Preloader
homepage-showcase-11

Apa Saja Sih Manfaat Social Media Listening Analyst. Simak di Bawah Ini!

Peran social media listening analyst memiliki banyak manfaat bagi bisnis yang tengah berjalan saat ini. Bisnis dari media sosial bukan hanya menjangkau area tertentu saja, tetapi perkenalan suatu produk jadi lebih mudah, bahkan hingga ke mancanegara.

Meski lebih dari 70 persen pola jual beli saat ini berasal dari sosial media atau online, tanpa strategi pemasaran yang tepat hasilnya tidak akan sesuai dengan yang diharapkan. Untuk menunjang hal tersebut, kamu perlu peran social media listening analyst. Simak di bawah ini selengkapnya!

Apa yang Dimaksud dengan Social Media Listening Analyst?

Sebelum membahas apa saja manfaat social media listening analyst, kamu perlu mengetahui terlebih dulu artinya. Perannya dalam social media management sudah tidak diragukan lagi, karena agency yang bergerak di bidang tersebut sudah pasti menguasai seluk beluk marketing secara daring.

Perannya digerakkan oleh social media monitoring companies, yang bertugas untuk meningkatkan engagement perusahaan dari pemanfaatan sosial media dan teknik SEO (search engine optimization). Agency tersebut dapat meningkatkan traffic online dan brand exposure dari platform media sosial tertentu.

Meski siapapun dapat mencoba terjun ke dalam social media monitoring companies, tetapi butuh keahlian khusus dalam bidang sosial media, dan tentunya menguasai teknik SEO secara menyeluruh. Listening analyst jadi salah satu profesi baru yang belum banyak diminati. Berkaitan dengan manfaatnya, simak di bawah ini!

Manfaatnya

Listening analyst termasuk ke dalam pekerjaan social media monitoring companies yang dilakukan dengan mendengarkan atau menemukan trend pasar utama dan wawasan konsumen. Dari sana, agency merancang kampanye bertarget dan membuat konten yang relevan.

Selain itu, mereka akan memilih brand ambassador yang memberi pengaruh potensial terhadap brand. Selanjutnya, melacak reputasi merek, dan lain sebagainya. Untuk lebih rinci lagi tentang social media management simak manfaat selengkapnya di bawah ini!

  1. Menemukan Wawasan Konsumen dan Tren Pasar

Media sosial adalah platform unik di mana orang-orang berbagi hal-hal yang biasanya tidak mereka lakukan dalam skenario tatap muka. Jika social listening digabungkan dengan analisis sentimen, hal tersebut memungkinkan kamu memahami apa diinginkan oleh customer dan khalayak umum.

Bukan hal yang tidak mungkin untuk mengetahui dorongan loyalitas merek dan perubahan apa mereka inginkan terkait dengan merek tersebut. Berkaitan dengan hal tersebut, social media monitoring companies dapat memanfaatkan saluran media sosial agar terlibat langsung dan menemukan informasi yang dibutuhkan.

  1. Merancang Kampanye Bertarget

Langkah social media management yang dilakukan selanjutnya adalah merancang kampanye bertarget. Listening analyst bekerja dengan meresap informasi di sepanjang siklus pemasaran, terutama mengembangkan kampanye dari hal-hal yang sudah ditargetkan sebelumnya. 

Mendengarkan secara sosial memungkinkan suatu brand untuk mengetahui apa yang disukai atau tidak disukai pelanggan yang diklasifikasikan berdasarkan minat, kelompok usia, wilayah, pendapatan customer, keluarga, dan lain sebagainya, tanpa bergantung pada survei atau forum ulasan.

Listening analyst memungkinkan agency mengidentifikasi tren, sehingga kamu dapat memasukkan tren tersebut ke dalam kampanye iklan dan pemasaran yang mungkin mencakup iklan dalam TV, iklan radio, atau konten yang dibagikan secara online. Kampanye iklan tentunya berisi konten yang menarik.

