Ketika sebuah jasa digital agency berkompetisi dalam mempertimbangkan yang terbaik dalam membantu pelaku bisnis usaha, tentu sesuatu hal yang positif. Jasa agency digital atau creative agency digital pasti mempunyai peranan masing-masing hingga fungsi yang bermanfaat untuk semua bisnis menghadapi industri digital marketing. Sebagai generasi milenial atau gen Z, sebetulnya sudah tak asing di telinga. Bahkan agency Jakarta menjadi salah satu layanan tujuan dari pebisnis dengan berbagai alasan yang beragam.
Ada beragam perbedaan nama dari jasa agency digital ini memang dibutuhkan banyak perencanaan, strategi, proses akurat dalam menjalankannya. Skill dan kapabilitas tentu menjadi alasan kuat dalam menawarkan jasa agency digital. Selain itu, perbedaan fungsi kepada jasa agency digital atau creative agency digital yang sering didengar untuk sebuah bisnis, akan kami jelaskan jenis-jenis dan fungsinya di artikel ini. Jadi, jangan di skip, agar Anda tidak salah pilih jasa agency digital marketing!
Jenis-Jenis Digital Agency dan Fungsinya
Apa sih yang dikerjakan berbagai jasa agency digital maupun creative agency digital? Begitu pun dengan fungsinya? Mungkin sebagian pebisnis maupun awam akan merasa bingung ketika menghadapi sebuah perbedaan layanan ini. Karena semakin banyak agency digital Jakarta di luar sana yang menyebut diri sebagai agency digital atau creative agency digital atau sejumlah istilah lainnya. Lalu bagaimana untuk mengetahui jenis-jenis dan fungsi yang cocok untuk bisnis secara spesifik? Berikut ulasan paling tepat untuk dipelajari secara umum yang digunakan oleh jasa agency digital Jakarta termasuk fungsi dan layanan yang ditawarkan.
Creative Agency Digital
Creative agency digital menjadi salah satu jasa agency digital yang dilakukan oleh perorangan maupun perusahaan yang bergerak di bidang strategi kreatif digital marketing, mulai dari brainstorming ide sampai menjadi eksekutor. Biasanya creative agency digital Jakarta juga sering disebut sebagai digital marketing agency—kesamaan fungsi dari sisi kreatif dan sisi peningkatan performa sebuah bisnis.
Bila melihat kondisi pelaku bisnis saat ini, peran creative agency digital semakin berkembang, oleh karena itu beberapa jenisnya yang bisa Anda kenali, diantaranya adalah Advertising Agency Digital, Design Agency Digital, Interaktif Agency Digital, dan Consulting Agency Digital. Meski terkadang jenis-jenis tersebut pada dasarnya bisa ditemukan dalam satu layanan agency saja, seiring berkembangnya teknologi digital media, sehingga memiliki layanan bernama full service.
Adapun hal-hal yang dilakukan oleh jasa creative agency digital sebagai berikut:
- Digital strategy—sebagai jasa creative agency digital yang dilakukan dalam membantu klien membuat strategi untuk mencapai target marketing.
- Creative design—layanan yang membantu dalam menerapkan ide kreatif, visual kreatif hingga menentukan sebuah campaign target.
- Amplify—layanan creative digital agency melalui proses atau tahapan strategi digital dengan fitur digital advertising.
- Listening dan Engagement—pelayanan dengan penuh tanggung jawab terhadap klien, biasanya mereka mendengarkan kebutuhan klien adalah langkah strategi yang akurat, serta terus menjaga komitmen dalam bekerja sama.
Marketing Agency Digital
Jasa ini termasuk dalam jenis yang memiliki beberapa kegiatan dalam melakukan penyusunan strategi marketing sukses. Dalam menyusun strategi, selain memiliki waktu yang cukup ini, dilakukan oleh profesional dan berkesinambungan. Selain itu, marketing agency digital juga membantu bisnis melakukan riset pasar sampai mendapatkan unique selling point dari produk bisnis, sehingga dapat menembus pasar secara luas.
Lebih jauh, jasa marketing agency digital profesional akan membantu bisnis Anda dengan cara berkonsultasi penuh terhadap ‘maintenance’ yang terarah. Dengan begitu, bisnis akan tetap produktif selama diterapkan oleh jasa profesional satu ini.
Berikut jenis-jenis strategi marketing agency digital dan fungsinya.
Tradisional Marketing Agency Digital
Ketika bisnis ingin berjalan maksimal dengan tradisional marketing agency, tentu strateginya adalah memiliki media konvensional yang dapat meningkatkan pemasaran iklan melalui kartu nama, iklan cetak, majalah, poster, hingga siaran televisi dan radio.
Tools Media Digital Marketing
Hampir selaras dengan teknik tradisional marketing, layanan tools media digital bisa melalui mesin pencari organik atau iklan berbayar di situs social media, blog, dll. Beberapa jenis saluran digital marketing yang meliputi tools media digital, diantaranya Jejaring Sosial (Instagram, Facebook, Twitter, Tiktok, dll), Content Marketing, Situs Web, Afiliasi Marketing, Email Marketing, PPC, dan SEM.
