Articles

02 Desember 2020

Keunggulan Instagram Marketing dalam Branding Usaha

Penggunaan Instagram marketing saat ini telah menjadi trend yang diikuti banyak brand. Pasalnya, platform ini dianggap sangat efektif meningkatkan awareness, consideration, dan conversion pada suatu bisnis. Terlebih lagi Instagram menawarkan fitur Instagram ads yang bisa membuat strategi marketing Anda jauh lebih terarah dan terukur sesuai dengan data. Data menunjukkan bahwa 90 dari 100 Global Brands diketahui telah memanfaatkan media sosial ini sebagai salah satu strategi marketing. Sedangkan, 70% bisnis di Amerika Serikat diketahui juga mempercayakan kegiatan promosi mereka pada platform ini.Hal ini sangat beralasan mengingat Instagram memiliki potensi yang luar biasa. Dengan ratusan juta pengguna aktif di dalamnya, kesempatan untuk meraih customers jelas sangat besar. Angka tersebut terus bertambah setiap tahun, dan diperkirakan mengalami peningkatan sebanyak 26,9 juta pada akhir tahun 2020.Selain jumlah user yang sangat besar, sistem dan algoritma Instagram juga sangat mendukung kegiatan bisnis. Anda akan benar-benar diuntungkan dengan berbagai fitur yang ada di dalamnya. Secara garis besar, berikut ini adalah beberapa keunggulan Instagram marketing untuk branding usaha.   

Menghubungkan Customer dengan Berbagai Cara

Keunggulan pertama, Anda dapat menampilkan Instagram pada berbagai channel yang digunakan untuk marketing bisnis. Platform ini dapat terhubung dengan website, media sosial lain, marketplace, dan lain sebagainya. Hal inilah yang membuat Instagram mampu menghubungkan brand secara meluas dan meningkatkan engagement dari dengan berbagai cara.Sebagai contoh, Anda menampilkan foto-foto dari Instagram pada website. Dengan demikian, ketika customer mengunjungi situs tersebut, mereka akan melihat postingan media sosial Anda. Jika tampilannya menarik, mereka akan meng-klik button dan mengunjungi postingan Anda.Katakanlah bahwa customer tersebut awalnya bukan follower Anda di Instagram. Namun setelah berkunjung dan melihat feed, ada kemungkinan mereka kemudian akan mengikuti Anda di Instagram. Sebaliknya, ketika seorang follower melihat postingan tentang website Anda, mereka mungkin akan tertarik untuk berkunjung, melihat produk, dan kemudian melakukan transaksi.  

Materi Marketing yang Tak Pernah Basi

Salah satu tugas berat petugas marketing adalah menyediakan materi campaign dan promosi secara relevan dan terus-menerus. Hal ini kadang benar-benar melelahkan karena ide dan kreativitas tak selalu hadir tepat waktu. Namun dengan Instagram ads, beban Anda mungkin akan sedikit terasa ringan.Platform ini memungkinkan Anda untuk untuk menggunakan kembali materi-materi lama yang sudah diunggah. Anda bisa mengambil foto atau video potensial yang mungkin bisa menarik viewers dan menampilkannya kembali pada beberapa channel bisnis. Selain itu, materi yang diunggah lewat Instagram akan tetap bisa diakses dan mengundang trafik. Dengan cara ini, Anda bisa melakukan efisiensi waktu dan tenaga, ketimbang harus membuat terlalu banyak materi baru yang belum tentu mengundang engagement. Namun tentu saja, Anda harus melakukan strategi dengan smart untuk menjaga kredibilitas. 

Mengundang Trafik

Soal trafik, Instagram terbukti lebih unggul dari platform sosial lain. Dilansir dari Yotpo, penelitian menunjukkan bahwa Instagram mengundang lebih banyak trafik engaged ketimbang platform seperti Facebook, Pinterest, YouTube, Reddit, dan lain-lain. Selain itu, Instagram juga akan membantu Anda melakukan engagement dengan audience. Hal ini bisa meningkatkan kemungkinan mereka kembali berkunjung dan membeli produk Anda. Dengan kata lain, ketika seseorang membeli produk dan mem-follow Instagram, besar kemungkinan mereka akan melihat-lihat produk lain yang Anda tampilkan. Dengan demikian, ada kemungkinan bahwa mereka akan kembali melakukan transaksi di kemudian hari.  

Penggunaan UGC yang Mendukung Marketing

UGC (User Generated Content) adalah konten-konten berupa foto dan video yang dibuat dan diunggah oleh user Instagram. Dengan izin dari pemiliknya, Anda bisa menggunakan konten-konten tersebut untuk keperluan marketing bisnis Anda.UGC yang bisa digunakan umumnya adalah konten yang dibuat user terkait produk dari brand tersebut. Misalnya, seorang pelanggan merasa puas dengan layanan brand sehingga mengunggah postingan di Instagramnya. User tersebut menambahkan hastag dan me-mention akun brand terkait. Anda pun bisa menggunakan konten ini sebagai sarana promosi yang lebih luas. 

Memberikan Review yang Tepat Guna

Semua pelaku bisnis pastinya ingin berinvestasi dengan konten-konten yang berkualitas dan menarik trafik. Namun masalahnya, kadang kita tidak tahu mana materi yang benar-benar bisa menarik perhatian user. Untungnya, dengan Instagram Ads, Anda bisa mendapatkan informasi tentang hal tersebut.Instagram memiliki fitur yang memungkinkan Anda melihat statistik performa produk. Di dalamnya, Anda bisa melihat berapa banyak user yang melihat, serta penjelasan lengkap tentang behavior mereka. Pemilik akun juga bisa melihat demografi, mulai dari usia, jenis kelamin, kota, dan lain-lain terkait user.Dengan informasi tersebut, Anda tak perlu menebak-nebak konten mana yang benar-benar efektif dalam kegiatan marketing. Dengan demikian, penyusunan strategi pun takkan sulit dilakukan. Jika semuanya sudah tertata rapi, maka bisnis pun akan semakin meningkat.Nyatanya Instagram marketing sampai saat ini masih menjadi media andalan untuk branding. Sudah siap melakukan gebrakan dengan Instagram marketing bersama digital marketing agency, IDEOWORKS.id? Kami siap menjadi partner Anda untuk mencapai kesuksesan bisnis di dunia digital. 

Category

Featured Articles

Related Articles

More Info

CONTACT US

Address

Pejaten Barat 46, Pasar Minggu

Jakarta Selatan 12510 INDONESIA

Email marketing@ideoworks.co.id

Phone/WA +62 812 9000 66150

Back to top