Sejak kehadirannya sebagai marketplace bisnis, Facebook telah menjadi platform social media terbesar di dunia. Meningkatnya fitur dan layanan bisnis digital marketing Facebook semakin memudahkan marketer bisnis menggaet target market secara besar. Meski begitu, kenapa masih ada pebisnis yang kurang yakin memasarkan produk di Facebook? Lebih tepatnya banyak dari mereka belum bisa beradaptasi dengan Facebook Marketing dengan tools dan teknik yang menjanjikan. Padahal masalah itu bisa diselesaikan dengan bekerja sama jasa advertising agency digital Jakarta. Apalagi dengan pasar yang luas, penggunaan Facebook Marketing lebih konsisten dalam menggapai customer potensial.
Melansir dari databoks.katadata.co.id, saat ini pengguna aktif bulanan Facebook telah mencapai 2,93 miliar per Mei 2022. Dengan angka tersebut, kemungkinan besar untuk memanfaatkan kelebihan Facebook Marketing, asalkan kamu mau menggunakan jasa advertising agency digital Jakarta. Selain memiliki tim profesional Facebook Marketing, mereka mudah menemukan cara kreatif untuk membuat konten foto dan video komersial brand bisnis mendapatkan visibilitas, eksposur, dan engagement secara maksimal.
Sepenting Apa sih Facebook Marketing dalam bisnis?
Facebook Marketing membawa skala lebih jauh dalam mencapai hasil, kehadiran brand/produk, dan promosi bisnis. Ada berbagai cara yang tepat untuk melakukan pemasaran bisnis lewat Facebook Marketing. Diantaranya dengan memanfaatkan Facebook Ads, Business Page, Facebook Groups, dan Facebook Marketplace.
Strategi digital marketing yang dilakukan jasa advertising agency digital Jakarta menggunakan platform Facebook juga memiliki opsi biaya yang beragam, mulai dari yang gratis, sampai berbayar (Facebook Ads). Nah, bila bisnis kamu menggunakan jasa marketer—kamu juga bisa konsultasi dan berdiskusi tentang perencanaan tujuan (konsep) digital marketing yang sesuai. Dengan pelayanan yang super, planning terstruktur, tools yang jitu, serta meningkatkan traffic yang pasti.
Jadi, masih ragu menggunakan Facebook Marketing? Mending cari tau kelebihan yang bakal kamu peroleh dari Facebook Marketing lewat jasa advertising agency.
Kelebihan Facebook Marketing ala Advertising Agency
Pada hakikatnya, Facebook Marketing menjadi bagian dari inbound marketing—sebuah strategi dengan pemasaran produk yang menarik pelanggan menggunakan berbagai informasi produk yang menarik. Berikut kelebihan Facebook Marketing yang digunakan jasa advertising agency digital Jakarta.
Pendekatan Customer secara Masif
Menjadi platform yang digemari semua kalangan usia pengguna, memungkinkan bisnis kamu lebih dekat dengan mereka. Strategi meningkatkan engagement di kolom komentar dengan Facebook cukup efektif. Sebab, interaksi dengan customer secara masif dengan Facebook dapat dilakukan dengan mudah dan cepat.
Marketer dapat memanfaatkan engagement yang dihadirkan Facebook tidak hanya sebatas komentar saja. Di setiap postingan, mereka bisa menghadirkan siapapun untuk melakukan like, share, dan komentar. Selain itu ada fitur polling yang bisa dijadikan sarana membangun engagement dan interaksi yang berlebihan untuk mengumpulkan feedback tentang produk bisnis kamu.
Retargeting Customer melakukan Pembelian
Dengan tools jitu, marketer dapat membantu menyajikan iklan (ads) yang dinamis sesuai kebutuhan customer potensial secara khusus. Sederhananya, marketer bisa membuat script pada website yang bertugas mempelajari kebiasaan customer ketika membeli produk.
Menurut Katadata, 69% responden survei mengaku cukup tertarik untuk mendapatkan informasi tentang produk bisnis lewat Facebook Marketing. Oleh karena itu, tujuan retargeting customer dalam melakukan pembelian dilakukan dengan cara yang tepat. Namun, tools marketing ini tidak dapat berjalan otomatis, sehingga proses pemasangan script dilakukan secara manual oleh marketer profesional.
