Preloader
campaign social media

10 Social Media Campaign Ideas yang Bisa Anda Terapkan

Social media campaign ideas dilakukan untuk membantu rencana pemasaran suatu produk atau jasa yang Anda punya di berbagai platform media sosial. Dengan social media campaign objectives yang terencana dengan baik, Anda dapat menciptakan kesadaran merek dan membangun komunitas, sehingga penjualan pun meningkat.

Meningkatkan penjualan menjadi social media campaign goals, yang dilakukan mulai dari mengajak audiens untuk berpartisipasi hingga memanfaatkan semua fitur yang ditawarkan oleh media sosial. Untuk lebih jelasnya, berikut ini penjelasan mengenai social media campaign ideas dan langkah yang diterapkan!

Apa Itu Social Media Campaign Ideas?

Memperkuat atau membantu rencana pemasaran media sosial menjadi social media campaign objectives yang dilakukan dalam berbagai cara. Ini adalah serangkaian tindakan terkoordinasi untuk memenuhi tujuan yang ditetapkan dalam keseluruhan strategi Anda dalam digital marketing

Social media campaign goals yang akan dicapai dapat ditampilkan secara spesifik dan dapat dilacak serta diukur selama periode waktu tertentu, misalnya satu bulan. Untuk mencapai tujuan, cara yang dilakukan harus lebih terfokus dan target yang dibuat harus lebih tinggi dari konten media sosial biasa.

Kampanye media sosial dapat dilakukan pada satu platform media sosial saja, atau di beberapa platform sekaligus. Tergantung pada kebutuhannya, Anda juga bisa memanfaatkan beberapa fitur hanya dari satu media sosial. Dalam menunjang tujuan, Anda membutuhkan social media campaign ideas berbeda dari yang lain.

Lakukan Ini untuk Mencapai Social Media Campaign Goals

Kampanye media sosial dapat menciptakan dan menjaga hubungan dengan konsumen, meningkatkan brand awareness dan traffic website, serta meningkatkan penjualan. Social media campaign goals untuk mencapai tujuan yang maksimal tersebut dapat dilakukan melalui beberapa hal. 

Berikut ini beberapa langkah yang dilakukan untuk mencapai social media campaign goals suatu produk atau jasa:

1. Ajak Audiens Berpartisipasi

Social media campaign ideas pertama dapat dilakukan dengan mengajak audiens berpartisipasi. Langkah ini dapat dilakukan dengan mengajak influencer atau selebgram bekerja sama mempromosikan produk atau jasa Anda. Mereka lah yang akan memperkenalkan produk dan mengajak audiensnya untuk berpartisipasi.

2. Menunjukkan Kelebihan Produk

Social media campaign goals dapat diraih dengan menunjukkan kelebihan produk. Contohnya saja, jika Anda ingin memperkenalkan produk skincare baru yang dimiliki, gali lebih jauh kelebihan dan kandungan apa saja yang ada di dalamnya. Anda juga bisa mengkhususkan produk untuk pemilik kulit wajah tertentu.

3. Lakukan Cara Berbeda dari yang Lain

Jika biasanya kampanye media sosial dilakukan artis terkenal saja, coba lakukan cara berbeda dari yang lain. Anda bisa bekerjasama dengan influencer yang memiliki cara khusus untuk mempromosikan suatu produk. Tipe influencer demikian biasanya memiliki engagement yang baik dengan audiensnya.

4. Gunakan Produk sebagai Solusi

Kebanyakan orang pasti memiliki produk tertentu yang menjadi kesayangan atau unggulan. Nah, produk yang Anda promosikan ini bisa menjadi solusi atau pengisi kekosongan yang tidak dimiliki oleh produk unggulan para konsumen. Istilahnya, produk milik Anda bisa dijadikan sebagai pelengkap.

