Pernahkah Anda mendengar tentang brand activation agency? Brand activation merupakan salah satu jenis promosi yang cocok untuk memperkenalkan produk baru. Menerapkan brand activation akan membantu produk baru Anda dikenal luas.
Bukan hanya itu, strategi brand activation juga dapat dimanfaatkan oleh brand yang ingin melakukan rebranding dengan value barunya. Sebenarnya, apa itu brand activation? Benarkah ini merupakan salah satu layanan yang ditawarkan oleh digital marketing agency?
Apa itu brand activation?
Brand activation merupakan suatu istilah yang digunakan untuk menyebut berbagai aktivitas yang dapat membuat brand atau produk Anda dikenal. Aktivitas ini bisa berupa campaign, penyelenggaraan acara, hingga interaksi dengan audiens media sosial brand Anda. Sebagian besar aktivitas brand activation bersifat interaktif, memungkinkan audiens untuk terlibat langsung.
Penting untuk diingat, brand activation berbeda dari strategi branding konvensional. Sebab, strategi ini fokus pada aktivitas yang interaktif dan bertujuan untuk meningkatkan brand awareness serta membuka hubungan dengan target audiens brand.
5 Contoh brand activation
Brand activation memiliki beragam pendekatan yang dapat Anda pilih sesuai kebutuhan. Berikut adalah beberapa contoh strategi yang biasanya diterapkan oleh jasa brand activation agency:
1. Pemberian sampel
Bisa dibilang, inilah strategi brand activation yang paling banyak digunakan dan hasilnya efektif. Dengan membiarkan calon konsumen mencoba produk secara gratis, makin besar kemungkinan mereka akan tertarik dan melakukan pembelian.
Jika ingin menerapkan strategi ini, lakukan di event yang didatangi oleh target audiens Anda. Cara lainnya adalah dengan mengumpulkan alamat pelanggan dan kemudian mengirimi mereka sampel. Jangan lupa untuk menyertakan sapaan dan meminta penerima untuk membagikan foto sampel di media sosial mereka.
2. Kontes di media sosial
Kontes atau challenge di media sosial kini tengah digemari oleh masyarakat. Anda pun bisa memanfaatkannya untuk brand activation. Misalnya, Anda dapat meluncurkan produk spesial yang diproduksi dalam jumlah terbatas. Buat konten challenge di media sosial yang mendorong audiens untuk posting produk saat mereka menemukannya.
3. Experiential marketing
Experiential marketing, atau terkadang disebut engagement marketing, merupakan strategi yang menciptakan pengalaman imersif agar audiens dapat terlibat. Pengalaman ini tidak harus melibatkan produk tertentu, tapi lebih fokus pada value yang diyakini oleh brand dan pesan yang ingin disampaikan kepada audiens.
Katakanlah Anda menjual produk skincare dengan manfaat mencegah penuaan dini. Strategi experiential bisa dilakukan dengan menghadirkan mesin pengecekan kondisi kulit. Anda bahkan bisa menggabungkannya dengan pemberian sampel. Cara ini akan mendorong kesadaran audiens terhadap brand dan produk Anda.
4. In-store brand activation
Strategi ini paling populer di kalangan pengecer dan bisnis yang menarget B2C lainnya. Mereka menggelar event di toko mereka sendiri dan mengajak audiens untuk melihat dan mencoba produk secara langsung.
Namun, strategi brand activation ini kurang umum di antara bisnis B2B. Meski begitu, Anda pemilik bisnis B2B juga bisa menerapkan strategi in-store, caranya dengan menggelar sebuah event yang mempertemukan klien dengan orang-orang yang membuat, memasarkan, dan menjual produk Anda. Buat sesi sharing yang interaktif dan mendorong klien untuk memberikan feedback.
5. Event pameran
Terakhir, brand activation juga dapat dilakukan dengan menggelar event pameran atau trade show. Acara semacam ini memberi banyak peluang untuk brand activation.
Anda dapat mengikuti pameran dengan membuka booth yang mengajak pengunjung untuk mencoba langsung produk. Bisa juga dengan memberi presentasi langsung untuk mendemonstrasikan cara kerja produk. Pendekatan ini akan memperkenalkan brand Anda kepada audiens baru. Terlebih, acara semacam ini merupakan cara yang tepat untuk mencoba teknik brand activation lain, seperti experiential marketing maupun pemberian sampel.
Memanfaatkan brand activation agency untuk hasil yang optimal
Brand activation membantu Anda mendemonstrasikan brand atau produk baru secara efektif sekaligus mendorong feedback dari konsumen. Bukan hanya itu, brand activation juga akan membantu Anda membangun citra yang menarik di mata pelanggan.
Segala manfaat tersebut bisa Anda dapatkan dengan menyusun strategi brand activation yang optimal. Hanya saja, prosesnya sering kali memakan waktu lama dan tak jarang memerlukan riset panjang agar lebih tepat sasaran.
Tak perlu khawatir proses ini akan menghabiskan waktu Anda. Sebab, kini sudah ada brand activation agency yang akan membantu bisnis Anda merancang strategi aktivasi yang efektif dan tepat sasaran seperti IDEOWORKS.
Strategi brand activation merupakan pilihan yang tepat bagi bisnis yang baru dirintis atau bisnis yang berencana meluncurkan produk baru. Agar strategi ini dapat berjalan efektif dan memberikan hasil optimal, Anda dapat menggunakan jasa brand activation agency Jakarta seperti IDEOWORKS. Dengan pengalaman menangani marketing campaign untuk lebih dari 3.000 brand, IDEOWORKS siap membantu Anda merancang strategi brand activation yang menarik dan tepat sasaran.