Hemat Budget
Fase ini yang masih dalam pertimbangan pebisnis dalam menerapkan Facebook Marketing. Padahal bila mereka mau diskusi atau konsultasi bisnis bisa dilakukan secara gratis, lho. Apalagi menghemat budget bisa dilakukan ketika ingin mempromosikan produk bisnis. Marketer profesional seperti advertising agency dapat memposisikan diri sebagai mitra yang bisa menyesuaikan kebutuhan bisnis.
Apalagi dengan Facebook Marketing bisa menjadi solusi yang tepat untuk promosi. Marketer akan menerapkan Facebook Ads untuk beriklan dengan menyesuaikan jenis anggaran promosi.
Menurut survey INDEF, sebanyak 92% UMKM telah memanfaatkan Facebook Marketing untuk meningkatkan jumlah customer. Sama seperti pebisnis baru yang merintis, opsi hemat budget tentu lebih baik. Namun, ketika perkembangan bisnis mulai stabil, kamu juga bisa mengambil langkah promosi yang lebih besar dengan anggaran yang bisa disesuaikan.
Cepat Tepat Sasaran
Kelebihan selanjutnya ada pada target market atau sasaran yang lebih cepat dalam menggunakan Facebook Marketing. Dengan biaya murah apa bisa? Bisa dong. Bila bisnis memiliki Facebook Page, pemasaran produk akan lebih cepat dan tepat. Marketer akan lebih mudah menyasar pengguna Facebook yang menjadi follower bisnis untuk mendapatkan informasi setiap postingan. Artinya, customer yang tertarik dengan produk bisnis bisa dijangkau.
Fitur lain yang bisa dimanfaatkan adalah fitur Customer-targeted Audience (pemirsa khusus). Fitur yang bisa kamu nikmati ketika ingin beriklan di Facebook. Marketer juga memanfaatkan fitur Facebook Custom Audience Tool, untuk mengatur target market iklan dengan lebih cepat berdasarkan database customer yang dimiliki.
Meningkatkan Brand Awareness
Demi menciptakan brand awareness terkait informasi yang pernah diterima oleh customer sebelumnya, marketer harus menyiapkan strategi khusus. Salah satunya dengan konten yang kreatif menarik customer. Marketer akan memanage pendistribusian konten menyesuaikan target produk bisnis. Di sisi lain, marketer menggunakan Facebook Ads untuk keperluan marketing campaign dengan tujuan meningkatkan brand awareness.
Menjangkau Audiens dengan Hasil yang baik
Hasil yang baik dalam menjangkau audiens yang luas dengan Facebook Marketing sesuatu yang tepat. Hal ini dibuktikan oleh data Alexa yang menunjukkan bahwa Facebook menjadi situs yang paling sering dikunjungi di seluruh dunia. Dengan kelebihan menjangkau audiens yang luas tentu akan lebih mudah tercapai.
Kelebihan lainnya adalah separuh masyarakat Indonesia adalah pengguna Facebook aktif! Solusinya, bila target market bisnis kamu adalah pengguna Indonesia, memanfaatkan Facebook Marketer lewat jasa advertising agency digital Jakarta.
Penggunaan yang Mudah
Selain populer, Facebook menjadi platform yang user-friendly. Oleh karena itu, mulailah memasarkan produk dengan Facebook Marketing—dengan membuat Facebook Page terlebih dahulu. Facebook Page menjadi halaman publik mendasar yang diciptakan Facebook untuk bisnis, brand kenamaan, selebriti, dan organisasi.
Ini adalah solusi pertama ketika kamu atau marketer menggunakan Facebook Marketing untuk keperluan bisnis. Karena di halaman Facebook Page, dapat menentukan kategori bisnis dan melengkapi informasi profil yang diperlukan.
Meskipun kelebihan Facebook Marketing bisa kamu buat secara manual, memanfaatkan tools Facebook Marketing yang memudahkan pekerjaan tentu sangat membantu. Tetapi, pengalaman dan profesionalisme jasa advertising agency digital Jakarta yang teruji mengulas tools yang berguna dengan riset dan proses yang menghasilkan keuntungan bisnis.