Preloader
Mau Pakai Jasa Pembuatan TVC? Kenali Dulu Jenis & Kelebihannya

Mau Pakai Jasa Pembuatan TVC? Kenali Dulu Jenis & Kelebihannya

Menurut report dari DataReportal, tingkat penetrasi internet di indonesia ada di angka 73,7% pada tahun 2022. Artinya, sekitar 26% atau 73 juta masyarakat Indonesia belum memiliki akses internet atau memilih untuk tidak mengaksesnya. Nah, jika bisnis Anda ingin mencapai orang-orang tersebut, tentu saja caranya dengan kembali ke strategi marketing tradisional. Misalnya saja, Anda bisa mencari jasa pembuatan TVC untuk membuatkan iklan di TV.

Bagi yang belum tahu, TVC adalah singkatan dari television commercial. Jadi, iklan yang dimaksud adalah iklan yang tayang di sela-sela program acara. TVC juga bisa berupa banner digital atau grafik yang muncul di sisi layar saat suatu program sedang berjalan.

Dengan menggunakan layanan jasa pembuatan TVC, Anda dapat mengoptimalkan kampanye marketing yang sedang dijalankan, apalagi jika target audiens Anda adalah masyarakat yang belum memiliki akses internet. Tapi sebelum membahas lebih jauh mengenai kelebihan TVC, mari pelajari TVC dengan lebih dalam. 

Unsur-unsur TVC

Dalam TVC, Anda bisa menemukan tiga unsur utama, yaitu visual, audio, dan unsur pendukung lainnya. Ketiga unsur ini akan dipadu untuk menciptakan iklan televisi yang dapat menarik perhatian penonton serta menyampaikan informasi mengenai produk. Yuk, kita bahas satu per satu:

1. Visual

Unsur visual meliputi warna dan alur cerita. Kedua aspek tersebut sangat berpengaruh dalam membentuk mood penonton. Di sini, Anda sebagai pemilik bisnis perlu menentukan perasaan seperti apa yang seharusnya muncul dalam diri penonton jika melihat TVC Anda. Untuk itu, Anda perlu berkonsultasi dengan agensi jasa pembuatan TVC.

2. Audio

Unsur berikutnya adalah audio. Unsur ini meliputi suara atau narasi, musik, serta jingle. Musik yang dimaksud di sini adalah suara latar dari iklan tersebut untuk mengiringi adegan iklan. Sementara itu, jingle merujuk pada satu kalimat, bait, atau lagu penuh yang dinyanyikan untuk memberikan informasi mengenai produk yang diiklankan.

3. Unsur pendukung

Terakhir adalah unsur pendukung TVC yang umumnya mencakup talent atau aktor dan aktris, properti iklan, setting, grafis, serta pacing. Semua unsur tersebut perlu dipikirkan untuk mendukung iklan yang akan dibuat.

Kelebihan TVC

Ada banyak alasan mengapa bisnis Anda harus tetap mempertimbangkan penggunaan layanan jasa pembuatan TVC dalam strategi marketing bisnis Anda. Apa saja?

1. Jangkauan sangat luas

Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, akses internet di Indonesia belum dimiliki oleh semua penduduk. Oleh karena itu, strategi marketing tradisional seperti penggunaan TVC patut untuk dipertimbangkan. Kelebihan dari TVC dibandingkan dengan strategi digital marketing adalah digital marketing hanya menyasar masyarakat dengan internet, sedangkan TVC dapat menyasar pengguna internet maupun yang tidak menggunakan internet.

2. Adanya intrusion value

Intrusion value merujuk pada bagaimana penonton akan memperhatikan iklan meskipun mereka tidak menginginkannya. Nah, TVC memiliki nilai tersebut karena saat iklan ditayangkan, banyak penonton yang tidak mau ketinggalan program favoritnya. Jadi, mereka terus menonton iklan tersebut hingga program kembali ditayangkan.

3. Kemampuan unik membujuk audiens

Memangnya, bagaimana cara TVC membujuk penonton? Simpel saja. Anda hanya perlu menayangkan iklan di sela-sela program favorit penonton yang menjadi target audiens Anda. Jika Anda terus melakukannya selama beberapa episode, maka secara tidak langsung Anda menanamkan produk Anda di pikiran penonton.

4. Selektivitas dan fleksibilitas

Maksudnya, TVC membebaskan Anda untuk memilih siapa target audiens Anda. Pilihannya bisa berdasarkan program yang ditayangkan, waktu siaran, hingga jangkauan geografis kanal tersebut. Dengan membuat persona yang pas, maka pemilihan slot juga tidak akan sulit.

Jenis-jenis TVC

Sebelum mulai menggunakan jasa pembuatan TVC, Anda harus tahu kalau ada berbagai macam jenis TVC. Memangnya, ada apa saja?

1. Iklan komersial

Jenis pertama adalah iklan komersial. Artinya, iklan ini ditayangkan dengan tujuan untuk keuntungan dalam aspek ekonomi. Misalnya saja seperti iklan yang ditujukan untuk meningkatkan sales dari suatu produk atau jasa.

2. Iklan non-komersial

Selain iklan komersial, ada juga iklan non-komersial. Penayangan iklan jenis ini ditujukan untuk mendapatkan keuntungan dari aspek sosial daripada aspek ekonomi. Maksudnya, iklan dimaksudkan agar masyarakat yang menonton mendapatkan suatu kesadaran diri. Misalnya saja, suatu iklan yang menyuruh penontonnya untuk tidak membuang sampah sembarangan.

3. Iklan layanan masyarakat

Sejenis dengan iklan non-komersial, ada juga iklan layanan masyarakat atau disebut sebagai public service. Iklan ini biasanya dibuat oleh pemerintah atau badan negara lainnya untuk mengedukasi masyarakat mengenai suatu hal. Beberapa iklan layanan masyarakat juga mengajak penontonnya untuk berdonasi dalam rangka mengatasi suatu masalah atau bencana.

Jadi, bisa disimpulkan bahwa penggunaan TVC masih relevan untuk memasarkan produk Anda. Jika Anda bingung dan butuh berkonsultasi lebih lanjut kepada pihak profesional, langsung saja hubungi IDEOWORKS.

IDEOWORKS adalah agensi marketing yang telah berpengalaman membantu ribuan klien. Salah satu pelayanan yang diberikan adalah jasa pembuatan TVC untuk kampanye yang optimal. 

 

Baca Juga:

Kumpulan Ide Kreatif Social Agency buat Konten Youtube Shorts Brand Kamu

Let’s talk about your brand