Siapa sangka platform yang baru muncul kurang lebih lima tahun ini menjadi anugerah bagi para kreator-nya. Pasalnya pengguna TikTok for business kini bisa langsung menghasilkan kesuksesan—mendapatkan cuan dan popularitas—hanya dengan satu layanan kreasi berbasis aplikasi bernama TikTok creator fund. Meski tentu saja dengan syarat dan ketentuan yang berlaku, pengguna TikTok dapat melakukan cara yang mudah untuk mengikuti layanan ini.
Kehebatan TikTok creator fund bukan saja menjadi hype para kreator atau influencer, tetapi pebisnis dapat menghasilkan pundi-pundi dengan mengunggah konten video pendek secara langsung. Tingginya minat TikTok dua tahun belakangan menjadi acuan platform asal Tiongkok ini meluncurkan fitur baru yang memungkinkan siapapun dapat menghasilkan uang lebih banyak dari platform lain. Namun, untuk menjadi sukses dengan penghasilan yang lebih besar, TikTok creator fund memiliki strategi dan teknik yang tepat untuk konten kamu dapat digemari para penonton dan mempertahankan engagement akun. Apa saja yang bisa mereka lakukan? Simak secara detail cara jadi kreator sukses mengikuti TikTok creator fund di artikel ini. Baca sampai habis, ya!
Pengertian TikTok Creator Fund
TikTok creator fund adalah program pendanaan atau monetisasi yang diberikan oleh kreator TikTok dengan strategi berbagi hasil. TikTok creator fund sangat berbeda dengan monetisasi yang diberikan platform YouTube yang menghimpun pendapatan kreator dari berbagai hasil iklan. Peluncuran program TikTok satu ini memang baru pertama kali diadakan pada tahun 2021 dengan tujuan mulia untuk sang kreator dapat menghasilkan uang atau berbisnis konten melalui ciri khas mereka sendiri.
Sejak pertama kali dirilis, layanan TikTok creator fund langsung mendapatkan sambutan luar biasa dari para kreator, pengguna, maupun influencer yang sebelumnya hanya mengandalkan satu pintu pemasaran. Dimana selama ini mereka hanya memperoleh uang dari TikTok melalui kerjasama endorsement produk brand bisnis.
Meski sampai hari ini TikTok belum resmi menyatakan bagaimana struktur pembayaran resmi yang diperoleh kreator, tetapi sejauh ini TikTok melalui program creator fund mulai membayar konten yang telah memenuhi persyaratan umum dengan kompensasi yang setimpal. Artinya program TikTok creator fund telah berjalan sesuai syarat dan ketentuan resmi yang dirilis sejak kemunculannya untuk saling menguntungkan atas apa yang telah dikerjakan sang kreator.
Bagaimana dengan program Creativity dari TikTok Creator Fund?
TikTok creator fund creativity program ini telah tersedia lebih besar mendapatkan kesuksesan kreator berdasarkan undangan saja. Bagi kreator yang memenuhi syarat, akan tersedia secara detail program ini.
Bahkan, diketahui dari laman TechCrunch, platform TikTok juga menetapkan monetisasi akun dengan menghitung interaksi video konten, jumlah penonton, serta performa di salah satu region khusus.
Ada beberapa fakta lain tentang TikTok creator fund yang bisa kamu ketahui sebelum mengikutinya.
- Sejak kehadiran TikTok creator fund, platform ini memberikan dana investasi sebesar $200 juta dengan tujuan dapat mengumpulkan $1 Miliar dalam waktu tiga tahun saja
- Tujuan awal penyedia layanan TikTok creator fund adalah membuka peluang bagi kreator untuk sukses menerapkan TikTok for business dengan konten yang digemari penonton, sehingga menjadi sumber penghasilan
- Kompensasi TikTok creator fund berdasarkan metrik kreator, termasuk perhitungan jumlah penonton serta interaksi yang didapatkan dari sebuah konten
- Layanan monetisasi TikTok creator fund menekankan pada keaslian konten yang sejalan dengan misi TikTok untuk memberikan inspirasi, inovasi dan kreativitas
Syarat Mengikuti TikTok Creator Fund Creativity Program
Meski TikTok belum membahas berapa banyak followers yang dibutuhkan kreator untuk memenuhi syarat program ini, adanya laporan yang menunjukkan bahwa persyaratan minimum yang harus dipenuhi adalah 100.000 pengikut. Bila kriteria ini benar terbukti, maka ada peningkatan yang signifikan dari persyaratan sebelumnya hanya 10.000 pengikut di bawah creator fund.
Kemudian, syarat berikutnya si kreator harus membuat video asli berkualitas tinggi dengan durasi lebih satu menit. Meski konteksnya, TikTok creator fund tidak mewajibkan video lebih dari satu menit agar memenuhi syarat untuk pembayaran. Hanya saja, TikTok kini telah memperluas durasi video yang sebelumnya tiga menit menjadi 10 menit, dan terus memaksimalkan penghargaan kepada kreator memposting konten dengan durasi yang lebih panjang.
Fokus TikTok pada konten yang lebih lama memang tidak mengherankan, mengingat ada sebuah platform yang ingin merambah lebih jauh mendekati wilayah kanal video konten YouTube.
Tujuan TikTok Creator Fund Jadikan Kreator Semakin Sukses
Sudah siap jadi kreator sukses dari kategori TikTok for business? Jika iya, sudah saatnya kamu bergabung dengan TikTok creator fund. Ciptakan karya terbaik, inovatif dan kreatif demi menjadi yang lebih baik dari sebelumnya.
Saat ini TikTok mengklaim bahwa perilisan TikTok creator fund sangat baik mendukung kreator secara finansial, serta motivasi lebih kepada pembuat konten. Dari tujuan baik ini, mari kita bahas satu per satu yang menjadikan kreator sukses dengan TikTok creator fund.
Kreativitas Terus Terasah, Konten Lebih Berkualitas
Dengan hadirnya program mulia ini, memastikan terbukanya wawasan kreator untuk terus mengandalkan konten dengan kreativitas. Apalagi kalau penghasilan bisa didapatkan melalui konten kreatif, bisa jadi para kreator akan lebih mengasah strategi menciptakan konten TikTok yang bermanfaat dan berkualitas.
Saat ini pun TikTok telah menyatakan sebanyak 56% kreator lebih bersemangat menguji kreativitas mereka untuk membuat konten di platform agar mendapatkan hasil yang baik dari TikTok creator fund. Dengan monetisasi yang jelas dan pasti, cara ini sangat efektif mendorong jutaan kreator dunia lebih variatif dengan aktivitas yang terus terasah setiap harinya.
Memanfaatkan Popularitas Influencer, Lebih Besar Interaksi
Selanjutnya bagi mereka pebisnis yang menerapkan TikTok for business dengan aktivitas sehari-hari dengan aplikasi bisa memanfaatkan popularitas influencer. Guna mendapatkan interaksi lebih besar, influencer dapat memberikan keuntungan brand bisnis mendapatkan pengunjung yang lebih besar untuk melakukan interaksi, sehingga memperluas jangkauan konten yang diinginkan.
Meskipun tidak diumumkan secara langsung, TikTok creator fund juga mengizinkan agar kreator tetap berada pada kemurniaan program dan tidak terbentur pada pihak ketiga di luar secara independen.
Menjaga Hubungan Baik dengan Influencer
Keberadaan influencer TikTok yang konsisten dapat memberikan sebuah konten yang menarik minat penonton secara masif, tentunya menguntungkan kreator, bukan? Nah, sebagai tanda terima kasih, kreator dapat menjaga hubungan baik dengan influencer dari program TikTok creator Fund. Karena suatu hal baik akan menghasilkan tujuan yang baik pula. Biasanya influencer akan lebih senang, bila pencapaian sang kreator yang menjalankan TikTok for business memberikan kompensasi sebagai hadiah virtual sebagai tanda terima kasih.
Sebagai kreator TikTok yang ingin mengikuti TikTok creator fund, melihat tujuan di atas tentu harus memahami betul konten visual video maupun audio. Jangan ada duplikasi atau plagiat yang menjadikan kualitas konten tidak kompeten. Dan alasan lainnya adalah rendahnya rasio for your page (FYP). Pastikan sumber trafik video TikTok kamu adalah organis yang berasal dari FYP dengan persentase rasio 75%.
Bagaimana bisa mencapai rasio tersebut? Kamu bisa mengandalkan digital marketing creative agency terbaik seperti IDEOWORKS. Dengan tim creative management yang kompeten dan profesional, IDEOWORKS dapat menjalankan TikTok for business kamu semakin populer dengan rasio lebih dari 75%. IDEOWORKS juga bisa memberikan ilmu yang bermanfaat untuk menjadi seorang kreator sukses, agar kamu bisa mengikuti TikTok creator fund secara alami. Yuk, hubungi IDEOWORKS sekarang!
Baca Juga :
Cek 7 Ide Konten TikTok Buat Creative Promotional Marketing Agency