Selamat tahun baru 2022! Pergantian tahun baru seperti ini bagi para marketer dan pekerja kreatif menandakan salah satu hal yang paling ditunggu: Pantone Colour of the Year. Penentuan warna yang dikeluarkan setiap tahun ini menjadi salah satu event yang ditunggu, karena dapat menentukan arah dan warna dari kegiatan marketing dan digital marketing sepanjang tahun. Nama dari Pantone Colour of the Year 2022 adalah Very Peri. Tapi apa sebenarnya Pantone Colour of the Year itu? IDEOWORKS.id akan menjelaskannya untuk Anda di bawah ini.
Apa Itu Pantone Colour of the Year?
Pantone adalah salah satu perusahaan cat terbesar di dunia. Pantone juga menjadi pionir yang menciptakan Pantone Colour System, sistem pencocokan warna paling penting di dunia. Sistem ini diciptakan pada 1963 untuk memecahkan masalah pencocokan warna yang rumit dalam industri percetakan. Pantone menjadi sistem termudah dan tercepat untuk mengklasifikasikan, mengomunikasikan, dan mencocokkan warna dengan menggunakan katalog warna. Setiap warna dalam setiap tone warna, diberi nomor untuk mengklasifikasikannya. Sistem ini telah menjadi sistem pencocokan warna yang digunakan oleh berbagai macam industri, termasuk desain, tekstil, bahkan plastik.
Pada tahun 2000, Pantone Colour Institute menciptakan Pantone Colour of the Year sebagai sebuah konsep trendsetting untuk branding, marketing, dan komunitas kreatif secara keseluruhan. Pengenalan Pantone of the Year memperkuat eksistensi Pantone Colour Institute sebagai pelopor untuk semua hal yang berhubungan dengan warna.
Tahun 2022 menjadi tahun pertama di mana sebuah warna diciptakan khusus untuk acara ini sebagai bentuk perayaan untuk bagaimana cara hidup kita berubah dengan pandemi dan bagaimana kreativitas berkembang ke tingkat yang lebih tinggi. Sebelumnya, semua warna Pantone Colour of the Year dipilih dari warna yang sudah ada di dalam Pantone Colour System.[nextpage title=” “]
Pengaruh Pantone Colour of the Year dengan Tren Marketing dan Branding
Pantone Colour Institute mempelajari tren warna sepanjang tahun untuk memutuskan Pantone Colour of the Year di tahun berikutnya. Mereka mempertimbangkan semua aspek dalam masyarakat, seperti mode, marketing, social media branding, bahkan politik. Warna yang terpilih menjadi semakin berpengaruh di dunia desain dan brand marketing. Ratusan brand merancang produk dengan Pantone Colour of the Year, dan ini membuktikan betapa penting dan berpengaruhnya warna Pantone.
Penelitian tren warna yang ekstensif oleh tim Pantone menghemat banyak waktu riset marketing untuk bisnis Anda sendiri. Saat warna baru diumumkan pada bulan Desember, Anda harus melihat bagaimana warna tersebut dapat dimasukkan ke dalam brand Anda. Warna Very Peri ini menurut penjelasan Pantone adalah warna baru Pantone yang kehadirannya berani mendorong invensi dan kreativitas pribadi.
Anda dapat menggunakan warna ini untuk menyampaikan pesan yang dapat diasosiasikan dengan makna dari warna ini. Contohnya, Anda ingin dinilai sebagai perusahaan yang kreatif dalam social media branding Anda, maka gunakanlah warna ini menjadi salah satu warna social media campaign Anda. Pasangkan juga dengan quote yang berisi pesan yang Anda ingin sampaikan, sehingga pesan yang disampaikan dalam social media branding Anda lebih efektif tersampaikan.
Nah, mungkin setelah Anda melihat warna baru ini, Anda ingin menggunakannya namun tidak tahu bagaimana caranya? Jangan khawatir, IDEOWORKS.id siap membantu Anda. IDEOWORKS.id adalah salah satu digital agency yang handal dalam menjalankan social media branding, tak terkecuali dengan menggunakan Pantone Colour of the Year seperti ini. IDEOWORKS.id memiliki berbagai pengalaman dalam social media branding sehingga Anda dapat mempercayakan kegiatan social media branding Anda kepada IDEOWORKS.id. Jadi, tunggu apa lagi? Segera hubungi IDEOWORKS.id dan mari jalankan social media branding Anda menggunakan Pantone Colour of the Year 2022!