Pemasaran konten melalui Instagram atau Instagram content marketing tak perlu diragukan lagi efektivitasnya untuk bisnis. Tentu dengan segudang contoh content marketing di Instagram yang sukses mendapatkan traffic tinggi (popularitas). Istilah ini merujuk pada sebuah aktivitas digital marketing TVC YouTube and content production menggunakan konten kreatif yang dipublikasi melalui platform social media Instagram dapat menarik engagement dari audiens hingga melakukan konversi. Meski tak jauh beda fungsi dengan strategi pemasaran social media lain, contoh content marketing potensial di Instagram memiliki perencanaan dan tujuan yang matang untuk memulainya. Bisnis tidak akan bisa asal posting dalam membuat content marketing sukses pada social media. Butuh skill, ahli, dan referensi untuk mengemas konten berkualitas dipasaran.
Contoh content Instagram berkualitas berawal dari ide cemerlang yang ditentukan sejak awal dengan menggunakan riset data target market. Guna konten yang dipublish lebih berisi dan informatif, marketer juga harus memahami tools serta referensi menarik yang sesuai dengan topik brand bisnis. Konten menarik dan berkualitas memungkinkan dapat menarik pengunjung atau customer potensial secara masif. Mereka akan mengikuti perjalanan brand bisnis menjadi loyalitas dengan ketertarikan terhadap konten produk yang ditawarkan. Sehingga pebisnis dapat menentukan hasil (konversi) terhadap konten produk selama menggunakan referensi atau contoh content marketing di Instagram bisnis.
Bagi kamu pebisnis baru atau yang ingin mencapai keberhasilan dalam mencari referensi konten pemasaran, artikel ini akan mengulas tuntas mengenai hal tersebut. Jangan di skip, baca sampai selesai agar tidak menjadi kendala di kemudian hari, ya.
Pengertian Content Marketing di Instagram
Content marketing di Instagram menjadi sebuah strategi digital marketing dengan basis konten yang relevan dan konsisten sebagai tujuan menarik perhatian audiens. Konten dengan tulisan informatif maupun visual (gambar/video) ini sengaja dibuat agar menciptakan suatu respon dan interaksi dari pengikut bisnis di social media. Namun, di zaman yang sudah maju ini masih saja ada yang menilai bahwa konten yang dimaksud hanya sebatas postingan tanpa memikirkan fungsi dan tujuan yang tepat. Padahal, contoh content Instagram berkualitas memiliki target tertentu yang dapat tercapai bila menempatkan konten tersebut dengan cara yang relevan.
Menurut Neil Patel, content marketing memiliki tujuan dalam membangun relasi atau engagement yang kuat terhadap audiens dalam jangka waktu yang lama. Jadi marketer tidak hanya sekedar membuat konten saja untuk dapat viewers atau traffic tinggi. Melainkan untuk membuat contoh content Instagram berkualitas yang bisa memikat audiens dan menjadikannya calon pembeli loyal.
Contoh content marketing di Instagram bisnis itu harus bisa menciptakan ketertarikan atau perasaan membutuhkan bagi audiens dan membuat mereka melakukan interaksi. Hal ini tentu akan menimbulkan kedekatan emosional dengan konten secara signifikan. Lebih tepatnya ketika audiens tertarik terhadap suatu konten yang ditawarkan, cepat atau lambat mereka akan melakukan peninjauan untuk mencoba menggunakannya (membelinya). Dengan cara content marketing Instagram itulah bisnis akan mendapatkan presentasi efektif terhadap audiens yang tertarik terhadap produk bisnis secara masif atau konsisten.
Karena kunci keberhasilan content marketing Instagram selain konten yang relevan adalah konsisten. Dengan membuat konten secara konsisten membuat audiens menyadari kehadiran brand bisnis dapat melengkapi kebutuhannya. Bahkan, ada yang sampai membuat audiens terus menunggu promosi konten selanjutnya. Di tahap tersebut, tentu strategi brand bisnis menggunakan content marketing Instagram telah berhasil diterapkan.
Kenapa harus Instagram untuk Content Marketing berkualitas?
Banyak pebisnis yang belum memahami potensial Instagram untuk content marketing berkualitas membuat mereka tidak berkembang. Padahal manfaat Instagram untuk bisnis banyak sekali sehingga penting untuk meningkatkan performa penjualan bisnis. Menurut statistik, platform Instagram telah menarik sebesar 32% pengguna berusia 25-34 tahun, 18% berusia 35-44 tahun dan 11% untuk usia 45-54 tahun. Tentu dengan presentasi demografi tersebut menandakan, popularitas Instagram cukup tinggi untuk menjadi sarana digital marketing potensial di dunia.
