Articles

24 September 2021

Ide Konten TikTok yang Menarik untuk Bisnis

Siapa yang tidak mengenal TikTok? TikTok menjadi tren di Indonesia dan hampir secara global di 2020. Menilik data, TikTok menjadi aplikasi non-gaming kedua yang banyak diunduh pada tahun 2019 yakni sebanyak 1,5 miliar kali unduhan di App Store dan Google Play.

Dengan 10 juta pengguna aktif di Indonesia dan 732 juta pengguna aktif di seluruh dunia, menjadikan Tiktok sebagai platform populer yang krusial untuk pelaku bisnis.

Sayangnya, meskipun sadar akan pentingnya TikTok, tidak semua pemain bisnis mengetahui betul cara mengeksekusi dan meraup keuntungan dari platform yang terbilang baru seumur jagung tersebut. Di saat itulah pentingnya social media management Indonesia.

Social media management adalah usaha yang dilakukan untuk membuat akun media sosial, termasuk TikTok tetap sesuai dengan bisnis yang direpresentasikan, sekaligus mampu membawa manfaat dan keuntungan seperti meningkatkan brand awareness, sebagai media praktis untuk berita dan promosi, meningkatkan penjualan, serta mengomunikasikan reputasi.

Di era digital ini, social media management menjadi semakin penting. Para pelaku bisnis dituntut membuat konten yang kreatif agar bisa tetap bersaing dengan para kompetitor.

Social media agency Indonesia yang andal juga bisa mengurus perkara social media management bisnis Anda. Social media agency Jakarta yang berpengalaman dan terpercaya tentu akan memberikan banyak keuntungan bagi bisnis Anda.

Nah, berikut ini ada lima bocoran ide yang bisa Anda gunakan membuat konten untuk bisnis lewat aplikasi TikTok!

Content Challenge

Konten challenge di TikTok menjadi salah satu yang cepat viral saat ini. Konten ini berupa tantangan khusus yang dilakukan oleh para pengguna TikTok. Cara ini bisa digunakan untuk mempromosikan bisnis, misalnya menggunakan salah satu produk dalam challenge tersebut.

Tak harus menggunakan challenge baru, bisa juga melakukan reka ulang atau membuat konten dari challenge yang populer di TikTok, seperti Look at Where You Came From Challenge, Questions I Get Asked A Lot Challenge, atau Running Through the 6 with My Woes Challenge, dan masih banyak lagi. Setelah itu, perlu membubuhkan hashtag populer pada postingan tersebut. Perlu dicatat, pilih hashtag yang relevan, gampang diingat, dan sesuai dengan produk yang ditawarkan.

Berkolaborasi dengan influencer

Instagram dan Facebook merupakan platform yang selama ini dikenal dapat meningkatkan brand awareness dan penjualan bisnis. Namun, TikTok tak kalah efektifnya dengan dua platform pendahulunya itu.

Terdapat sederet strategi yang dapat dilakukan di TikTok, salah satunya dengan menggandeng influencer. Misalnya, membuat konten berkualitas dengan mengajak influencer untuk memberikan review atas produk yang ditawarkan. Namun, sebelum  memilih influencer, ada baiknya melakukan analisis terlebih dahulu audience yang dimiliki oleh influencer tersebut. Hal ini dilakukan untuk memastikan audience influencer tersebut sesuai dengan target pasar bisnis Anda.

Baca Juga  Search Marketing atau Search Engine Marketing, Apa Bedanya?

Manfaatkan Fitur Duet with Me

Fitur ini memungkinkan para pengguna TikTok membuat video dan berkolaborasi dengan pengguna lain, bahkan dari belahan dunia lainnya. Fitur ini bisa dimanfaatkan saat membuat campaign bisnis. Ajak para pengguna TikTok untuk membuat konten duet, disertai dengan kehadiran influencer ternama. Lalu, gunakan kembali hashtag dalam campaign tersebut. Iming-iming hadiah bagi pembuat konten paling kreatif dan menarik juga akan membuat campaign makin sukses.

Membuat Konten Tutorial “How To”

Salah satu faktor yang memengaruhi keputusan konsumen untuk membeli produk adalah ketika mengetahui cara pemakaian produk serta manfaatnya. Dengan begitu, memperkenalkan produk  dengan cara membuat konten video tutorial (How To) yang menunjukkan cara penggunaan produk tersebut serta manfaatnya bagi kehidupan sehari-hari bisa meningkatkan penjualan. Ujung-ujungnya, kinerja bisnis akan ikut terangkat.

Gunakan Efek Video yang Tersedia

Aplikasi TikTok menghadirkan banyak video effect yang dapat dimanfaatkan oleh para pengguna yang ingin berkreasi dalam menghasilkan konten menarik. Fitur ini tentu bisa digunakan untuk bisnis. Ada begitu banyak effect yang tersedia yang bisa digunakan berdasarkan kategorinya, seperti trending, beauty, funny, animal, dan lain sebagainya. TikTok juga menyediakan efek green screen yang saat ini cukup populer digunakan.

Kreativitas menjadi kunci utama dalam menghasilkan sebuah konten di TikTok. Konten yang menarik dan menyenangkan akan mendorong interaksi dan engagement para penggunanya, serta bermanfaat bagi bisnis. Membuat konten TikTok juga perlu mempertimbangkan target pemasaran, mengenali perilaku para pengguna TikTok, serta target konsumen, kemudian ketahui yang sedang dibutuhkan dan  disenangi oleh audience saat ini.

Terasa rumit? Jangan khawatir, saat ini banyak sekali social media agency Indonesia yang menawarkan kemudahan bagi pebisnis agar bisa saling terhubung secara mudah dengan konsumen, melakukan promosi, serta branding dengan baik. Menggaet social media agency Jakarta akan memberikan banyak keuntungan, seperti mengetahui keinginan pelanggan, mengedukasi calon pembeli, meningkatkan minat konsumen, dan mengetahui perkembangan pesaing.

Selain itu, seorang desainer juga akan membuat tampilan konten terlihat rapi dan menarik sehingga akun media sosial bisa mengomunikasikan brand identity bisnis. Banyak juga pilihan advertising agency Jakarta dan design agency Jakarta yang bisa memenuhi kebutuhan bisnis Anda.

Jika brand Anda membutuhkan dukungan dalam memproduksi konten media sosial, kami IDEOWORKS.id adalah partner yang tepat untuk Anda. Sebagai perusahaan social media agency Jakarta, IDEOWORKS.id siap membantu Anda membuat konten-konten yang menarik dan berkualitas.

More Info

CONTACT US

Address

Pejaten Barat 46, Pasar Minggu

Jakarta Selatan 12510 INDONESIA

Email marketing@ideoworks.co.id

Phone/WA +62 812 9000 66150

Back to top