Peran penting keberhasilan bisnis digital marketing adalah memanfaatkan social media management, tak terkecuali yang sedang merintis. Layanan social media management mampu menjalankan strategi manajemen yang terstruktur, untuk sebuah keberhasilan yang nyata. Meski dalam mengelola media social itu butuh skill dan tools yang gak simpel, dengan hadirnya social media agency dapat membantu bisnis jadi lebih mudah dan efektif. Dengan tim profesional, jasa social media management agency dapat mengupayakan strategi jitu untuk memasarkan produk bisnis. Selain itu, ada banyak sekali manfaat yang diperoleh bisnis ketika menggunakan social media management. Oleh karena itu, lanjutkan membaca artikel ini untuk mendapatkan keuntungan mengelola bisnis dengan layanan social media management.
Seberapa pentingnya social media management?
Mengutip Sprout Social dan Indeed, social media management atau layanan social media management adalah suatu proses menganalisa audiens dari platform social media dengan mengembangkan strategi berdasarkan perilaku audiens-nya.
Jadi bisa dimengerti kalau social media management itu merupakan proses membuat, menganalisa, dan menerbitkan konten yang mewakili target market. Arti lain menyebutkan bahwa layanan social media management menggunakan berbagai tools atau software untuk membantu bisnis dalam mengatur hingga membagikan konten dengan tujuan mendapatkan keuntungan.
Nantinya konten yang di-posting ke akun social media bisnis memiliki konsep yang terjamin efektif dan menarik sehingga mampu mempresentasikan branding produk bisnis kepada audiens. Melalui layanan social media management ini pula, pebisnis mendapatkan informasi yang dibutuhkan untuk meningkatkan kualitas atau menjaga stabilitas pelayanan produk seperti penilaian produk dari customer (feedback).
Selain penjadwalan konten, kelebihan lain yang dapat menguntungkan pebisnis dengan layanan social media management yaitu:
- Dapat memantau percakapan online dan memahami apa yang dibutuhkan audiens
- Sebagai sarana untuk komunitas pelanggan
- Dapat mengukur keberhasilan konten yang di posting
- Dapat membuat laporan kinerja dari social media platform
Selanjutnya, seseorang yang dapat mengelola social media management agency adalah social media manager. Siapa social media manager? Seseorang yang memiliki skill dan pengalaman dalam mengatur, menggunakan berbagai aktivitas seperti marketing, strategist, designer, analyst, copywriter, hingga customer service dalam satu waktu. Posisi social media manager sangat vital dalam memanage social media bisnis, beberapa tugas yang dapat dijalankan seperti;
- Melakukan research social media konten untuk mendapatkan dan menjangkau market audiens
- Mengidentifikasi sebuah brand terhadap target market
- Mampu memahami tren, headline topik, hingga up to date perkembangan social media platform
- Dapat melakukan evaluasi data dari social media dan campaign marketing efektif
- Membuat konten creative di postingan dan menjalankan iklan di social media
- Menggunakan tools social media untuk merespon dan menanggapi keluhan dari customer
Untuk meningkatkan keuntungan bisnis, kamu sangat memerlukan peran social media manager yang bisa memaksimalkan pengelolaan social media. Karena dari layanan social media management yang tepatlah manfaat dan keuntungan akan mudah tercapai.
Apa saja manfaat untuk bisnis?
Dapat Meningkatkan Brand Awareness
Melihat tingginya minat pengguna social media yang berkumpul, berinteraksi, hingga mencari kebutuhan produk yang cepat menjadi kesempatan bisnis meningkatkan brand awareness. Hadirkan konten berkualitas, tepat sasaran, dan terjadwal untuk membantu meningkatkan kesadaran pengguna social media terhadap brand bisnis. Konten-konten berkualitas yang dapat diunggah secara berkala membuat interaksi pengguna secara langsung. Sebagai dampaknya, brand awareness customer terhadap bisnis kamu akan meningkat. Dengan begitu, peluang customer untuk melihat, berbelanja, hingga berlangganan akan lebih besar dibandingkan dengan pengelolaan yang awam.
