Bagi Anda yang sedang membangun sebuah bisnis, maka marketing merupakan hal yang penting dipahami. Berbagai strategi marketing diterapkan guna mengenalkan produk kepada pelanggan dan meningkatkan penjualan perusahaan. Untuk melakukannya, diperlukan kerja sama yang kuat antar divisi marketing, atau jika ingin lebih praktis biasanya sebuah brand menggunakan jasa dari agensi periklanan.
Namun, sayangnya, tidak semua agensi menawarkan jasa yang menyeluruh sehingga Anda perlu bekerja sama dengan beberapa agensi sekaligus. Satu agensi untuk membuat konten, lalu ada yang membuat desain, ada juga yang memegang akun iklan, dan masih banyak lagi. Tentu hal ini akan ribet, bukan?
Untuk mengatasinya, ada satu jenis agensi yang bisa Anda gunakan, yakni integrated marketing services agency. Mereka bisa menyediakan semua keperluan promosi dalam satu atap, mulai dari desain, penulisan, penerbitan, promosi, hingga marketing communication. Agar lebih mengerti, simak penjelasan lengkapnya berikut ini.
Mengenal apa itu integrated marketing services
Integrated marketing services adalah sebuah layanan marketing menyeluruh, mulai dari pembuatan konten, penerbitan, hingga promosi. Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, dalam menciptakan sebuah kampanye marketing, diperlukan integrasi yang kuat antar-divisi.
Jika Anda menggunakan agensi yang berbeda untuk semua keperluan di atas, maka koordinasi akan terjadi lebih lambat dan sulit untuk mencapai keselarasan. Misalnya, jika materi promosi Anda direvisi, maka komunikasi harus disampaikan ke agensi desain, pembuatan konten, dan promosi agar materinya diubah. Namun, karena mereka semua berbeda atap, maka bisa saja penyampaian revisi Anda akan berbeda di setiap divisi.
Karena hal tersebut, materi kampanye marketing harus direvisi berkali-kali dan memakan waktu pembuatan yang lebih lama. Untuk mengatasinya, Anda bisa menggunakan jasa dari professional integrated media agency, seperti IDEOWORKS.
Manfaat menerapkan integrated marketing services
Pentingnya penerapan integrated marketing services bukanlah tanpa sebab. Layanan marketing yang satu ini bisa memberikan beberapa manfaat sekaligus, seperti berikut ini:
- Nilai promosi yang ingin disampaikan lebih mudah diterima oleh pelanggan;
- Lebih adaptif dalam menyikapi perubahan kebutuhan;
- Lebih hemat biaya karena tidak perlu merekrut banyak profesional.
Layanan integrated marketing services agency
Karena merupakan layanan yang terintegrasi untuk memenuhi berbagai kebutuhan marketing, terdapat beberapa cakupan layanan yang bisa Anda dapatkan dari integrated marketing services agency, umumnya seperti di bawah ini:
- Branding;
- Creative design;
- Digital marketing;
- Website development; dan
- Marketing communication.
Salah satu poin yang harus digarisbawahi adalah tersedianya layanan marketing communication yang sangat penting. Tanpa poin ini, bisa jadi semua upaya kampanye marketing Anda berakhir sia-sia. Untuk mengerti lebih lanjut, simak pembahasannya sebagai berikut.
Apa itu marketing communication?
Marketing communication merupakan sebuah bentuk komunikasi yang dilakukan secara informatif maupun persuasif untuk mempromosikan produk tertentu. Cara ini dilakukan agar brand bisa menyampaikan nilai dan keunggulan yang mereka bawa dengan baik, hingga akhirnya diterima secara utuh oleh para pelanggan.
Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, tanpa poin ini, strategi marketing yang Anda lakukan bisa sia-sia. Brand awareness, citra perusahaan, serta kepercayaan pelanggan akan bergantung penuh pada kemampuan marketing communication yang brand Anda miliki. Terdapat beberapa tips untuk melakukannya, yang dapat Anda cari tahu pada poin selanjutnya.
Tips agar strategi marketing communication berjalan optimal
Meski terdengar sederhana, marketing communication tidak bisa dilakukan sembarangan. Perlu dipilih integrated media agency marketing yang berpengalaman untuk bisa menerapkan berbagai strategi secara maksimal. Beberapa strategi marketing communication yang bisa Anda lakukan adalah sebagai berikut.
-
Pastikan Anda punya target pasar yang jelas
Cara menyampaikan pesan harus disesuaikan dengan penerimanya agar maksud yang disampaikan bisa mudah dimengerti. Karenanya, ketahui terlebih dahulu target pasar Anda secara jelas berdasarkan demografinya, mulai dari latar belakang pendidikan, usia, kelas ekonomi, dan lain sebagainya.
-
Pilih saluran pemasaran yang sesuai
Setiap saluran pemasaran memiliki karakteristik penggunaannya masing-masing. Sebagus apa pun pesan atau ajakan yang brand Anda sampaikan, hasilnya tidak akan maksimal jika disampaikan di tempat yang salah. Namun, biasanya layanan dari integrated marketing services bisa meng-handle berbagai channel sekaligus dan menyesuaikannya dengan karakteristik pengguna.
-
Tentukan USP produk Anda
Umumnya, sebuah produk pasti memiliki pesaing yang sudah lebih dulu ada di pasar. Supaya bisa menarik perhatian pelanggan, Anda perlu menciptakan unique selling points pada produk yang Anda jual. Jadikan hal tersebut hanya bisa dipenuhi dengan membeli produk Anda, sehingga pelanggan tidak ragu untuk melakukan pembelian.
-
Sesuaikan konten dengan target pasar
Setiap target pasar memiliki gaya marketing communication yang berbeda. Anda perlu mengenali dan memahami karakteristik konten yang disukai masing-masing target pasar. Misalnya, brand A dan brand B sama-sama menjual skincare. Namun, skincare dari brand A ditujukan untuk remaja, sedangkan brand B menyasar kelompok wanita 40 tahun ke atas. Nah, konten dari brand A dan brand B tentu akan berbeda walaupun produk mereka mirip.
Jangan lupa, untuk bisa mendapatkan semua manfaat dari marketing communication, Anda perlu memilih integrated marketing services agency yang tepat. Salah satu yang terbaik dan berpengalaman di kelasnya adalah IDEOWORKS. Selama hampir satu dekade, IDEOWORKS sebagai integrated media agency Jakarta telah dipercaya oleh ribuan klien untuk menjalankan kampanye marketing yang optimal.
Mau meningkatkan penjualan dan mencapai tujuan marketing dengan maksimal? Klik di sini untuk mendapatkan layanan integrated media digital agency dari IDEOWORKS!
Baca Juga :
Butuh Jasa Digital Marketing? Kenali Dulu Jenis Strategi Pemasaran Online!