih dalam, terkait social media intelligence, mari simak dulu sekilas sejarah terkait istilah social media intelligence atau kecerdasan media sosial berikut ini.
Sejarah Singkat Istilah “Social Media Intelligence”
Menurut sumber dari synthesio.com, David Omand, Jamie Bartlett, dan Carl Miller pertama kali menggunakan istilah social media intelligence, pada sebuah wadah pemikir yang berbasis di London. Adapun, mereka mengeksplorasi istilah tersebut untuk Centre for the Analysis of Social Media (CASM) dalam makalah yang dirilis tahun 2012. Di dalam makalah tersebut, mereka membahas bagaimana kecerdasan media sosial merupakan kunci teknologi digital berupa media sosial, sehingga kecerdasan atau intelligence tersebut menjadi perluasan dari pemantauan media sosial dan pendengaran sosial atau social listening definition.
Nah, saat ini social media intelligence menjadi lapisan penting pada social listening definition. Bahkan, social media intelligence merupakan area yang relatif baru dalam pemasaran digital dan memainkan peran penting dalam cara menggunakan data sosial secara lebih efektif.
Pentingnya Memasukkan Kecerdasan Media Sosial dalam Proses Pemasaran
Tanpa kecerdasan media sosial, bisnis tidak dapat memanfaatkan kekuatan data sosial mereka. Ini cenderung terjadi ketika mendengarkan sosial tanpa lapisan tambahan kecerdasan media sosial. Dengan kecerdasan sosial media, Anda tidak hanya bisa memantau jumlah reach engagement (berapa like, comment, save atau share), namun juga bisa menemukan apa yang dikatakan terhadap brand Anda dan apakah mereka tertarik pada produk tersebut. Sehingga, cara tersebut menjadi cara termudah untuk mengumpulkan umpan balik yang jujur dan real-time. Selain memantau dan mendengarkan informasi yang sudah menjadi data sosial, Anda juga penting untuk melangkah lebih jauh dan mendapatkan wawasan dengan social media intelligence.
Contohnya, ketika Anda mendapatkan komentar negatif dari audiens, lalu dengan hanya mengetahuinya apakah brand Anda akan tetap baik-baik saja? Sepertinya, jika Anda hanya “tahu” hal tersebut tidak begitu membantu dan menyelamatkan citra brand. Jika Anda menggunakan kecerdasan sosial media dengan lebih baik, Anda tentunya akan lebih mementingkan untuk mengambil informasi (komentar negatif) tersebut dan memahaminya, mengapa beberapa posting Anda menerima umpan balik negatif?
Di sini, ada tantangan untuk Anda memikirkan kecerdasan tersebut, sehingga Anda bisa mencari solusi bagaimana membuat perubahan, untuk mencegah komentar negatif kembali datang di momen selanjutnya. Anda harus mengetahui dan memahami wawasan pelanggan terhadap brand Anda sendiri dalam mata mereka. Sehingga, Anda bisa menindak lanjuti jika ada hal yang tidak beres. Di sini juga Anda butuh mengambil informasi dari social listening definition ke tingkat berikutnya, untuk membangun program intelijen media sosial yang kuat. Adapun, agar lebih memudahkan proses mendengarkan, Anda juga bisa menggunakan beberapa social media listening tools, yang biasa para tim digital agency gunakan.
Rekomendasi Social Media Listening Tools
- Keyhole
- Buffer
- TweetReach
- Awario
- Agroapulse
- Buzzsumo
Pasalnya, semakin ke sini sebuah pemasaran brand dapat menggunakan kecerdasan media sosial, untuk melakukan peningkatan yang drastis, pada produk atau layanan dan mendorong lebih banyak pendapatan. Bagaimana? Tim digital marketing Anda sudah menerapkan social media intelligence yang mencakup social listening monitoring dan social media analytics?
Gunakan Jasa Social Media Listening dari IDEOWORKS untuk Brand Anda
Begitu penting untuk menerapkannya saat ini, social media intelligence dan listening bisa membantu untuk membangun brand Anda. Namun, jika Anda belum menerapkannya, dan merasa belum merasa hal ini penting, maka Anda bisa gunakan jasa agency salah satunya IDEOWORKS. Pasalnya, IDEOWORKS tidak hanya menjadi digital agency yang membantu menawarkan layanan pemasaran digital secara umum, tapi juga menawarkan layanan social media listening dan analytics untuk kegiatan kampanye brand di social media. IDEOWORKS sendiri memiliki layanan khusus bernama CASA yang mencakup Communicate (menyampaikan pesan), Amplify (memperkuat branding), Socialize (mensosialisasikan produk (promosi)), Analyze (menganalisa). Di mana semua layanan tersebut, merupakan strategi digital marketing skill khusus, untuk membantu sebuah brand perusahaan, menjalankan proses pemasaran dan periklanan.
Jadi, jika Anda Ingin tahu informasi apa saja yang platform social media katakan tentang brand Anda, di sini tim Social Media Listening di digital agency IDEOWORKS akan membantu memonitoring dan menganalisis brand Anda, dengan layanan social media analytics dan social media monitoring. Bahkan, tim IDEOWORKS juga akan membantu meningkatkan performa dengan strategi tersebut.