Preloader
Cara Manfaatkan Cross-Promotion Partnerships untuk Online Marketing

Cara Manfaatkan Cross-Promotion Partnerships untuk Online Marketing

Mengatur biaya marketing menjadi lebih hemat untuk hasilkan lebih banyak pelanggan bukan hal yang tidak mungkin. Ketika Anda terdesak dengan kepentingan bisnis lainnya, usaha melalui pemasaran lintas promosi atau strategi cross-promotion jadi langkah yang tepat.

Cross-promotion adalah ketika brand saling bekerja sama untuk memasarkan satu sama lain ke pelanggan. Karena ketika bergabung dengan orang-orang kredibel lain yang juga mencapai target pasar Anda, Anda dapat menjangkau pelanggan Anda lebih efisien, kredibel, dan mudah diingat dengan penawaran dan layanan yang tepat.

Cross-promotion digunakan untuk bisa menonjol dari persaingan pasar periklanan yang ramai, di mana bisnis, organisasi nirlaba, dan lembaga pemerintah dengan antusias mengadopsi pendekatan ini untuk “mengeluarkan pasar” dari pesaing yang lebih besar.

Cross-promotion juga termasuk penawaran “bundel”, penampilan dan acara media bersama, dan pemasaran yang berhubungan dengan penyebab yang tidak konvensional. Ini juga dapat mencakup buklet cara kerja dan video yang diproduksi secara kolaboratif, co-branding, iklan co-op, dan shared space.

Cross-promotion memiliki potensi untuk hasil pemasaran yang besar karena mitra dapat berhasil berkembang melalui basis pelanggan masing-masing. Strategi ini juga merupakan cara yang bagus untuk memotong biaya pemasaran dengan berbagi di antara mitra.

Keuntungan Cross Promotion

Berikut adalah keuntungan cross promotion di mana salah satunya meliputi efektivitas biaya, hal yang paling dicari bagi bisnis yang jenuh dan terdesak. Berikut beberapa keuntungannya:

1. Win win solution

Kedua belah pihak mendapat manfaat dari upaya promosi silang. Sebagai contoh, seorang blogger dapat mengambil manfaat dari konten segar, sementara mitra memperoleh paparan dari audiens yang lebih luas. Atau, dua bisnis yang menjual produk terkait, tetapi produk yang tidak kompetitif keduanya dapat mendatangkan lebih banyak penjualan dengan menjangkau pemirsa yang tumpang tindih.

2. Efektivitas biaya

Cross promotion dapat menjadi cara yang terjangkau bagi bisnis untuk mendapatkan lebih banyak daya tarik, karena biasanya memerlukan investasi keuangan yang lebih sedikit daripada metode pemasaran tradisional. Misalnya, biaya iklan bersama dapat dibagi antar pihak. Dalam beberapa kasus, benar-benar tidak ada biaya tambahan sama sekali.

3. Peningkatan ekuitas brand

Dengan bermitra dengan nama yang lebih besar atau brand terkenal, Anda mengasosiasikan brand Anda dengan brand mereka, menyerap sebagian dari reputasi mereka dan meningkatkan ekuitas brand Anda sendiri.

Manfaat SEO. Backlinks dan traffic dari situs mitra Anda dan pos media sosial dapat berdampak positif pada peringkat mesin pencari Anda, terutama jika Anda bermitra dengan bisnis yang lebih menonjol.

Mengintegrasikannya dalam online marketing

Pemasaran dengan pendekatan cross-promotion di era ini akan lebih efisien jika diintegrasikan dalam platform digital, seperti sosial media. Ada banyak alat, teknik, dan jejaring sosial yang dapat Anda gunakan untuk meningkatkan dan memperluas produk atau layanan Anda secara online.

Berikut ini Anda bisa menemukan tiga cara untuk melakukan cross-promotion bagi bisnis Anda yang diintegrasikan secara digital.

1. Bermitra dengan brand yang bukan pesaing

Berkolaborasi dengan brand yang bukan pesaing adalah cara yang bagus untuk memperluas bisnis Anda ke pasar baru. Di antara mitra ideal yang harus dicari adalah:

– Influencer

– Bisnis Lokal

– Bisnis di luar niche Anda saat ini

– Organisasi nirlaba

Sebelum membuat posting Anda, Anda dan mitra Anda harus membahas sifat konten, tone, dan uraiannya sehingga relevan dengan pasar masing-masing.

2. Posting media sosial cross promotion

Media sosial adalah alat pemasaran online yang ampuh dan terbukti mempengaruhi pengambilan keputusan konsumen. Statistik menunjukkan bahwa 46 persen keputusan konsumen untuk menggurui atau membeli produk atau layanan dipengaruhi oleh posting media sosial.

Cross promotion sosial media Anda dapat lebih meningkatkan upaya pemasaran online Anda dengan cara:

– Integrasikan sosial media dengan pemasaran email. Untuk lebih meningkatkan kekuatan sosial media, coba integrasikan dengan strategi pemasaran email Anda. Email sangat efektif karena semua orang membuka kotak masuk mereka setidaknya sekali sehari.

Promosikan posting sosial media terbaru Anda ke newsletter email biasa. Pemasaran email tidak hanya akan meningkatkan jumlah tampilan halaman, tetapi juga berpotensi meningkatkan keterlibatan secara keseluruhan.

– Gunakan situs web atau halaman blog Anda. Jika Anda menggunakan WordPress untuk situs atau halaman blog Anda, plug-in seperti Publicize akan secara otomatis mengirim konten situs web Anda ke jaringan media sosial Anda. Anda juga dapat menyematkan posting media sosial terbaru Anda di sidebar situs web Anda.

Ini cara yang hemat biaya dan sangat efisien untuk meningkatkan lalu lintas masuk ke situs web Anda. CoPromote adalah alat yang berguna untuk promosi silang di media sosial.

3. Cross promotion pemasaran konten

Pemasaran konten menjadi strategi pemasaran online yang semakin populer. Orang-orang online untuk mencari konten yang relevan, segar, dan menarik. Mempromosikan pemasaran konten Anda secara silang adalah cara terbaik untuk memperluas jangkauannya ke pasar baru.

– Tambahkan tautan di dalam konten Anda. Pembuatan tautan adalah strategi sempurna untuk memperkenalkan pasar baru ke konten Anda. Jika Anda menautkan ke situs web, mereka dapat membalas dan menautkan kembali kepada Anda atau membagikan pos Anda di media sosial. Inilah sebabnya mengapa sangat penting untuk memastikan tautan tersebut relevan dengan konten Anda.

– Blog di komunitas lain. Blogging tamu di komunitas terkait adalah cara yang bagus untuk memperkenalkan konten Anda, khususnya ke pasar dan audiens baru. Blogging tamu tidak hanya akan membawa lebih banyak tampilan ke situs Anda, tetapi juga dapat mendorong beberapa audiens baru untuk membagikan konten Anda di jaringan masing-masing.

Banyak ide kreatif yang bisa dimanfaatkan bisnis Anda dalam melakukan pendekatan pemasaran cross-promotion yang cukup efisien, mulai dari yang rendah risiko, tinggi risiko dan jalan terbaik untuk stand out. IDEOWORKS sebagai digital marketing agency mampu mendampingi Anda dalam memberikan strategi terbaik untuk mencapai tujuan bisnis dengan memberikan pola pikir kreatif berbasis data.

Let’s talk about your brand