  1. Melacak Kesadaran dan Reputasi Merek

Selanjutnya, listening analyst bermanfaat untuk melacak kesadaran dan reputasi merek. Dengan melakukan analisis memungkinkan social media monitoring companies untuk mengukur sentimen sosial di seluruh merek dan memberi pandangan menyeluruh tentang kesehatan merek yang kamu bangun. 

Baik itu video ulasan produk di kanal YouTube atau platform media sosial lainnya, analisis memungkinkan agency untuk mengukur emosi konsumen dari video. Langkah tersebut semudah alat analisis sentimen yang digunakan untuk mengukur dari komentar, survei, atau ulasan blog dan forum.

  1. Mengembangkan Merek yang Otentik dan Dipersonalisasi

Social media management selanjutnya dilakukan dengan mengambengkan merek yang otentik dan dispersolalisasi. Saat membuat kampanye pemasaran berdasarkan social listening, kamu menciptakan pengalaman merek yang lebih personal dan otentik bagi para customer

Dengan memasukkan aspek-aspek, seperti nuansa budaya, tren sosial, kesehatan dan kepositifan tubuh, dan lain sebagainya, agency dapat membuat rencana untuk kontes, penentuan posisi merek, atau iklan website dan TV, yang membangun rasa kebersamaan di antara customer

Jadi, manfaat dari social listening termasuk pengalaman merek yang dipersonalisasi, sehingga dapat membantu membangun loyalitas dan keaslian merek. Langkah ini tentunya tidak dibangun dengan sendirinya, karena kamu membutuhkan agency berpengalaman di bidang tersebut.

  1. Bayangkan Ide Produk atau Layanan Baru

Listening analyst dapat membantu menemukan ide produk baru berdasarkan tren yang dilihat dalam sentimen seputar produk dari customer. Pentingnya social listening terletak pada komentar, termasuk kritik dan saran yang ditulis dan dialami pelanggan dalam produk. 

  1. Membuat Konten Menarik untuk Memenuhi Tujuan

Social listening memungkinkan kamu untuk fokus pada jenis konten yang tepat yang dapat memberi pengembalian maksimum atas investasi waktu, tenaga, dan uang. Kamu juga dapat menemukan platform sosial sempurna yang akan memberi keterlibatan paling banyak dengan customer.

  1. Mengetahui Kecerdasan Pesaing

Social listening memungkinkan kamu untuk memantau pesaing berdasarkan aktivitas sosial yang mereka lakukan. Hal tersebut tentu memberikan wawasan yang sangat berharga mengenai basis konsumen dan strategi pemasaran.

Hal tersebut juga membuat kamu mengetahui seberapa aktif mereka di media sosial dan seberapa sering mereka terlibat dengan customer. Selain itu, kamu akan mengetahui apa yang disukai konsumen dari produk pesaing dan apa yang dilakukan untuk menanamkan loyalitas merek.

Jika tidak menggunakan social media listening analyst, orang-orang mungkin secara aktif berbicara tentang merek dan industri yang kamu jalani, tetapi tidak mengetahui tujuan dari apa yang mereka katakan. Sederhananya, jika peduli dengan pelanggan, kamu juga perlu melakukan social listening

Itulah sejumlah manfaat social media listening analyst untuk brand yang tengah kamu bangun saat ini. Jika tengah mencari social media monitoring companies untuk melakukan berbagai hal di atas guna menunjang promosi produk. IDEOWORKS.id adalah agency yang tepat untuk kamu.

Serahkan pada kami, karena kami mumpuni dalam bidangnya dan dapat mewujudkan strategi guna keberlangsungan pemasaran produk dan jasa yang sedang kamu bangun. Kami bekerjasama dengan tim ahli yang dapat menganalisis pasar dan tren yang tengah berkembang saat ini.

 

https://www.repustate.com/blog/benefits-social-listening-tools/#:~:text=Track%20brand%20awareness%20and%20reputation,view%20of%20your%20brand%20health.

https://blog.hootsuite.com/social-listening-business/ 

https://bigbox.co.id/blog/5-alasan-brand-perlu-menggunakan-social-media-analytics-platform/

Let’s talk about your brand