Preloader
Content Marketing

Pahami 5 Tren Content Marketing Di Tahun Baru 2022

Tahun 2020 merupakan tahun di mana semua kegiatan sehari-hari berubah. Munculnya pandemi COVID-19 yang masih kita rasakan sampai sekarang memberikan dampak besar terhadap semua kegiatan, termasuk kegiatan marketing. Namun, seiring berjalannya waktu dan pergantian tahun ke 2021, dunia marketing justru membuka peluang besar bagi marketing tradisional untuk mantap beralih ke digital marketing, tidak terkecuali untuk content marketing.

Content marketing, terkhusus digital content marketing, berhasil menggapai peluang besar dan telah membantu beragam macam bisnis di berbagai industri untuk bangkit kembali, dan content marketing melakukannya dengan sangat kreatif dan menarik.

Nah, memasuki tahun 2022, tentunya akan ada tren-tren baru maupun tren yang akan menjadi populer di tahun ini, dan sebagai pelaku bisnis, Anda tidak boleh melewatkan tren-tren ini. Apa saja tren tersebut? IDEOWORKS.id akan memaparkannya untuk Anda.

[irp]

5 Tren yang Harus Diperhatikan

Perencanaan, pembuatan, dan pendistribusian konten yang berharga dan relevan dapat membantu Anda berinteraksi dan membangun hubungan dengan target pasar Anda. Sangat penting untuk mengetahui siapa klien Anda: masalah, perilaku, dan kebutuhan mereka. Melalui content marketing, Anda dapat menumbuhkan consumer experience yang positif dengan membimbing mereka melalui setiap langkah perjalanan pembelian mereka.

  • Kembangkan strategi yang bertujuan untuk mempertahankan pelanggan Anda.

Sebuah strategi content marketing bisa sangat sukses jika memiliki kualitas baik dan dijalankan dengan bear. Jangan berpikir untuk hanya membuat konten yang bertujuan menarik klien potensial, namun fokus juga untuk membuat konten untuk mempertahankan pelanggan yang sudah Anda miliki saat ini. Mempertahankan pelanggan lebih “murah” dibandingkan menarik pelanggan baru. Perbarui website Anda dan kembangkan consumer experience yang menyenangkan sehingga mereka akan terus kembali ke website Anda.

  • Jangan lupa memanfaatkan data dan artificial intelligence.

Manfaatkan dengan baik teknologi untuk memproses data. Ini akan memudahkan Anda untuk mengambil keputusan saat membuat konten baru. Kegunaan database sudah menjadi kewajiban, karena akan membantu Anda mendapatkan customer experience yang lebih baik dan personalized service untuk klien Anda. Tentunya, Anda harus mengetahui apa yang klien Anda cari, serta data operasi bisnis Anda, misalnya jenis blog post apa yang akan Anda buat, di channel mana Anda akan membagikannya dan dalam jenis format apa, ini dalam urutan untuk mengikat strategi Anda dengan kebutuhan dan minat Anda.[nextpage title=” “]

  • Buat sebuah podcast.

Tahun 2020 dan 2021 adalah titik balik untuk komunikasi brand-client atau brand-potential client karena pandemi. Tak hanya terjadinya peningkatan pengguna media digital, tapi juga perubahan format. Podcast telah berfungsi menjadi media content marketing yang memfasilitasi konten yang mendidik dan fun. Sebagai ahli strategi content marketing, ini akan membantu Anda berbagi cerita dan membuat produk dan layanan Anda diperhatikan dengan cara yang sangat halus. Anda dapat memanfaatkan social network Anda untuk mempromosikannya dan ini pada saat yang sama akan membantu Anda menarik follower. Apa yang tidak bisa kamu terjemahkan ke dalam teks, pasti bisa kamu lakukan melalui podcast.

  • Optimalkan SEO Anda.

Konsistensi dalam search engine optimization (SEO) sangat penting untuk content marketing. Konten yang unik, kreatif, dan orisinal terdaftar di search engine lebih cepat dan berperingkat lebih tinggi daripada konten berulang dan bernilai rendah. Pengguna search engine tidak pernah melewati halaman pertama hasil pencarian. Calon pengunjung tidak akan melihat konten Anda jika tidak muncul di halaman pertama. Oleh karena itu, mengoptimalkan konten Anda sangat penting. Hasilkan konten yang persuasif, bermanfaat, berharga, dan kemaslah dengan menarik. Cobalah untuk memecahkan masalah bagi pelanggan Anda di mana produk atau layanan Anda dapat membantu. Jangan lupa untuk menggunakan keyword untuk mengoptimalkan konten Anda di search engine.

[irp]

  • Personalisasi konten Anda.

Konten yang dipersonalisasi khusus untuk pelanggan Anda adalah inti dari customer experience yang hebat. Selain itu, ini membantu membangun kepercayaan dan meningkatkan short dan long-term return of investment sepanjang perjalanan customer. Ini juga membantu Anda meningkatkan brand positioning Anda. Memiliki personalized content untuk pelanggan Anda membuat mereka merasakan betapa spesialnya mereka untuk brand Anda.

Pandemi COVID-19 masih hadir di antara kita, namun dengan berkembangnya dunia content marketing, bisnis Anda dapat berjalan seperti sebelumnya, dan justru Anda akan mengurangi pengeluaran yang tidak perlu untuk biaya marketing tradisional. Adanya digital content marketing membuat semua kegiatan content marketing Anda dapat dilakukan dari rumah.

Begitu pula dengan kegiatan content marketing dari IDEOWORKS.id. Sebagai sebuah agency yang ahli dalam content marketing, Anda akan secara konsisten diperbarui dengan informasi-informasi tren terbaru dalam content marketing, dan tentunya dapat langsung diaplikasikan secara tepat sasaran oleh tim profesional dari IDEOWORKS.id agar Anda tidak ketinggalan tren terbaru. Tunggu apa lagi, segera hubungi IDEOWORKS.id untuk memulai content marketing Anda!

Let’s talk about your brand