Di artikel sebelumnya, kami telah membahas B2B Influencer Marketing menggunakan teknik pemasaran AIDA dengan beberapa tips menjalankan program tersebut dengan social media agency. Kali ini manfaat membahas Influencer marketing agency untuk bisnis biasanya dilakukan oleh para brand di beberapa platform media sosial seperti Instagram, Twitter, dan TikTok. Beberapa manfaat influencer marketing strategy juga dirasakan oleh brands untuk mempromosikan sebuah produk bisnisnya.
Secara sederhana, influencer marketing adalah seseorang yang memberikan pengaruh melalui konten maupun iklan supaya calon konsumen tertarik membeli atau menggunakan produk tersebut. Influencer marketing biasanya adalah selebriti, blogger, youtuber, maupun public figure yang paling berpengaruh di komunitas tertentu. Sedangkan influencer marketing agency jadi teknik promosi melalui social media agency agar lebih memaksimalkan penjualan sesuai target market yang ditentukan.
Sesuai namanya, influencer marketing agency bisa menjadi trend setter baik di skala kecil maupun besar sesuai penerapannya. Oleh karena itu, banyak pebisnis maupun perusahaan yang menggandeng influencer untuk menjalankan strategy marketing promotion product ke berbagai sektor.
Mengapa Bisnis Perlu Influencer Marketing?
Influencer marketing membantu bisnis dengan memanfaatkan digital marketing. Dimana metode atau strategi ini mempermudah stimulus brand awareness dan customer trust. Selain itu, ada beberapa best of performance impact influencer marketing di dunia berdasarkan hasil statistik, menurut bigcommerce berikut ini:
- Influencer marketing telah berkembang menjadi $ 13,8 miliar pada tahun 2021
- Bisnis menghasilkan $5,78 ROI untuk setiap $1 yang dihabiskan untuk influencer marketing
- Ada peningkatan 465% dalam pencarian untuk keyword “Influencer Marketing” di Google sejak 2016
- 90% responden survei percaya bahwa influencer marketing menjadi bentuk pemasaran yang efektif
- Hampir 49% konsumen bergantung pada rekomendasi influencer untuk keperluan pembelian produk mereka.
Sebelum menjelaskan lebih mendalam mengenai manfaat influencer marketing dalam bisnismu, Anda bisa lebih dulu mengetahui jenis influencer di dunia digital marketing agar tidak salah kaprah. Ada lima jenis influencer yang dibedakan melalui jumlah follower dan media yang digunakan dalam melakukan promosi produk.
Nano – Influencer
Penggunaan influencer nano biasanya lebih spesifik dalam topik maupun konteks yang dibawakan. Karena, follower nano paling kecil dalam jenis influencer marketing. Mereka biasanya adalah pakar maupun dosen di suatu bidang konten tertentu. Setidaknya cukup 1000 followers yang bisa dimanfaatkan nano influencer untuk menarik calon konsumen menonton konten yang dibuat dengan cara edukasi.
Micro Influencer
Jenis influencer mikro biasanya memiliki jumlah follower mencapai 10 ribu orang, lebih besar dari nano influencer followers. Dilihat dari jumlahnya, Anda mungkin mengira sedikit dan tidak efektif dalam menjalankan marketing produk. Anda salah besar. Walaupun sejatinya influencer memiliki jutaan follower di media sosial, tapi dalam kegunaannya pemasaran itu berhasil adalah dengan pengaruh dari sang influencer.
Nah, kekuatan mikro influencer ini adalah melalui ketertarikan (engagement) dengan follower-nya. Bahkan, sebuah studi menunjukkan bahwa kemungkinan besar konsumen membeli produk dari rekomendasi influencer mikro mencapai 82%, loh!
Karena, spesifikasi topik yang dibawakan influencer mikro dapat memahami audiens, sehingga dapat membuat konten yang lebih relevan bersama follower-nya.
Makro Influencer
Lebih besar dari jumlah follower nano dan mikro—biasanya mencapai 100 ribu followers disebut sebagai influencer makro. Sosok influencer makro ini selain terkenal luas di media sosial, namun belum bisa disebut selebritis. Namun, dengan jumlah follower-nya, penggunaan influencer makro potensial untuk mempromosikan produk ke lebih banyak orang. Selain itu, Anda juga dapat membuat brand atau produk seolah terlihat eksklusif bersama influencer makro.
