Preloader
Beda dengan Agency, Intip Cara Kerja Marketing In House Yuk!

Beda dengan Agency, Intip Cara Kerja Marketing In House Yuk!

Tingginya mobilisasi bisnis online dengan penerapan digital marketing tentu menjadi sebuah prospek yang menjanjikan untuk memulainya sekarang. Bisnis membutuhkan cara kerja marketing in house atau brand house marketing agency untuk pertumbuhan yang cepat. Saat strategi marketing diimplementasikan, proses mencapai target penjualan tentu dihasilkan. Untuk mencapai tahap ini, brand house agency Jakarta dapat memahami customer-oriented dengan mengutamakan kepuasan customer sebagai tujuan utama mendongkrak penjualan brand bisnis online.

Cara kerja marketing in house atau brand house marketing agency sedikit berbeda dengan agency digital pada umumnya. Kedua pilihan ini menjadi alternatif yang sering digunakan oleh pebisnis dalam bentuk tim, yaitu in-house atau agency. Bila Anda adalah seorang pebisnis, jangan skip artikel ini, ya. Karena artikel ini akan mengupas tuntas cara kerja marketing in house dengan agency hingga menjadi pilihan yang tepat untuk bisnis Anda.

Apa itu marketing in house?

Marketing in house adalah pemasaran bisnis melalui tim internal yang ada dalam perusahaan atau bisnis itu sendiri. Ini biasa juga disebut dengan brand house marketing agency. Apabila bisnis menggunakan internal marketing untuk urusan digital marketing strategy, maka pebisnis atau perusahaan harus memiliki beberapa orang (tim) yang secara khusus mengisi roles atau peran-peran seperti marketing manager, content writer, graphic designer, seo specialist, social media specialist, hingga brand strategist.

Dalam mempekerjakan tim marketing in house, bisnis jelas harus membiayai semua akomodasi marketing secara keseluruhan. Oleh karena itu, sebelum memiliki tim terbaik, pastikan bisnis telah mempertimbangkan segala aspek manajerial bisnis selama campaign digital marketing internal ini. Lebih dari itu, adanya keunggulan dari marketing in house tentu menjadi modal yang cukup baik ketika bisnis menggunakan tim marketing internal.

Keunggulan marketing in house atau brand house marketing agency:

  • Lebih memfokuskan diri pada brand bisnis
  • Mudah dijangkau, dengan tim yang terdiri dari karyawan internal
  • Tim marketing in house lebih familiar terhadap produk knowledge bisnis

Apa itu agency?

Selaras tapi tak sama dengan marketing in house, agency adalah pihak ketiga di luar (eksternal) perusahaan atau bisnis yang disewa untuk menjalankan campaign digital marketing brand bisnis. Sebuah agency digital ini terdiri dari tim ahli yang berpengalaman dalam sebuah strategi digital marketing di masing-masing bidang. Entah itu bidang creative marketing, communication, graphic designer, atau public relation. Dari tim yang dimiliki agency tersebut, mereka dapat memberikan solusi pemasaran jitu dengan full-service atau bidang layanan tertentu sesuai keinginan bisnis.

Keunggulan agency digital eksternal:

  • Dengan biaya terjangkau dan bervariasi, agency digital eksternal menggunakan solusi template hingga layanan premium full service untuk kebutuhan bisnis meningkatkan penjualan
  • Mampu menawarkan berbagai spesialisasi, mulai dari SEO, social media strategist, paid advertising, web design, CRO, hingga copywriting
  • Agency eksternal terdiri dari spesialis yang berpengalaman dan punya jam terbang tinggi

Marketing In House jadi Pilihan Tepat

Dari kedua opsi layanan di atas, telah dijelaskan perbedaan dan keunggulan menggunakan layanan sesuai bisnis yang ingin mencapai target market. Meski memiliki keunggulan dan kekurangan di masing-masing layanan, tentu Anda sebagai pebisnis dapat menggunakan opsi layanan tersebut untuk meningkatkan penjualan. Pemilihan agency atau marketing in house saat ini bergantung pada situasi kepada perusahaan bisnis Anda. Namun, bila perusahaan bisnis membutuhkan digital marketing cepat dan bisa diandalkan, menggunakan jasa agency menjadi solusi pilihan yang tepat.

