Preloader
membangun reputasi digital

Cara Membangun Reputasi Digital yang Positif

Internet dan sosial media saat ini menjadi standar baru yang punya pengaruh besar bagi sebuah bisnis atau brand. Saat ini bisa dikatakan jika reputasi brand di dunia maya atau reputasi digital menjadi krusial hingga bisa disebut sebagai penentu keberhasilan. Lantaran hal ini, banyak kemudian kemudian berkembang jasa digital advertising Indonesia yang menawarkan bantuan kepada brand ataupun bisnis untuk bisa mempunyai reputasi yang positif di dunia digital.

Membangun reputasi digital yang positif saat ini sudah menjadi sebuah kewajiban. Review atau testimoni, konten audio, visual maupun teks menjadi faktor penting untuk bisa membangun reputasi di dunia digital saat ini. 

Review adalah feedback dari konsumen yang memegang peran penting untuk membentuk reputasi positif. Karena sebagus apapun produk yang dihasilkan akan menjadi sulit untuk dijual jika tidak mendapat review atau feedback positif dari konsumen yang pernah menggunakan. Review atau testimoni dari konsumen lainnya juga menjadi kunci untuk bisa mempengaruhi konsumen lainnya. Dengan begitu jelas jika banyak review positif bisa meningkatkan kepercayaan mereka terhadap suatu produk tersebut dan meningkatkan keinginan mereka untuk melakukan pembelian, terlebih di era sekarang ketika jual beli sudah banyak dilakukan via online. Lantas bagaimana agar bisa mendapatkan review yang positif dan membangun reputasi digital yang positif di masyarakat? Caranya cukup mudah.

  • Jujur

Anda harus selalu jujur saat menjual produk dan jasa. Deskripsikan produk secara jelas sesuai dengan barang yang dikirim ke pelanggan, hal ini dilakukan untuk meminimalisir review negatif tentang produk yang dijual. 

  • Feedback

Sangat penting untuk meminta konsumen memberikan feedback mereka. Jika Anda berhasil membujuk untuk meninggalkan komentar review tentang produk Anda, kemungkinan besar produk Anda untuk berada di pencarian atas dan direkomendasikan ke banyak orang lebih besar. Karena orang-orang tentu akan memilih toko yang memiliki review positif dari para pelanggannya. Meskipun ada beberapa komentar negatif, jika review positif lebih banyak yang didapatkan maka Anda masih memiliki reputasi digital yang baik. 

  • Customer Service 

Anda harus bisa menangani komentar negatif yang diberikan. Jika menerima komentar atau review yang buruk pastikan untuk menanganinya dengan bijak. Jika memang ada kesalahan produk, bisa usulkan untuk perbaikan atau pengembalian produk. Jika Anda tidak menerima pengembalian produk bisa jelaskan secara baik-baik bahwa semua barang yang dijual sudah melalui proses quality control sehingga jika ada kesalahan mungkin hal itu di luar kewenangan Anda.

Atau jika memungkinkan Anda bisa menggunakan jasa digital advertising indonesia sebagai customer service atau sebagai seseorang yang akan membantu Anda menangani para konsumen yang memberikan review buruk agar permasalahan mereka terselesaikan dan membujuk mereka untuk mengubah review mereka menjadi review positif setelah masalah terselesaikan. 

Pastikan untuk tidak memperkeruh suasana dengan tidak memberikan tanggapan terhadap review buruk atau memberikan jawaban yang buruk, seperti menyalahkan pelanggan atas review buruk mereka. Karena hal itu bisa memperburuk reputasi Anda. 

  • Gunakan Jasa profesional

Langkah penting lainnya adalah, Anda harus membangun reputasi digital yang baik. Anda bisa menggunakan jasa profesional digital advertising Indonesia dalam mengurus hal branding atau rebranding bisnis, Anda bisa meningkatkan reputasi sekaligus mempromosikan bisnis melalui digital marketing. Ada banyak hal yang harus dilakukan, mulai dari memanage Google My Business untuk meningkatkan popularity dan memantau performa bisnis di Google search engine. Selain Google, Anda juga bisa memanage performa bisnis dan reputasi di Yelp, Facebook, Instagram, Twitter, e-commerce, BBB, Bing Place, dan masih banyak lagi tergantung bisnis Anda bergerak di bidang apa. 

  • Website

Buat website yang memudahkan banyak pelanggan bisa melakukan transaksi dan meninggalkan review di sana. Seperti yang dikatakan sebelumnya, testimoni dari pelanggan sangat penting untuk meningkatkan kepercayaan kepada calon pelanggan baru. Jangan lupa, jika membuat website, atau menjual produk, deskripsikan secara rinci tentang perusahaan Anda. Bergerak di bisnis apa, penjelasan produk atau jasa yang dijual secara rinci, berikut harganya. 

  • Engagement dengan Konsumen

Langkah penting selanjutnya dalam menjaga reputasi online Anda adalah dengan membangun hubungan yang baik dengan konsumen. Adanya customer service sangat berperan besar dalam memuaskan pelanggan. Bisa menjawab pertanyaan dan memberikan bantuan kepada pelanggan mampu meningkatkan keinginan pelanggan untuk bertransaksi dan melakukan transaksi selanjutnya. Pastikan untuk selalu meminta feedback sebelum transaksi selesai dilakukan. 

Untuk membangun reputasi digital yang positif bisa Anda percayakan pada IDEOWORKS. Kami sebagai digital agency Jakarta siap menjadi mitra bagi Anda dan perusahaan demi memenuhi setiap aspek kebutuhan pemasaran yang diperlukan agar performa perusahaan melaju dengan pesat. 

Let’s talk about your brand