Mega Influencer
Mereka biasanya juga disebut sebagai premium influencer dengan jumlah follower paling banyak, di atas 1 juta, loh! Sebagian besar dari mereka berprofesi sebagai public figure seperti selebriti, artis, seniman dan masih banyak lagi. Meski persentase pembelian produk dari rekomendasi mega influencer mungkin tidak sebesar influencer lain, namun tetap saja menggiurkan. Alasannya, produk Anda bisa menjangkau lebih banyak sektor dari pengaruh mega influencer yang luar biasa besar ini. Meski demikian, perlu diingat juga penyesuaian budget yang Anda butuhkan untuk menggunakan jenis influencer ini.
Ingat, bila Anda ingin menggunakan jasa influencer marketing di Indonesia harus melalui beberapa target membangun citra positif brand atau produk Anda. Jangan pernah mempertaruhkan gengsi demi perjalanan bisnis Anda yang memiliki tujuan hidup. Anda harus mengetahui manfaat yang selaras dengan kegiatan bisnis Anda.
Manfaat Influencer Marketing Bagi Bisnis Anda
Saatnya Anda mengetahui manfaat yang dibutuhkan saat bisnis membutuhkan influencer marketing agency yang tepat untuk diajak bekerja sama.
Memperoleh ROI
Dalam menggunakan influencer marketing untuk mempromosikan produk adalah sebuah investasi bisnis yang mengandalkan balik modal, bukan? Yap, dengan memanfaatkan influencer marketing Anda akan mendapatkan return of investment (ROI)—artinya bisa lebih mudah dalam mengembalikan keuntungan cukup besar. Dan faktanya, salah satu studi menyebutkan bahwa influencer marketing bisa memperoleh ROI 11 kali lebih besar dari pada iklan banner.
Seperti yang sudah dikatakan sebelumnya, memperoleh ROI ini bukan semata-mata berhasil dengan menggunakan jenis influencer besar atau kecil follower-nya, tetapi pengaruh yang tepat terhadap produk bisnis Anda.
Bangun Engagement
Strategi influencer marketing bisa membangun kedekatan (engagement) konsumen dengan brand Anda lebih cepat. Salah satu peran yang dapat bangun engagement adalah menggunakan jasa public figure yang benar-benar menyukai produk Anda. Dalam hal ini Anda harus jeli dalam melihat influencer yang cocok dengan target market produk.
Menarik Lebih Luas Konsumen
Saat ini pemilik bisnis masih cenderung mempromosikan produk melalui jasa iklan—baik media cetak maupun elektronik untuk menarik minat konsumen terhadap produk. Jangan melihat ini sebagai peluang bagus, tetapi lihat dampak ketertarikan konsumen selanjutnya. Mereka—konsumen banyak yang melewatkan iklan atau bahkan kurang respect terhadap produk yang disiarkan.
Kita ambil contoh, brand Paco Rabanne Parfums menggandeng Chez Rust—seorang model pria, mempromosikan produk melalui Instagram. Hasilnya, sungguh diluar dugaan dalam meningkatkan follower Instagram Paco Rabanne Parfums mencapai 42.786%.
Di sinilah peran influencer marketing lebih menarik dengan cakupan lebih luas dari media sosial aktif di Indonesia. Karena melalui pemasaran produk melalui media sosial, blog atau YouTube bisa menjangkau lebih banyak konsumen.
Menjadi Pusat Perhatian Publik
Apa sih yang buat produk Anda laris dipasaran? Jelas sudah menjadi perhatian publik di kala setiap posting maupun iklan produk selalu menjadi trending topic di lini maya. Nah, cara tersebut sangat terbantu dengan menggandeng seorang influencer yang sedang viral di social media platform. Popularitas mereka sangat dibutuhkan, dengan cara “menggendong” produk Anda bisa ikut menjadi perhatian publik.
Tau Bude Sumiyati? Inilah sosok yang bisa Anda contoh dalam penerapan influencer marketing Indonesia. Berawal dari cuitan lucu di Twitter kemudian berlanjut dan berkembang di Instagram, nama Bude Sumiyati kian populer. Sehingga Netflix Korea menunjukkan mempromosikan produknya. Di akun Twitter Netflix Korea sendiri, video Bude Sumiyati telah mencuri perhatian 300 ribu pasang mata yang menontonnya.
Jadi, contoh di atas membuktikan dalam memanfaatkan influencer marketing agency untuk bisnis Anda tidak harus menggunakan mega influencer saat promosi. Anda hanya membutuhkan target market yang sesuai dengan budget maupun produk, solusinya influencer marketing tentunya dapat membantu bisnis Anda menciptakan goals.
References:
https://www.harmony.co.id/blog/10-manfaat-influencer-marketing-untuk-memaksimalkan-bisnis-anda