Kenapa?

Ketahuilah bahwa digital marketing adalah bidang ilmu yang luas dalam penerapannya, marketing tak bisa dilakukan secara instan. Selain itu, Quality Assurance dan training program semakin sulit dilakukan. Oleh karena itu, membentuk tim marketing internal membutuhkan waktu dan biaya yang tidak sedikit, terlebih bila bisnis Anda ingin cepat produktif dalam penjualannya. Lebih baik untuk bermitra dengan agency eksternal yang menyajikan layanan full service yang mencakup semua hal kebutuhan bisnis digital marketing Anda 100%.

Namun, berbeda ketika bisnis Anda memang memiliki waktu untuk berkembang dengan tim internal yang kompeten dengan tujuan yang tepat dan biaya cukup, bisa menjadi alasan memilih marketing in house atau brand house digital agency. Ini adalah sebuah bentuk investasi jangka panjang yang dapat membuahkan hasil berkelipatan. Karena semua tim internal yang dapat memberikan effort lebih terhadap perusahaan dapat menguntungkan profit bisnis secara cepat.

Mau tau cara kerja pemasaran marketing in house dalam mempromosikan bisnis? Simak ulasannya di bawah ini.

Cara Kerja Marketing In House Mempromosikan Bisnis

Sejalan dengan meningkatkan bisnis online di dunia, marketing in house telah banyak digunakan oleh perusahaan untuk mencapai tujuan bisnis. Berikut proses atau cara kerja tim marketing in house atau brand house agency Jakarta dalam mempromosikan bisnis.

Memahami Kebutuhan Customer Potensial

Strategi pendahuluan setiap marketer tentu mengenali istilah STP, yaitu segmenting, targeting dan positioning dalam proses pemasaran produk bisnis. Begitu juga marketing in house yang dapat melakukan proses tersebut dengan riset pasar terlebih dahulu untuk memahami kebutuhan customer potensial. Kebutuhan ini yang nantinya dapat dikemas oleh bisnis untuk memastikan digital marketing atau promosi bisnis terdikte dengan tepat sasaran.

Mempelajari Produk atau Jasa

Selanjutnya yang dilakukan oleh tim marketing in house adalah memilih produk atau jasa yang tepat sesuai untuk kebutuhan customer. Dimana tim marketing internal harus mengimplementasikan hasil riset pasar sebelumnya untuk menjalankan tugas ini. Intinya mereka harus menciptakan problem solving produk yang ingin dipasarkan seperti mengetahui average price hingga menentukan harga produk.

Merancang Strategi Marketing

Langkah ini adalah alasan paling sakral mengapa cara kerja marketing in house dapat mencapai target di kemudian hari. Karena mereka harus merancang strategi marketing dari awal untuk kemudian mempresentasikannya dalam iklan, seperti riset pasar, riset produk, dan riset strategi marketing. Perkembangan atau kesuksesan suatu bisnis bergantung pada banyaknya produk yang dihasilkan, jadi sudah pasti tim marketing internal ini harus bekerja efektif menarik perhatian calon customer setiap brand promotion disampaikan.

Mengiklankan Produk Bisnis

Puncak strategi marketing adalah eksekusi iklan. Setelah memilih produk, menetapkan target market, channel marketing, hingga pesan yang disampaikan, marketer segera mengiklankan produk promosi bisnis. Efektif tidaknya iklan promosi produk ini dapat melalui monitoring selama eksekusinya. Misalnya, untuk iklan yang dilakukan melalui social media, cara kerja marketing in house dapat menghitung cost per click, jumlah konversi, dan sebagainya.

Nah, itulah cara kerja marketing in house atau brand house marketing agency yang meliputi keunggulan, kekurangan, serta strategi mempromosikan bisnis yang berbeda dengan agency eksternal. Bila bisnis Anda memiliki waktu untuk menghasilkan profit terbaik, gunakan brand house digital agency untuk mengiklankan produk atau jasa dengan tepat. IDEOWORKS dapat menjadi solusi bisnis Anda dengan menjadi mitra brand house agency Jakarta terbaik yang dapat memaksimalkan promosi bisnis yang mendatangkan nilai konversi mencapai 100%. Yuk, hubungi IDEOWORKS sekarang!

Let’s talk about your brand