Preloader
Intip Serunya Tugas Tim Kreatif di Industri Digital Agency

Intip Serunya Tugas Tim Kreatif di Industri Digital Agency

Dalam industri digital marketing agency, tim kreatif memiliki peran sebagai backbone atau tulang punggung perusahaan. Mengapa demikian? Salah satu alasannya adalah tugas tim kreatif yang cukup kompleks. Jika tidak ada tim kreatif, maka tidak ada yang bisa Anda sajikan, baik untuk klien maupun konsumen. Ibarat tulang punggung pada manusia, perusahaan agensi tidak akan mampu berdiri apabila tidak ada penyokongnya.

Lalu, apa saja peran dan tugas tim kreatif di digital marketing agency? Mari cari tahu di bawah ini!

Tugas dan Peran Tim Kreatif di Digital Marketing Agency

Secara umum, tugas team creative digital design meliputi produksi konten dari klien sampai ke audiens dan calon-calon konsumen potensial. Creative digital design agency tak akan asal-asalan memilih anggota team creative digital design karena tugasnya yang krusial ini.

1. Mempelajari brief klien

Pertama, tugas team creative digital design adalah mempelajari brief yang telah diberikan klien kepada agensi. Alur kerja ini dimulai dari Account Executive (AE) yang bertugas sebagai penghubung klien dengan tim kreatif. Brief yang diberikan tersebut akan diolah sedemikian rupa oleh AE dan divisi strategic planner untuk mencari insight dan strategi iklan.

2. Brainstorming ide untuk hasilkan konten kreatif

Berikutnya, brief yang sudah lebih ‘matang’ akan dikirimkan oleh AE kepada tim kreatif yang ditugaskan. Tim kreatif akan melakukan brainstorming ide dan merancang konsep iklan dalam bentuk draft kasar untuk menghasilkan konten kreatif yang segar. Konsep ini pun didiskusikan lebih lanjut lagi bersama AE dan planner.

3. Eksekusi sesuai brief

Jika konsep telah disetujui, baik secara internal maupun oleh klien, maka tugas berikutnya adalah eksekusi. Creative digital design agency akan membantu mencari vendor pelaksana dan pihak-pihak lain yang dibutuhkan. Iklan pun siap dieksekusi.

4. Revisi jika diperlukan

Tak jarang klien kurang puas dengan konsep yang diusung oleh internal agency. Maka dari itu, tim kreatif harus siap melakukan revisi konsep sampai klien benar-benar menyetujuinya.

5. Analisis performa secara rutin

Tugas team creative digital design tidak serta-merta berhenti ketika iklan sudah berhasil tayang. Pada tahap akhir, tim kreatif bertanggung jawab untuk menganalisis performa iklan tersebut secara rutin. Data hasil analisis akan digunakan sebagai bahan evaluasi untuk konten atau campaign berikutnya.

Anggota Pasukan Tim Kreatif di Digital Marketing Agency

Lantas, siapa saja orang-orang hebat yang tergabung di pasukan tim kreatif digital marketing agency? Tiap agency mungkin membawahi posisi yang berbeda dalam tim kreatif mereka. Namun, umumnya, tim creative digital design agency terdiri dari posisi-posisi berikut ini:

– Creative Director

Pertama, ada seorang creative director yang bertanggung jawab penuh atas hasil konsep kreatif yang diusung oleh tim. Seorang creative director memiliki tim yang langsung berada di bawah kendalinya. Ia bertugas untuk menerima dan membagi job desc, memberi saran, arahan, serta membimbing timnya setiap waktu.

Dalam satu tim yang dipegang oleh creative director, terdiri dari beberapa orang yang bertugas menjadi art director, graphic designer, videographer, dan copywriter.

– Art Director

Art director bertanggung jawab atas aspek visual dalam konten promosi, mencakup elemen desain gambar, foto, layout, dan sebagainya. Dalam kesehariannya, art director bertugas mengerjakan brief dari klien bersama copywriter, bekerja sama dengan videografer, dan mewujudkan konsep visual bersama graphic designer.

– Graphic Designer

Graphic designer adalah orang yang mewujudkan desain konten promosi dan mengeksekusi visualisasinya berdasarkan ide serta konsep dari art director dan copywriter. Seorang graphic designer harus mampu menerjemahkan ide-ide kreatif menjadi sebuah layout dengan gambar, foto, dan tulisan yang serasi.

– Videografer

Video kini memiliki pengaruh yang cukup besar dalam dunia marketing. Sama seperti graphic designer, tugas tim kreatif bagian videografer pun harus mampu menerjemahkan ide-ide kreatif menjadi sebuah video yang ciamik.

– Copywriter

Berikutnya, ada copywriter yang bertanggung jawab atas rangkaian kata-kata yang menyertai konten iklan tersebut. Kata-kata yang dirangkai pun tak boleh asal-asalan. Seorang copywriter harus tahu target audiens yang dituju, tone of voice dari brand, value yang diangkat, serta memberi instruksi kepada audiens untuk mencoba atau membeli produk yang sedang diiklankan (Call to Action).

Bersama-sama, tim kreatif yang terdiri dari creative director, art director, graphic designer, videographer, dan copywriter menyulap sebuah brief sederhana menjadi sebuah iklan yang menarik. Iklan ini pun mampu menarik para calon konsumen untuk membeli produk yang diiklankan. Otomatis, penjualan Anda akan meningkat pesat. 

Pentingnya tugas tim kreatif di digital marketing agency mampu membantu brands untuk melakukan campaign digital marketing dengan lebih efektif. Anda bisa merasakan sendiri manfaatnya dengan menggunakan layanan digital marketing dari IDEOWORKS yang memiliki tim kreatif berpengalaman dan sudah menangani banyak brands dari berbagai sektor industri.

Selain pembuatan konten iklan, tim kreatif IDEOWORKS juga menerima semua kebutuhan Anda terkait digital marketing. Mulai dari pembuatan website, optimalisasi SEO, Google Ads, Facebook Ads, dan masih banyak lagi. Lengkapi semua kebutuhan digital marketing Anda bersama IDEOWORKS!

 

Baca Juga:

Cara Sukses Membuat Creative Digital Campaign

Let’s talk about your brand