Preloader
Makin Tren Tahun 2023, Ini 7 Platform Terbaik Buat Performance Campaign

Makin Tren Tahun 2023, Ini 7 Platform Terbaik Buat Performance Campaign

Pernahkah Anda menerapkan strategi performance campaign? Jika belum, tahun 2023 ini mungkin adalah saat yang tepat untuk brand Anda.

Pada tahun 2023, jumlah pengguna aktif media sosial semakin meningkat dan demografinya pun semakin beragam. Hal tersebut kemudian mendorong munculnya beberapa platform media sosial baru. Tak mau ketinggalan, platform lama pun menghadirkan inovasi baru untuk menarik audiens.

Banyaknya pilihan platform media sosial membuka peluang brand untuk mengembangkan strategi digital marketing mereka. Salah satunya adalah dengan menerapkan performance campaign. Apa itu performance campaign dan platform media sosial manakah yang cocok untuk aplikasinya?

Apa itu performance campaign marketing?

Performance campaign adalah suatu strategi digital marketing berbasis hasil. Artinya, Anda sebagai pemilik brand hanya membayar penyedia layanan setelah tujuan terpenuhi atau ketika tindakan tertentu telah dilakukan oleh target audiens (misalnya saat audiens mengikuti akun media sosial atau terjadi penjualan).

Bisa dibilang, strategi ini berbeda dari sebagian besar bentuk marketing tradisional. Pada strategi marketing tradisional, pihak yang ingin memasarkan produk membayar layanan terlebih dahulu sebelum mengetahui hasilnya. Strategi ini bisa menjadi solusi bagi Anda yang menginginkan strategi marketing yang benar-benar dapat membuahkan hasil.

7 Platform terbaik untuk performance campaign

Performance campaign dapat dijalankan di berbagai platform, terutama platform media sosial. Sebab, media sosial mudah diukur hasilnya. Berikut tujuh platform media sosial terbaik untuk menjalankan strategi brand performance campaign:

1. TikTok

TikTok menayangkan konten video berdurasi pendek. Konten semacam ini tengah populer dan memiliki performa terbaik beberapa tahun belakangan.

Anda dapat mempertimbangkan media sosial yang satu ini terutama jika brand membidik audiens dari kalangan Gen Z (kelahiran 1996-2009). Sebuah survei yang dilakukan Hubspot menemukan bahwa 62% dari Gen Z yang disurvei ternyata menggunakan TikTok. Mereka bahkan menjadikan aktivitas melihat TikTok sebagai sebuah rutinitas harian.

2. YouTube

YouTube masih menjadi platform video streaming terpopuler dan bahkan diprediksi akan makin populer pada tahun 2023 ini.

Platform yang rilis pada tahun 2005 tersebut pun kini tengah mengembangkan fitur konten video berdurasi pendek agar dapat bersaing dengan TikTok. Untuk memantau perkembangan performance campaign di YouTube pun mudah karena telah berafiliasi dengan Google.

3. Instagram

Selain TikTok dan YouTube, platform lain yang tengah giat mengembangkan fitur konten video berdurasi pendek adalah Instagram. Data dari Hubspot melaporkan bahwa Instagram memiliki algoritma yang paling akurat sehingga memudahkan para penggunanya.

Masih dari data yang sama, diketahui bahwa Instagram menjanjikan ROI (return on investment) yang paling tinggi dibandingkan dengan platform media sosial lainnya. Terlebih, melalui Instagram, brand bisa menjual produk langsung di aplikasi.

4. Twitch

Twitch memiliki fitur live streaming dan kini tengah naik daun. Tidak sekadar digunakan untuk berbagi konten, fitur tersebut pun dapat dimanfaatkan untuk memasarkan produk.

Anda bisa menjajal strategi performance campaign marketing pada tahun 2023 ini, terutama jika brand Anda menawarkan produk yang berhubungan dengan game atau elektronik. Pasalnya, pengguna terbesar Twitch datang dari komunitas gaming.

5. LinkedIn

Sebagai jaringan profesional terbesar di dunia, LinkedIn memiliki basis pengguna profesional yang luas dan dapat menargetkan pelanggan berdasarkan kualifikasi pekerjaan. Tidak seperti kebanyakan platform lain yang berfokus pada iklan B2C (business to consumer), iklan LinkedIn cocok untuk brand yang membidik pasar B2B (business to business).

6. Twitter

Platform yang satu ini memiliki beberapa fitur yang dapat dimanfaatkan untuk menjalankan performance campaign, salah satunya adalah fitur image and video. Dengan memanfaatkan fitur tersebut, brand bisa memperkenalkan produk kepada audiens menggunakan visual yang menarik. Selain itu, Twitter pun sudah memiliki analitik yang dapat diakses dengan mudah.

8. Facebook

Bagi Anda yang tertarik untuk menjalankan brand performance campaign, media sosial Facebook dapat dipertimbangkan. Hingga tahun 2023 ini, Facebook masih menjadi media sosial dengan jumlah pengguna aktif terbesar di dunia. Facebook pun populer di antara berbagai demografi. Itu artinya, ada kemungkinan besar target audiens Anda pun menggunakan Facebook.

Selain memungkinkan pengguna Facebook untuk terhubung dan berbagi konten secara online, platform ini juga menawarkan kesempatan kepada brand untuk mengiklankan produk dan layanan mereka secara online. Menariknya, Facebook juga sudah dilengkapi dengan tool analitik.

Performance campaign merupakan sebuah strategi digital marketing yang berbasis hasil. Pendekatan ini sangat cocok untuk Anda yang ingin benar-benar mendapatkan hasil dari strategi digital marketing yang sedang dijalankan.

Bagi Anda yang masih kebingungan untuk mencari penyedia layanan performance campaign marketing, tidak perlu khawatir. IDEOWORKS yang merupakan sebuah integrated digital marketing agency profesional, menawarkan layanan brand performance campaign dengan hasil optimal. Untuk informasi lebih lanjut, silakan hubungi kami di sini!

Let’s talk about your brand