Key Points:
- Meski sekilas terlihat sama, KOL agency berbeda dengan influencer agency dari segi definisi, cakupan audiens, jenis konten yang dibuat, dan tujuan campaign-nya.
- KOL agency lebih berfokus pada konten informatif dan edukatif yang lebih teknis, sedangkan influencer agency lebih cocok untuk campaign yang bersifat kasual.
- Selain itu, KOL agency bertujuan membangun brand awareness dan hubungan jangka panjang dengan audiens. Ini berbeda dengan influencer marketing agency yang menekankan tujuan jangka pendek.
Kini, sudah semakin banyak bisnis yang menghabiskan sebagian besar budget marketing mereka untuk melaksanakan influencer marketing campaign. Hal ini telah terbukti oleh Statista. Tidak menutup kemungkinan brand juga akan bekerja sama dengan KOL agency atau influencer agency agar hasilnya lebih efektif.
Namun, masih banyak yang menganggap bahwa KOL marketing agency sebenarnya 100% sama dengan influencer marketing agency. Apakah pemikiran tersebut benar adanya? Untuk mengetahui faktanya, mari kita simak artikel ini!
Apa Itu KOL Marketing Agency?
Untuk mengetahui apa itu KOL agency, Anda perlu memahami bahwa KOL adalah singkatan dari Key Opinion Leader. Maka dari itu, jenis content creator yang bisa dikategorikan sebagai seorang KOL adalah ahli profesional atau individu dengan reputasi tinggi di industri tertentu.
Umumnya, jenis marketing agency ini melibatkan layanan KOL management yang lebih menyeluruh. Selain memilih content creator yang tepat, agensi akan mengelola perencanaan strategi, negosiasi, hingga eksekusi kampanye.
Beda KOL Agency dan Influencer Agency
Meskipun KOL agency dan influencer agency sama-sama berperan dalam menghubungkan brand dengan figur publik, keduanya memiliki perbedaan yang cukup mencolok, seperti:
-
Definisi
Jika KOL marketing agency lebih menyoroti figur publik dengan otoritas tinggi di bidangnya, lain cerita bagi influencer marketing agency. Sebab, agensi ini lebih berfokus pada kerja sama dengan para individu yang populer di platform media sosial seperti Instagram, YouTube, TikTok, dan lainnya.
Meskipun influencer bisa saja memiliki jutaan pengikut, mereka tidak selalu dianggap sebagai ahli di bidang tertentu. Justru, mereka lebih merupakan figur populer yang mampu memengaruhi keputusan konsumen.
-
Cakupan audiens dan jenis konten
KOL agency berfokus pada audiens yang lebih spesifik, yaitu orang-orang yang tertarik pada topik teknis atau mendalam. Oleh sebab itu, konten yang dihasilkan oleh KOL sering kali bersifat informatif, edukatif, atau analitis.
Sebaliknya, agensi influencer cenderung bekerja dengan audiens yang lebih luas dan bervariasi. Selain itu, mereka umumnya menghasilkan konten yang bersifat lebih ringan dan menghibur, seperti unboxing produk, tutorial kecantikan, atau vlog perjalanan.
Bahkan, menurut riset dari Bite Science, audiens lebih memilih untuk mengikuti seorang influencer atau berinteraksi dengan konten influencer campaign karena kepribadiannya, bukan karena ingin mendalami topik spesifik.
-
Jangka waktu kampanye
Kampanye yang dijalankan oleh agensi KOL biasanya berlangsung lebih lama dan berfokus pada membangun hubungan yang berkelanjutan antara KOL dan brand. Selain itu, karena KOL memiliki reputasi yang harus dipertahankan, mereka cenderung lebih selektif dalam memilih brand yang akan mereka promosikan.
Di sisi lain, agensi influencer lebih sering menangani kampanye dengan durasi yang lebih singkat. Sebab, influencer dapat bekerja sama dengan beberapa brand dalam waktu yang bersamaan.
Lalu, kampanye yang melibatkan influencer biasanya bertujuan memberikan dampak langsung dalam jangka pendek, seperti meningkatkan penjualan dalam beberapa minggu atau mempromosikan acara tertentu.
-
Tujuan kampanye
Umumnya, tujuan KOL marketing campaign KOL bersifat lebih strategis dan jangka panjang, seperti membangun brand awareness yang kuat di kalangan audiens tertentu atau meningkatkan kredibilitas brand dalam sebuah industri. Caranya, dengan memengaruhi persepsi dan pemikiran audiens.
Sementara itu, influencer agency lebih berfokus pada hasil yang cepat, seperti meningkatkan engagement atau memperluas jangkauan brand melalui promosi yang lebih santai dan menyenangkan.
-
Niche keahlian content creator
Perbedaan terakhir ada di spesialisasi content creator yang bekerja sama dengan masing-masing agensi. Umumnya, di agensi KOL, Anda akan menemukan individu yang memiliki keahlian dan pengetahuan mendalam tentang sebuah bidang. Contohnya, pakar kesehatan, analis teknologi, atau tokoh akademik.
Berbeda dengan agensi KOL, influencer marketing agency bekerja sama dengan kreator yang keahliannya lebih bervariasi, fleksibel, dan cenderung lebih berkaitan dengan gaya hidup atau hobi. Contohnya, mulai dari fashion hingga travel dan kuliner.
Influencer mungkin tidak memiliki pengetahuan mendalam di bidang tertentu, tetapi mereka ahli dalam menciptakan konten yang menarik dan relevan bagi audiens yang luas.
Rekomendasi KOL Agency Jakarta
Jika Anda tertarik menjalankan marketing campaign dengan KOL yang ahli di bidangnya untuk memperkuat reputasi brand serta membangun loyalitas jangka panjang dengan audiens, Anda perlu mencari agensi yang berpengalaman dengan jenis kampanye tersebut. Selain itu, pertimbangkan juga domisili bisnis Anda untuk kemudahan berkonsultasi.
Untuk rekomendasinya, Anda bisa mempertimbangkan layanan dari IDEOWORKS. Berkat pengalaman selama lebih dari 10 tahun dan jaringan yang luas, IDEOWORKS dapat menghubungkan Anda dengan berbagai KOL. Selain itu, para marketer ahli IDEOWORKS juga bisa membantu Anda dengan proses perencanaan, eksekusi, dan monitoring campaign.
Siapkah Anda mensukseskan brand dengan KOL marketing campaign? Jangan ragu-ragu untuk menyampaikan ide kreatif Anda kepada IDEOWORKS sekarang juga!