Teknologi bernama internet tidak hanya memudahkan pengguna awam mengakses berbagai informasi yang mereka inginkan dalam hitungan detik. Bagi perusahaan, keberadaan internet juga menjadi media promosi gratis dimana mereka bisa memasarkan bisnis secara global. Sayangnya, kemudahan tersebut seringkali saat melenakan dan membuat para pengusaha lupa akan satu ilmu krusial, yaitu mempelajari pentingnya integrated marketing secara global dari sudut pandang lokal.
Padahal pengetahuan mengenai integrated marketing global dan lokal dapat menjadi game changer yang membuat bisnis Anda menjadi lebih mudah diterima oleh warga lokal yang ada di negara-negara target. Lalu, hal apa sajakah yang perlu Anda ketahui? Simak ulasan lengkapnya berikut.
Perbedaan Pemasaran Global dan Lokal
Sebelum mencari tahu lebih dalam mengenai integrasi antara pemasaran global dan lokal, ada baiknya Anda mengetahui terlebih dulu mengenai definisi dan hal-hal yang membedakan antara keduanya:
Pemasaran Global
Pemasaran dengan target kalangan masyarakat global, dan umumnya disampaikan dalam bentuk bahasa Inggris yang menjadi bahasa sekunder dari mayoritas negara. Pemasaran global bertujuan untuk meningkatkan brand awareness masyarakat global terhadap bisnis dan jasa yang Anda tawarkan.
Pemasaran Lokal
Pemasaran dengan target yang lebih sempit di sebuah kawasan atau negara tertentu. Penyampaian material disampaikan menggunakan bahasa lokal yang digunakan warga setempat. Tujuan dari pemasaran ini adalah untuk memperkenalkan maupun meningkatkan penjualan dari produk atau layanan di negara tersebut. Untuk memaksimalkan strategi pemasaran ini, Anda akan sangat membutuhkan bantuan dari penerjemah lokal yang familier dengan kebiasaan dan kebudayaan masyarakat setempat.
Mengapa Pemasaran Lokal Lebih Berdampak Dibandingkan Pemasaran Global?
Strategi pemasaran global atau global marketing memang terlihat lebih baik, karena jangkauannya yang sangat luas. Tetapi, Anda perlu tahu bahwa sebanyak 62% konsumen internasional tergolong sangat jarang mengakses website dengan Bahasa Inggris sebagai bahasa utamanya. Hal ini terlepas dari kemampuan mereka dalam memahami maupun menggunakan bahasa tersebut dalam kehidupan sehari-hari.
Lebih lanjut, hasil survey CSA Research menunjukkan bahwa 30% dari 3.002 orang responden mengaku tidak pernah berbelanja di situs berbahasa Inggris, sedangkan sisanya berjumlah 29% hanya sesekali berbelanja di situs tersebut. Hal ini menunjukkan bahwa sebagian besar orang masih lebih nyaman menikmati konten maupun berbelanja di dalam situs dengan bahasa mereka sendiri.
Alhasil, salah satu cara paling efektif untuk meningkatkan local engagement adalah dengan menerjemahkan bahasa dari situs induk ke bahasa lokal. Buatlah landing page dengan konten yang sudah sepenuhnya menggunakan bahasa dan istilah lokal. Cara ini tidak hanya efektif untuk menarik lebih banyak pengunjung namun juga meningkatkan angka penjualan.
Anda mungkin memang harus mengeluarkan biaya yang ekstra untuk membayar jasa penerjemahan dan lokalisasi konten. Namun, pengeluaran tersebut bagaikan investasi yang kelak akan membuahkan imbal balik yang lebih besar dan bahkan menutup biaya modal awal.
Cara Mengintegrasikan Global Marketing dengan Local Marketing
Apabila Anda hendak memperluas bisnis ke berbagai daerah maupun negara lainnya, mengintegrasikan antara global marketing dengan pemasaran lokal menjadi suatu hal penting yang wajib Anda kuasai terlebih dulu. Berikut adalah beberapa hal penting yang harus diperhatikan saat mengintegrasikan keduanya:
1. Mengidentifikasi Target Pasar Potensial
Berbeda dari pemasaran global yang berusaha menarik perhatian pengguna internet sebanyak mungkin tanpa memperhatikan latar belakangnya, strategi local marketing jauh lebih detail dan memiliki target konsumen yang spesifik. Untuk mengoptimalkannya, Anda perlu mengetahui terlebih dulu mengenai target pasar potensial yang ingin dijangkau.
Hal ini karena suatu layanan dan produk tertentu yang booming di satu pasar bisa jadi kurang menarik di segmen pasar lainnya. Mengidentifikasi target pasar potensial dapat membantu Anda menghemat biaya anggaran sekaligus memberikan hasil pemasaran yang jauh lebih maksimal.
