Ini Dia Berbagai Cara untuk Menemukan Customer Behavior dari Data Anda

Dalam mengevaluasi dan merancang strategi digital marketing, hasil kumpulan data dari media sosial dan medium digital lainnya sangat penting untuk Anda. Penggunaan social media analytics sebagai data primer tentu sudah tidak asing bagi Anda. Social media analytics adalah alat krusial dalam penyajian report hingga memprediksi suatu tren. Selain melihat bagaimana pergerakan insights atau impresi campaign Anda di media sosial, social media analytics juga dapat mendalami seperti apa kebiasaan audiens, khususnya klien Anda, dalam merespon berbagai hal di media sosial.

Customer behavior adalah komponen utama untuk mengetahui kebutuhan konsumen Anda. Selain itu, Anda bisa membangun impresi yang kuat dengan menyesuaikan campaign Anda dengan topik yang menarik perhatian konsumen, salah satunya dengan personalized customer engagements. Lalu, bagaimana Anda dapat mengulik customer behavior Anda dari hasil social media analytics?

Social Media Analytics untuk Customer Behavior

Agar Anda dapat mengetahui bagaimana cara menggali dan mengembangkan customer behavior dari social media analytics, berikut IDEOWORKS.id jabarkan untuk Anda.

  • Membaca Kembali Customer Journey dalam strategi marketing Anda

Ketika Anda membangun sebuah campaign, tentu Anda membangun proyeksi customer journey untuk memahami seperti apa pergerakan campaign Anda terhadap customer mulai dari awareness hingga conversion. Di sini, Anda bisa melihat medium mana yang membutuhkan optimalisasi dan potensial untuk disempurnakan. Anda juga dapat melihat kekurangan dalam customer journey yang telah didesain sebelumnya.

  • Membagi Data Keseluruhan Audiens dari Social Media Analytics dalam Beberapa Segmentasi

Segmentasi yang Anda buat akan sangat berguna untuk menganalisis apakah target yang Anda inginkan telah tepat sasaran? Atau, apakah Anda menemukan segmentasi yang potensial untuk disasar? Anda akan menemukan grafik segmentasi ini dari social media analytics yang Anda dapatkan. Di sini, Anda akan mengetahui preferensi dari setiap segmen berikut apakah proyeksi segmentasi yang telah dirancang merupakan segmentasi yang tepat untuk bisnis Anda.

Baca Juga  Search Marketing atau Search Engine Marketing, Apa Bedanya?

Add comment: