Articles

27 September 2021

Key Opinion Leaders vs Influencers, Mana yang Anda Butuhkan?

Seringkali di media sosial kita mendengar istilah key opinion leaders (KOL) dan influencers. Keduanya berkaitan dengan digital marketing, terlebih dalam social media marketing. Penggunaan key opinion leaders dan influencers seringkali ditemui, dan tak jarang penggunaannya memberikan hasil yang diinginkan, seperti brand awareness, peningkatan sales, dan sebagainya. Bentuknya pun bermacam-macam, bisa berbentuk advertisement, atau kolaborasi. Creative agency Jakarta seringkali menggunakan jasa key opinion leaders dan influencers jika pemilik bisnis ingin menggunakan jasa mereka. Creative agency Jakarta ini lah yang akan membantu Anda menentukan apakah Anda membutuhkan key opinion leaders atau influencers, atau bahkan keduanya.

Namun, sebelum menentukan untuk menggunakan jasa key opinion leaders atau influencers, Anda harus ketahui dulu pengertian dari keduanya. Apa perbedaannya? Mana yang tepat digunakan untuk bisnis Anda?

Key Opinion Leader (KOL)

Key opinion leaders atau KOL adalah adalah anggota komunitas yang saran ahlinya dihormati oleh orang lain di bidangnya. Pemimpin opini kunci memiliki otoritas atau keahlian pada topik tertentu; mereka biasanya memiliki audiens yang ditargetkan khusus untuk market mereka.

Key opinion leaders memiliki pekerjaan harian di bidang keahlian mereka, tidak seperti influencer. Key opinion leaders tidak mencari nafkah atau uang dari mempengaruhi orang lain. Key opinion leaders adalah ahli yang dipercaya di bidangnya karena pencapaian dan pengetahuan profesional mereka, bukan jumlah following mereka.

Key opinion leaders meliputi dokter dan dokter gigi, politisi, akademisi, konsultan profesional, desainer, dan keahlian-keahlian spesifik lainnya. KOL marketing sendiri seringkali digunakan di industri-industri di mana kesuksesan sebuah brand bergantung dari dukungan para ahli. Industri yang biasa menggunakan key opinion leaders adalah bidang kesehatan, seperti farmasi, perangkat kesehatan, dan sebagainya.

Key opinion leaders adalah ahli dalam bidang dan karier mereka. Keahlian profesional itu memberi mereka kredibilitas, keaslian, dan pengaruh ketika mereka mempromosikan sebuah produk atau layanan. Influencer mencari pendapatan dengan memengaruhi orang lain di media sosial.

Influencers

Influencer seringkali dikaitkan dengan key opinion leaders, padahal belum tentu semua influencer adalah key opinion leaders, dan belum tentu semua key opinion leaders adalah influencer. Influencer sendiri adalah orang-orang yang secara aktif mengelola konten-konten di social media mereka, dan memiliki reach yang lebih luas, sementara key opinion leaders memiliki pekerjaan full-time yang merangkap sebagai profesinya, sehingga mereka tidak terlalu sering berada di social media.

Influencers dapat meliputi artis, bloggers, vloggers, atau social media personality. Influencers mendapatkan popularitas dengan membuat konten visual yang menarik. Penggunaan influencers marketing berfokus dalam estetik, sehingga sangat cocok sebagai marketing partner untuk optimalisasi pemasaran dalam bentuk visual. Influencers marketing biasanya dipakai di industri-industri yang memiliki market di media sosial, seperti beauty, fitness, fashion, travel, dan lifestyle.

Key opinion leaders memengaruhi para influencers. Influencers berpaling ke key opinion leader jika mereka membutuhkan pendapat dari orang yang ahli dalam bidang yang sedang mereka kerjakan.

Baca Juga  Tips Menghasilkan Visual Konten yang Menarik

Brand bekerja dengan influencers untuk mendapatkan akses ke followers mereka untuk menambah followers, sementara key opinion leaders adalah thought leaders karena mereka memiliki kredibilitas untuk mendukung pendapat mereka, bukan karena angka followers mereka.

KOL marketing dan influencer marketing di era digital marketing sekarang ini menjadi kesempatan yang baik untuk digunakan sebagai salah satu strategi marketing brand Anda. Anda hanya perlu menentukan apakah menggunakan key opinion leaders akan berdampak leih baik, atau menggunakan influencer. Semua itu kembali kepada tujuan Anda menggunakan jada KOL marketing ataupun influencer marketing. Anda juga dapat menggunakan jasa creative agency Jakarta untuk menghubungkan Anda dengan key opinion leaders atau influencers yang Anda butuhkan.

IDEOWORKS sebagai creative agency Jakarta dapat membantu Anda menentukan apakah Anda membutuhkan KOL marketing atau influencer marketing. Sebagai creative agency Jakarta yang ahli dalam KOL marketing agency dan influencer digital agency, IDEOWORKS memiliki tim yang handal dan mampu menghubungkan Anda dengan key opinion leaders dan influencers yang Anda butuhkan untuk mendorong kesuksesan bisnis Anda.

More Info

CONTACT US

Address

Pejaten Barat 46, Pasar Minggu

Jakarta Selatan 12510 INDONESIA

Email marketing@ideoworks.co.id

Phone/WA +62 812 9000 66150

Back to top