Media Promosi Praktis
Manfaat selanjutnya adalah menciptakan sarana yang praktis untuk menyebarluaskan campaign marketing seperti promosi kepada target market. Apalagi melihat pengguna social media yang intens terhadap berita promosi di segala industri bisnis, peluang akan semakin besar ketika bisnis memiliki media promosi yang praktis dan mudah diterima oleh semua kalangan. Dengan begitu, kamu tidak perlu ragu untuk menjalankan social media management mengaktifkan pemberitahuan, promosi, hingga informasi penting lainnya.
Reputasi Bisnis
Setelah meningkatkan brand awareness dan jadi media promosi praktis, manfaat lainnya yaitu dapat mengkomunikasikan reputasi bisnis. Dengan mengunggah konten berkualitas dan relevan, bisnis bisa menunjukkan posisi yang baik di mata pengguna social media. Hal tersebut bisa dilakukan dengan mendistribusikan konten informatif, produk knowledge, hingga tips and trick konten secara reguler agar dapat meningkatkan kepercayaan target customer yang relevan.
Dapat Menunjukkan Keaslian dengan Kualitas Produk
Pada umumnya, bisnis menciptakan pemasaran yang dapat menunjukkan produk yang mereka jual ke khalayak umum dan diterima dengan baik. Tetapi di era modern saat ini, hal itu akan terlihat biasa saja untuk meyakinkan customer terhadap produk yang ditawarkan. Kamu perlu memanfaatkan social media management untuk memperlihatkan identitas brand yang berbeda dari biasanya. Identitas tersebut dapat dilakukan dengan mendekatkan diri dengan market melalui strategi marketing yang ahli. Jasa social media management agency sangat berpengalaman terhadap citra brand identity untuk menunjukkan bahwa bisnis bukan sekedar berjualan, tetapi ada kualitas yang didapatkan.
Meningkatkan Penjualan Produk
Setelah mengetahui keempat manfaat sebelumnya, secara langsung bisnis akan mendapatkan keuntungan marketing konsisten. Karena saat mempelajari atau menerapkan layanan social media management, kamu sekaligus mempelajari social media marketing. Hal ini tentu bermula dari konten yang berkualitas meningkatkan brand awareness, lalu minat customer untuk mempertimbangkan produk cukup besar. Kemudian dengan menunjukkan informasi tentang kualitas dan keaslian produk secara rutin, mereka akan dengan yakin untuk mengkonversinya. Alhasil, bisnis kamu jadi mengalami peningkatkan keuntungan, kan!
Dari informasi di atas, pasti kamu sebagai pemilik bisnis sudah memiliki gambaran untuk mengambil langkah menggunakan layanan social media management. Mungkin, saat kamu memilih untuk menerapkan hal tersebut, masih bingung antara merekrut social media manager atau jasa social media management agency? Tenang, tak perlu gegabah dalam memutuskannya. Karena kami pasti bantu bisnis kamu.
Namun, bila bisnis kamu masih awal (pemula), tentu lebih baik diserahkan oleh pihak yang berpengalaman mensukseskan bisnis, yaitu social media agency. Kenapa? Selain budget, tentu potensi keuntungan lebih diutamakan oleh pebisnis baru. Maka, bekerjasama dengan layanan berpengalaman tentu dapat menghemat waktu, tenaga dan budget untuk mengembangkan bisnis. Dengan tim profesional dan ahli, layanan social media management agency tentu sudah paham target market bisnis secara mendalam.
Salah satu social media agency terpercaya IDEOWORKS.ID yang memiliki layanan social media management dan layanan iklan digital untuk melengkapi kehadiran bisnis pemula. Yuk, hubungi IDEOWORKS.ID sekarang!
Baca Juga:
https://ideoworks.id/tahun-baru-segera-tiba-kenali-tren-social-media-marketing-2023-berikut/