Articles

28 September 2021

Mengenal Istilah 4C dalam Integrated Marketing Communication

Sebagai manusia, kita cukup pandai dalam melihat ketika segala sesuatunya tidak sejalan atau bekerja sama dengan baik. Itu membuat kita gelisah. Kita tidak menyukainya bahkan jika kita tidak yakin apa yang ‘tidak tepat’. Oleh karena itu, sebagai marketer, kita tidak hanya harus cukup baik dalam memastikan bahwa komunikasi dan campaign kita benar-benar terintegrasi, tetapi juga sangat baik jika kita tidak ingin campaign kita gagal. Di situlah sebuah integrated marketing agency dapat membantu. Integrated marketing agency tersebut dapat menggunakan 4C dalam integrated marketing communication. Apa sebenarnya 4C itu?

Sebelum masuk ke 4C tersebut, kita harus ketahui dulu apa itu integrated marketing communication. Integrated marketing communication adalah proses menyatukan semua aspek komunikasi pemasaran, seperti periklanan, public relation, dan media sosial, dan menggunakan campuran dari media, channel, dan taktik masing-masing untuk memberikan pengalaman yang mulus dan berpusat pada pelanggan. Pada praktiknya, integrated marketing communication berarti memiliki konsistensi dalam tampilan, nuansa, dan nada pada pesan yang  Anda sampaikan di semua channel atau platform  yang Anda gunakan.

Integrated marketing agency yang baik memfokuskan kegiatan integrated marketing communication pada pesan yang disampaikan. Strategi ini mengintegrasikan segala sesuatu dengan mulus, mulai dari iklan dan promosi penjualan, hingga public relation dan media sosial untuk menargetkan pelanggan potensial. Pada dasarnya, walaupun bentuk dan kata-kata dalam channel-channel komunikasi tersebut berbeda, tapi ia memiliki satu pesan yang jelas. Pesan tersebut dapat diumpamakan seperti benang merah dari semua kegiatan digital marketing Anda. Namun, sebelum Anda menjalankan sebuah campaign dengan menggunakan integrated marketing communication, Anda harus mencocokkan strategi campaign Anda dengan 4C, yaitu consistency, coherence, continuity, dan complementary.

Consistency

Konsistensi melihat apakah pesan yang akan Anda sampaikan di berbagai platform yang sudah Anda rencanakan saling mendukung dan menguatkan? Memiliki pesan inti campaign, gambar dan/atau hashtag adalah salah satu cara untuk memastikan konsistensi. Terkadang, Anda harus mengambil langkah ke belakang dan memikirkan bagaimana semua pesan bekerja di semua elemen media, sehingga memastikan koherensi pesan Anda sepanjang campaign.

Coherence

Koherensi memastikan apakah komunikasi yang berbeda terhubung secara logis? Apakah seseorang dapat melihat pesan A di tempat A, kemudian melihat pesan B di tempat B, dan dapat langsung mengerti bagaimana mereka saling terhubung satu sama lain?Anda bisa mengujinya terlebih dulu, seperti kepada keluarga, teman, dan kolega Anda. Tunjukkan elemen campaign yang berbeda-beda ini dan atanyakan apakah mereka dapat mengambil pesan inti dari masing-masing contoh, dan lihat apakah mereka akan mengatakan itu semua dari satu campaign atau dari berbeda campaign.

Continuity

Kontinuitas melihat apakah campaign Anda terhubung dengan jelas ke campaign dan komunikasi sebelumnya, dan apakah mereka konsisten sepanjang waktu. Campaign yang kuat dan sukses adalah campaign yang telah berjalan selama beberapa tahun, dibangun di atas idea tau pesan inti yang sama, tetapi berkembang menggunakan media dan cara terbaru untuk mewujudkan pesan inti tersebut.

Baca Juga  Festival Musik Sebagai Strategi Integrated Marketing Communication

Complementary

Complementary saling melengkapi berfokus pada semua elemen dari campaign Anda secara keseluruhan dan melihat sinergi di mana jumlah bagian kecil memiliki efek lebih besar dari keseluruhannya. Contohnya seperti jika Anda mendesain sebuah ruangan di mana semua elemen dari ruangan itu dipilih secara teliti untuk bersinergi dengan satu sama lain sehingga impact dari ruangan itu menjadi lebih “wah”. Ini lah yang Anda cari dari campaign Anda.

IDEOWORKS hadir sebagai partner integrated marketing agency terpercaya yang dapat membantu Anda mengimplementasikan 4C ke dalam strategi integrated marketing communication Anda. Sebagai integrated marketing agency Jakarta, kami memiliki tim ahli dalam integrated marketing communication sehingga Anda tak perlu ragu untuk berkolaborasi bersama kami.

More Info

CONTACT US

Address

Pejaten Barat 46, Pasar Minggu

Jakarta Selatan 12510 INDONESIA

Email marketing@ideoworks.co.id

Phone/WA +62 812 9000 66150

Back to top