Selain alasan di atas, tentu upaya memanfaatkan Instagram untuk content marketing berkualitas sangat dibutuhkan oleh pebisnis. Untuk itu pahami keunggulan yang luar biasa dari penggunaan contoh content marketing potensial di Instagram berikut ini.
- Instagram memiliki jangkauan yang luas – Lebih dari 1 miliar akun Instagram aktif per bulan, membuat segala kemungkinan bisnis sukses terjadi dengan menjangkau audiens di segala usia, kondisi, maupun jarak secara signifikan.
- Instagram mampu menganalisis kompetitor – Dengan Instagram tools, marketer dapat mengetahui dan menganalisis tingkat persaingan bisnis yang dijalankan dengan mudah.
- Instagram memiliki konten visual berkualitas – Dengan tidak berfokusnya Instagram dengan penyampaian konten tertulis, Instagram kini menjadi raja bagi bisnis yang menciptakan konten visual kreatif lebih dari yang lainnya.
Referensi/Contoh Content Marketing di Instagram Bisnis
Referensi atau contoh content marketing di Instagram bisnis ini berisikan konten visual pengenalan, penjualan dan branding. Dari ketiga analisis konten bisnis tersebut, marketer dapat mendorong calon customer potensial melakukan transaksi pembelian (konversi). Berikut contoh content marketing potensial di Instagram untuk keuntungan bisnis lebih besar.
Content Marketing Testimonial (Repost)
Banyak ahli telah menyarankan bisnis menggunakan UGC (User Generated Content). Konten jenis ini dipercaya meningkatkan penjualan sekaligus branding. Karena customer dapat menjadi lebih dihargai untuk ikut dalam promosi bisnis. Dengan begitu tingkat kepercayaan customer lebih tinggi untuk brand bisnis, sehingga mendapatkan loyalitas.
Content Marketing Behind the Scenes (Foto atau Video)
Konten behind the scenes telah menjadi favorit bagi sebagai pengguna di Instagram. Banyak dari mereka yang tertarik akan dapur pemasaran di balik layar brand bisnis. Dengan memperlihatkan sedikit aktivitas tersebut, membuat rasa penasaran audiens menjadi perhatian yang membawanya kepada kedekatan emosional untuk menentukan pilihan. Sehingga, bukan tidak mungkin mereka lebih percaya dengan menimbulkan konversi (pembelian) secara langsung.
Content Marketing Tutorial (Foto atau Video)
Selaras dengan konten behind the scenes, contoh content marketing di Instagram dengan tutorial adalah cara menunjukkan rasa simpati audiens secara langsung. Konten jenis foto atau video ini cukup populer di Instagram—karena dapat membantu mereka memahami produk bisnis. Pada kenyataannya, memang audiens menyukai konten yang membuatnya penasaran dengan review suatu produk hingga menimbulkan keinginan untuk membelinya.
Content Marketing Informatif
Umumnya, konten menciptakan suatu informasi yang dibutuhkan untuk mendapatkan respon audiens terhadap produk atau jasa bisnis. Konten jenis informatif ini dapat membuat calon customer bisa mendapatkan informasi tentang berbagai hal, termasuk apa, siapa, dan bagaimana posisi bisnis menjadi solusi bagi mereka yang membutuhkannya. Buatlah berbagai macam konten informasi dari referensi konten di dunia untuk menunjukkan kapasitas brand secara visual seperti infografis. Dengan konten infografis, berbagai informasi padat, singkat dan jelas tanpa basa-basi menjadi ciri khas yang menarik dan membuat audiens tidak akan pernah bosan.
Itulah berbagai referensi atau contoh content marketing potensial di Instagram yang bisa kamu tiru untuk memperluas brand awareness bisa mencapai tujuan. Bila tidak memungkinkan dalam waktu dekat, IDEOWORKS.ID dapat menjadi solusi profesional untuk menciptakan pemasaran TVC YouTube and content production berkualitas. IDEOWORKS.ID memiliki tim yang berpengalaman dalam menghasilkan engagement rate tinggi menunjang upaya content marketing bisnis kamu. Dengan IDEOWORKS.ID, bisnis kamu akan lebih mudah menjalani perencanaan strategi yang tepat dan sesuai dengan karakteristik calon customer.
Baca Juga:
5 Macam Strategi Content Marketing yang Ampuh untuk Tahun 2023