Articles

11 Oktober 2021

Festival Musik Sebagai Strategi Integrated Marketing Communication

Integrated Marketing Communication

IMC atau integrated marketing communication menjadi salah satu metode yang semakin populer di dalam dunia pemasaran. Meski bukan hal yang baru, namun aktivitas IMC di zaman yang serba canggih sudah berkembang dengan cepat. Implementasinya bisa dilakukan pada berbagai media offline maupun online, terutama digunakan oleh pebisnis dan integrated marketing agency. 

Metode integrated marketing communication sudah digunakan sejak pertengahan tahun 1980-an yang saat itu diperkenalkan oleh Don Schultz dalam bukunya berjudul Integrated Marketing Communication. Integrated marketing communication adalah suatu metode yang digunakan oleh suatu bisnis untuk menyampaikan pesan yang sama pada seluruh media pemasaran.

Tujuan utama dari dilakukannya kegiatan ini adalah agar bisa memengaruhi banyak orang dengan elemen promosi di dalamnya yang mampu menyentuh tingkat kognisi, afeksi, serta konasi.

Best integrated marketing campaigns biasanya menggunakan elemen pemasaran soft sell dan hard sell. Soft sell mencakup advertising, public relation atau PR, corporate social responsibility (CSR), dan interactive marketing dengan tujuan bisa memengaruhi audience pada tingkatan kognisi serta afeksi.

Di sisi lain, hard sell berupa personal selling, direct selling, serta sales promotion digunakan untuk bisa memengaruhi audience pada tingkat konasi.

More Info

CONTACT US

Address

Pejaten Barat 46, Pasar Minggu

Jakarta Selatan 12510 INDONESIA

Email marketing@ideoworks.co.id

Phone/WA +62 812 9000 66150

Back to top