Integrated Marketing Communication
IMC atau integrated marketing communication menjadi salah satu metode yang semakin populer di dalam dunia pemasaran. Meski bukan hal yang baru, namun aktivitas IMC di zaman yang serba canggih sudah berkembang dengan cepat. Implementasinya bisa dilakukan pada berbagai media offline maupun online, terutama digunakan oleh pebisnis dan integrated marketing agency.
Metode integrated marketing communication sudah digunakan sejak pertengahan tahun 1980-an yang saat itu diperkenalkan oleh Don Schultz dalam bukunya berjudul Integrated Marketing Communication. Integrated marketing communication adalah suatu metode yang digunakan oleh suatu bisnis untuk menyampaikan pesan yang sama pada seluruh media pemasaran.
Tujuan utama dari dilakukannya kegiatan ini adalah agar bisa memengaruhi banyak orang dengan elemen promosi di dalamnya yang mampu menyentuh tingkat kognisi, afeksi, serta konasi.
Best integrated marketing campaigns biasanya menggunakan elemen pemasaran soft sell dan hard sell. Soft sell mencakup advertising, public relation atau PR, corporate social responsibility (CSR), dan interactive marketing dengan tujuan bisa memengaruhi audience pada tingkatan kognisi serta afeksi.
Di sisi lain, hard sell berupa personal selling, direct selling, serta sales promotion digunakan untuk bisa memengaruhi audience pada tingkat konasi.
[nextpage title=” “]
Mengapa Mensponsori Festival Musik?
Promosi melalui event dan experience menjadi salah satu jenis dari integrated marketing communication. Misalnya saja suatu brand produk menjadi sponsor pada konser musik atau acara anak muda lainnya.
Brand akan dipromosikan secara halus. Bisa juga menampilkan suatu figur yang menjadi idola masyarakat sebagai brand ambassador dari produk tersebut.
Menjadi sponsor memberikan pengaruh yang luar biasa besar bagi perkembangan bisnis. Tujuan utama sebuah brand menjadi sponsor di acara biasanya untuk keperluan branding.
Namun banyak brand yang melihat adanya potensi untuk mengembangkan bisnis lebih jauh lagi dengan menjadi sponsor. Salah satunya dilakukan oleh perusahaan marketplace Bukalapak yang menjadi sponsor Synchronize Festival beberapa waktu lalu.
Alasan Bukalapak menjadi sponsor acara tersebut karena dianggap memiliki value dan belief yang sesuai dengan visi misi perusahaan, yaitu mendukung Usaha Kecil Menengah (UKM) lokal dan talenta lokal untuk memajukan bangsa.
Bukalapak tidak hanya bukan menjadi sponsor utama, tetapi juga menangani semua ticketing, baik itu online maupun offline. Dari penjualan tiket tersebut, Bukalapak mendapatkan keuntungan dari eksklusivitas penjualan tiket. Bukalapak bisa melihat semua target pasar mereka yang akan hadir pada acara Synchronize Festival dapat terakuisisi dengan baik.
Di sisi lainnya, para calon audience juga bisa merasakan manfaat ketika ingin membeli tiket. Salah satunya, dengan pemanfaatan teknologi digital yang ditawarkan oleh Bukalapak. Audience tidak perlu mengantri karena pembelian tiket bisa dilakukan dari rumah.
Salah satu strategi yang dijalankan oleh Bukalapak secara digital untuk menarik minat audience adalah dengan mengangkat konten-konten yang menggambarkan keseruan event Synchronize Festival di tahun sebelumnya.
Cara lainnya adalah dengan mengumumkan daftar musisi yang akan tampil pada acara tersebut secara bertahap di berbagai channel media sosial. Strategi pemasaran tersebut membuahkan hasil. Tak hanya mendapatkan engagement tinggi dari masyarakat, tetapi juga berhasil meningkatkan conversion rate.
Menjadi sponsor pada festival musik seperti Synchronize Festival terbukti memberikan manfaat tersendiri bagi sebuah brand. Seperti Bukalapak, bekerja sama dengan sebuah festival musik berpotensi mengembangkan bisnis. Promo yang dilakukan oleh Bukalapak selalu disambut baik oleh publik. Kuota tiket per hari juga ludes terjual.
Selain event dan sponsor, ada beberapa jenis integrated marketing communication lainnya. Yaitu, promosi iklan, public relation atau hubungan masyarakat, promosi melalui sales promotion, dan promosi melalui direct selling.
Dengan sejumlah kampanye integrated marketing communication yang telah disebutkan, penggunaan metode ini mampu mengantarkan Anda pada tujuan yang diinginkan. Jika Anda membutuhkan bantuan profesional untuk menangani pemasaran produk atau jasa, jangan segan untuk berkolaborasi dengan Integrated Marketing Agency terpercaya.
IDEOWORKS.id adalah Integrated Marketing Agency berpengalaman dan terpercaya untuk melakukan segala kegiatan pemasaran, mulai dari perencanaan hingga eksekusi project. Dengan jaringan dan kinerja yang mumpuni, kami menyajikan campaign terbaik yang sesuai dengan kebutuhan, brand image, dan goal yang ingin dicapai. Raih pelanggan dengan mudah bersama kami!