2. Kenali Target Pasar Anda
Kegagalan perusahaan dalam ekspansi internasional sering kali berakar pada ketidakmampuan mereka untuk memahami nuansa budaya pasar baru. Lebih dari sekadar perbedaan bahasa, ini mencakup pemahaman mendalam tentang nilai-nilai, kebiasaan, dan preferensi konsumen lokal.
Misalnya, simbol atau warna yang dianggap positif di satu budaya bisa jadi memiliki konotasi negatif di budaya lain. Kesalahan dalam menerjemahkan slogan pemasaran, atau bahkan desain produk yang tidak sesuai dengan selera lokal, dapat berakibat fatal. Bahkan, tak menutup kemungkinan hal tersebut dapat berdampak pada pencemaran nama brand secara permanen.
Bagi Anda yang hendak mengintegrasikan pemasaran global dan lokal dan mendapatkan hasil yang efektif, melakukan riset mendalam mengenai target pasar sangat krusial. Cari tahu lebih mendalam mengenai norma sosial dan kebudayaan yang masih diamini oleh target pasar. Jangan ragu-ragu untuk menjalin kerjasama dengan ahli kebudayaan lokal untuk mendapatkan insight yang lebih detail mengenai metode pemasaran yang dapat menggaet minat warga lokal.
3. Bekerjasama dengan Ahli Lokal
Seperti yang sudah diulas di poin sebelumnya, kegagalan dalam memahami latar-belakang kebudayaan dan kebiasaan dari target konsumen lokal dapat berdampak fatal pada strategi Anda. Untuk memastikan pesan Anda tidak hilang dan meminimalisir kesalahpahaman terkait bahasa, bekerjasamalah dengan ahli bahasa lokal. Mereka dapat membantu menerjemahkan konten dan iklan pemasaran Anda ke dalam bahasa lokal dengan melakukan penyesuaian sehingga lebih mudah diterima oleh masyarakat setempat.
4. Lakukan Penerjemahan Jika Diperlukan
Untuk membuat target pasar lokal Anda memahami dan tertarik untuk menggunakan atau membeli produk dari brand Anda, alih bahasa dari bahasa global ke bahasa yang sehari-hari mereka gunakan sangat penting. Untuk itu, Anda bisa menggunakan jasa penerjemahan profesional yang dapat membantu alih bahasa ke bahasa lokal.
Namun, menerjemahkan situs pemasaran memiliki tantangan tersendiri. Karena tidak hanya menerjemahkan dari bahasa sumber ke bahasa tujuan, penerjemah juga harus memiliki kepekaan dalam memahami apa yang diinginkan oleh pembuat iklan sekaligus mampu membaca preferensi dari target konsumen. Selain itu, sang penerjemah juga harus bisa mempertahankan makna slogan yang umumnya seringkali hilang saat proses penerjemahan.
5. Ganti Nama Brand Apabila Dibutuhkan
Dalam kasus tertentu, mau tidak mau Anda harus bersedia mengganti nama brand bisnis Anda. Di dalam strategi pemasaran, nama brand bisa dibilang menjadi ‘muka’ dan citra dari perusahaan Anda.
Nama dari merek tersebut haruslah bisa mencerminkan esensi dan visi-misi perusahaan tanpa mengandung muatan yang dapat mengejutkan atau menyinggung saat diterjemahkan ke bahasa lokal. Nama tersebut juga harus memiliki makna yang merepresentasikan image dari perusahaan.
6. Implementasikan Rencana
Setelah melalui tahap riset dan perencanaan yang matang, saatnya Anda mengimplementasikan strategi pemasaran lokal. Namun, ada baiknya untuk tetap memperhatikan guidelines dan batasan-batasan yang ditetapkan oleh mitra lokalisasi Anda. Proses eksekusi yang tepat dapat memberikan hasil integrasi antara global marketing dan local marketing yang memuaskan.
Maksimalkan Potensi Bisnis dengan Strategi Global Marketing yang Terintegrasi bersama IDEOWORKS
Mengintegrasikan global marketing dengan local marketing memang membutuhkan effort lebih dan tidak main-main. Akan tetapi, jika diterapkan dengan benar, maka hal tersebut bisa menjadi kunci untuk melebarkan sayap bisnis Anda ke pasar yang lebih luas. Jika Anda memerlukan panduan dalam proses ini, IDEOWORKS siap membantu. Sebagai digital agency berpengalaman, Ideoworks telah mendukung pertumbuhan berbagai perusahaan melalui strategi pemasaran yang efektif dan terukur.
Selain membantu Anda menerapkan strategi integrasi global and local marketing yang tepat, IDEOWORKS juga sangat handal dalam menyusun strategi SEO untuk memaksimalkan taktik pemasaran digital Anda. Selain itu, Anda juga bisa menggunakan jasa pembuatan ads untuk platform media sosial sesuai kebutuhan. Hubungi kontak yang tertera untuk memulai kerjasama bersama IDEOWORKS sekarang juga.