5. Masukkan Nilai Khusus

Produk biasanya mudah terjual dan digemari jika Anda memasukkan nilai khusus dalam program promosinya. Misalnya saja program untuk berbagi kepada yang lebih membutuhkan. Kebanyakan konsumen akan membeli dengan dalih membantu sesama.

6. Give Away Produk

Langkah ini dapat dilakukan saat pertama kali meluncurkan suatu produk. Give away bisa dijadikan sebagai jalan brand awareness agar khalayak ramai lebih mengenal produk baru ini. Perhatikan influencer yang anda hire dan pastikan mereka memiliki engagement yang baik dengan audiensnya.

7. Lakukan Siaran Langsung

Survei konsisten menemukan bahwa konsumen lebih suka streaming langsung daripada membaca blog atau posting media sosial. Livestream mendorong interaksi dengan audiens karena dapat mengobrol dengan pelanggan secara real-time dengan sesi tanya jawab langsung.

8. Buat Tagar untuk Mempermudah Pencarian

Selanjutnya, membuat tagar untuk acara apa pun yang Anda selenggarakan. Cari tagar yang unik, dan ajak audiens Anda untuk berpartisipasi langsung. Selain sebagai ajang promosi, penggunaan tagar bertujuan untuk menandai topik dalam sebuah postingan.

Selain itu, tagar dapat mengelompokkan topik tertentu agar lebih mudah ditemukan karena sudah dikelompokkan dengan baik. Tagar juga bisa menjadi identitas dari akun media sosial dengan lebih spesifik. Jika ingin membuatnya, jangan lupa sertakan nama brand dalam tagar tersebut, ya!

9. Hasilkan Hype

Buat kampanye media sosial saat Anda akan meluncurkan suatu produk, layanan, atau acara. Jika ingin membuat orang membicarakan produk Anda, disarankan untuk melakukan promosi besar-besaran dengan membuat postingan, video teaser, tau bahkan ambil pemesaran pre-order.

10. Memanfaatkan Semua Fitur Yang Ditawarkan Media Sosial

Social media campaign ideas yang terakhir adalah memanfaatkan semua fitur yang ditawarkan media sosial.  Dalam satu platform seperti Instagram, ada banyak sekali konten yang dapat dimanfaatkan untuk memaksimalkan engagement. Berikut ini beberapa jenis konten Instagram yang saat ini diminati banyak orang:

  • Foto. Konten ini sangat umum dijumpai di Instagram. Penampilan produk dalam foto menjadi modal utama agar calon pembeli tertarik dengan produk yang ditawarkan. 
  • Story. Konten ini direkomendasikan karena memiliki engagement yang cukup tinggi. Durasi sepanjang 15 detik dinilai efektif membuat orang penasaran dan membuat audiens bosan melihatnya.
  • Infografis. Konten ini berisi format menarik dengan tampilan gambar dan teks, yang biasanya memberikan nilai edukasi atau informasi pada audiens. Dengan infografis audiens lebih mudah mengerti apa yang disampaikan.
  • Sorotan atau highlight. Konten ini bermanfaat bagi audiens yang baru mengunjungi laman Instagram Anda. Sorotan terletak di bawah profil Instagram yang menampilkan informasi penting terkait suatu produk.
  • Give away. Konten ini banyak diminati, karena melibatkan audiens agar lebih aktif dan mendapatkan suatu reward. Konten biasanya berisi pertanyaan seputar produk.

Itulah 10 social media campaign ideas yang bisa Anda terapkan untuk memaksimalkan brand awareness dari suatu produk atau jasa yang diperdagangkan. Jika tertarik untuk merancang strategi kampanye media sosial, IDEOWORKS.id dapat membantu Anda menemukan solusi yang tepat.

IDEOWORKS.id dapat membantu memperkenalkan produk dan jasa yang sedang Anda bangun di berbagai platform media sosial. Serahkan pada kami, karena kami dapat menampung berbagai campaign ideas yang Anda punya dan mewujudkannya guna keberlangsungan pemasaran produk dan jasa.

Let’s talk about your brand