Full-Service Marketing
Keuntungan bekerja sama dengan full-service digital marketing agency tentu bisnis akan mendapatkan seluruh proses marketing yang diimplementasikan secara eksklusif. Mulai dari pengembangan website, social media, SEO, sampai aset digital lain seperti inbound, advertising, SEM, dan sebagainya.
Specialized Marketing
Jenis layanan dari marketing agency digital yang berfokus pada pengembangan aset perusahaan. Dengan kata lain bisnis yang membutuhkan campaign digital marketing dengan spesifikasi tertentu dengan specialized atau solusi yang tepat.
Beberapa contoh jenis specialized marketing yang tepat untuk fokus kepada layanan experience customer bisnis, meliputi create website, SEO, SMM, brand design, graphic design, digital product, photo and video production, server and cloud management.
Advertising Agency Digital
Layanan advertising agency digital menawarkan fokus untuk beriklan digital. Ada dua macam jenis iklan digital dari advertising agency digital SEM dan Social Media. Untuk lebih jelasnya, mari mengenal ragam jenis advertising agency digital sebagai berikut;
- Native ads—iklan yang selaras display ads, namun lebih strategis dalam penempatannya. Sehingga dapat menjangkau segmen atau target market yang ditentukan.
- Display ads—layanan yang menawarkan beragam jenis pilihan iklan dengan pertimbangan efektivitas.
- SEM—layanan iklan yang dilakukan pada mesin pencarian dengan mengandalkan PPC atau yang berbasis SEO agar sebuah website bisnis bisa masuk ke halaman pertama pencarian.
- Social media ads—layanan pemasangan iklan melalui social media platform yang paling populer saat ini. Paid ads di dalam social media sendiri sama dengan native ads, ditujukan untuk segmen tertentu.
- Email marketing—biasanya layanan ini juga berbentuk iklan melalui pesan yang dikirim dengan bentuk promosi.
Branding agency digital
Jasa ini lebih dari sekadar perusahaan yang menghasilkan materi pemasaran untuk bisnis Anda. Namun, lebih tepatnya membantu bisnis Anda dengan memberi saran tepat tentang strategi branding, campaign hingga membangun budaya bisnis Anda.
Ada beberapa beragam jenis layanan yang tersedia dalam branding agency, tentu tidak semua branding agency mampu melakukan semua kebutuhan Anda. Oleh karena itu, penting untuk Anda memutuskan jenis layanan sebelum memilih branding agency yang sesuai. Beberapa jasa branding agency digital yang tersedia sejauh ini, yaitu;
- Layanan Social Media Branding—layanan branding yang memiliki tim ahli spesialisasi dalam memaksimalkan jangkauan dan dampak bisnis Anda via platform social media.
- Layanan Brand Guidelines—layanan brand guidelines dapat memberi panduan tentang kewajiban menyertakan identitas dan brand perusahaan atau bisnis.
- Layanan Brand Voice—layanan yang dapat membantu bisnis Anda untuk mengidentifikasi suara brand yang unik dan menangkap reaksi customer untuk memberikan umpan balik.
- Layanan Brand Positioning—layanan dalam menentukan positioning dengan memberi pandangan komprehensif tentang kompetisi bisnis dan posisi di masa depan.
- Layanan Brand Messaging—layanan brand messaging membantu membuat konten yang relevan dengan audiens, membangun citra brand dan meningkatkan brand awareness marketing.
- Layanan Brand Identity—menawarkan berbagai layanan termasuk desain situs web, materi marketing, hingga desain logo.
Public Relation
Layanan ini melibatkan cara mendapatkan backlink berkualitas tinggi terhadap sebuah situs web dan media online bisnis online. Ini dapat membantu bisnis Anda menjangkau target pelanggan dengan menampilkan bisnis di situs web supaya suka membaca, mendengar podcast, dan menggunakan social media yang disukai.
Strategi jenis public relations digital memang berfokus pada penerbitan artikel dan performance backlink yang relevan. Ada beberapa cara yang berbeda yang dapat mereka implementasikan agar bisnis Anda berkembang. Berikut 8 jenis strategi PR Digital yang paling populer;
- Sharing dan Infografis
- Pers Offline yang bertujuan mendapatkan liputan online
- Program afiliasi dengan membayar komisi kepada blogger
- Influencer marketing untuk di-mention
- Jangkau blogger untuk mendapatkan backlink dan mention yang relevan
- Mempublikasi siaran pers dan himpun konten news
- Bangun networking dengan jurnalis dan editor untuk mendapat backlink
- Mempublikasi artikel secara daring untuk mendapat backlink berkualitas
Nah, itulah beragam jenis jasa digital agency dengan nama yang berbeda, tujuan, dan jenisnya. Oleh karena itu, untuk kepentingan yang tepat terhadap tujuan bisnis Anda, bisa langsung konsultasikan semua jenis layanan di atas bersama integrated digital agency, IDEOWORKS. Yap, sebagai salah satu agency digital Jakarta yang memiliki layanan lengkap dan menyeluruh, IDEOWORKS dapat membantu memahami bisnis Anda dengan berbagai strategi marketing digital sukses dengan tujuan dan hasil mendekati 100%. Anda tidak perlu khawatir, IDEOWORKS dapat menjadi partner yang tepat dan humble untuk Anda.