Articles

28 September 2021

Mengenal Programmatic DOOH Sebagai Sarana Baru Creative Digital Marketing

Di tengah pandemi COVID-19, banyak pelaku bisnis merasakan betapa bergunanya strategi marketing yang tepat dan fool-proof, tidak dapat terganggu oleh keadaan, dan tetap mudah untuk dilakukan. Jasa creative agency Jakarta menjadi salah satu jasa yang dicari dalam keadaan seperti ini.

Creative agency Jakarta dapat membantu Anda sebagai pelaku bisnis untuk menggunakan berbagai bentuk advertising yang cocok untuk bisnis Anda. Salah satu bentuk advertising yang dapat dilakukan oleh creative agency Jakarta adalah programmatic digital out-of-home advertising atau pDOOH. Apa sebenarnya pDOOH dan bagaimana ini dapat membantu bisnis Anda?

Programmatic digital out-of-home atau programmatic DOOH pada dasarnya hampir sama dengan OOH dan DOOH pada umumnya. Programmatic digital out-of-home mengacu pada otomatisasi dari proses buying, selling, dan delivery dari OOH advertising. Programmatic DOOH mengotomatisasi penjualan dan pengiriman konten iklan dengan cara yang mirip dengan online advertising. Pembeli akan menetapkan conditions di mana mereka ingin membeli media, dan ketika kondisi tersebut terpenuhi, iklan akan dibeli secara otomatis.

Manfaat DOOH sendiri sudah sangat banyak, antara lain tidak dapat dilewati atau di-skip, mudah diingat dan menarik, dan tidak terpengaruh oleh ad blocker seperti di online advertising. Programmatic DOOH memaksimalkan dan menambahkan manfaat-manfaat tersebut. Programmatic DOOH bersifat lebih fleksibel, di mana Anda bahkan dapat menyelaraskan iklan Anda dengan waktu di hari itu. Misalnya, Anda adalah pemilik bisnis kuliner. Saat waktu makan siang, Anda dapat menampilkan iklan bisnis Anda yang sudah dilengkapi dengan pesan singkat namun menarik, sehingga orang-orang akan melihatnya dan memutuskan untuk membeli makanan Anda. Fleksibilitas ini pun dapat dicapai dengan bentuk bisnis lainnya. Isi konten juga dapat disesuaikan dengan lokasi geografis dari pDOOH itu sendiri. Semua itu dapat dicapai tanpa adanya tambahan input dari Anda sendiri, karena semua sudah terprogram dengan baik saat campaign diluncurkan.

Baca Juga  Cara Menggunakan Konten Video yang Efektif

Programmatic digital out-of-home advertising mampu menampilkan iklan Anda melalui trigger berbasis data sehingga dapat meningkatkan akurasi dan mengurangi pemborosan. Anda dapat mengirimkan materi iklan Anda dengan konten yang berbeda-beda berdasarkan waktu, cuaca, lalu lintas pejalan kaki, lalu lintas jalan raya, acara, dan sebagainya. Anda juga dapat menggunakan kombinasi ini untuk menjangkau lebih banyak pemirsa khusus jika diperlukan. Programmatic DOOH juga memungkinkan Anda untuk mengirimkan pesan yang relevan secara cepat dan tanpa perlu melakukan direct buy terus menerus.

Benefits di atas dapat mendatangkan keuntungan untuk bisnis Anda, baik dalam bentuk brand awareness, marketing terus menerus, dan dalam penjualan. Programmatic DOOH dapat diatur sedemikian rupa sehingga setelah Anda meluncurkan campaign, Anda tidak perlu lagi memberikan input apapun.

Di Indonesia, programmatic DOOH masih terhitung baru, sehingga mungkin praktiknya masih sedikit terlihat, bahkan di daerah Jakarta sendiri. Namun bukan berarti Anda tidak bisa menggunakan programmatic DOOH ini, karena pada dasarnya output yang dikeluarkan kurang lebih sama dengan DOOH pada umumnya, yang membedakan hanya proses di belakang layar untuk menghasilkan output berupa digital advertisement tersebut.

IDEOWORKS dapat membantu Anda membuat konten advertising ini, baik untuk DOOH pada umumnya maupun untuk programmatic DOOH. Sebagai salah satu creative agency Jakarta, kami memiliki tim ahli untuk mengakomodasi kebutuhan marketing Anda, dan menjadi partner creative agency Jakarta untuk berbagai kebutuhan digital agency Anda.

More Info

CONTACT US

Address

Pejaten Barat 46, Pasar Minggu

Jakarta Selatan 12510 INDONESIA

Email marketing@ideoworks.co.id

Phone/WA +62 812 9000 66150

Back to top