Articles

29 Januari 2021

Mengoptimalkan All Social Network Saat Mulai Merintis Bisnis

Saat ini internet berkembang menjadi komunitas interaktif yang lebih terhubung media sosial. Tak salah jika banyak yang kemudian mengoptimalkan jejaring sosial untuk kepentingan bisnis. Pengoptimalan media sosial, atau juga dikenal sebagai SMO (Social Media Optimization), dilakukan dari cara sederhana seperti media monitoring hingga optimasi ads yang lebih kompleks yang bertujuan untuk meningkatkan penjualan. Selain tujuan di atas, optimalisasi media sosial juga bisa digunakan untuk menjangkau lebih banyak calon pelanggan, meningkatkan kesadaran merek Anda, dan meningkatkan kunjungan ke website. Lalu bagaimana cara mengoptimalkan jejaring sosial di saat mulai merintis bisnis, Anda bisa baca ulasannya berikut ini: 
  1. Lebih Bersosialisasi di Media Sosial
 Menjadi sosial adalah langkah pertama untuk menemukan kesuksesan dengan pemasaran dan pengoptimalan media sosial. Untuk mengoptimalkan media sosial Anda secara efektif, Anda perlu memahami lanskap media sosial dengan menjadi bagian darinya. Dengan kata lain, Anda perlu berpartisipasi dalam setiap cara yang memungkinkan untuk memastikan bahwa Anda berada di jalur yang benar. Setelah Anda membuat profil media sosial di jejaring sosial tertentu, jadikan media sosial sebagai media monitoring. Luangkan waktu untuk follow orang lain, mengunjungi profil mereka, mengomentari konten mereka, dll. Membangun jaringan adalah tentang berhubungan dengan orang lain dengan menjangkau mereka dan memulai hubungan baru. Berikut tiga cara sederhana untuk lebih bersosialisasi:
  1. Like postingan akun dengan tema sejenis
  2. Komentari postingan akun dengan tema sejenis
  3. Bergabung dengan grup dengan tema sejenis
 Salah satu manfaat jejaring sosial adalah Anda dapat terhubung dengan individu yang berpikiran sama dengan bergabung dengan grup yang relevan. Saat Anda menjadi bagian dari grup yang sesuai dengan minat Anda, merumuskan hubungan yang lebih baik menjadi mudah. Anda tidak harus terlalu aktif dalam grup, tetapi akan selalu membantu jika Anda memposting konten yang bagus dan berkontribusi di dalamnya. Terakhir, cobalah untuk memanfaatkan grup-grup ini untuk memperluas jaringan langsung Anda dan membuat koneksi dengan influencer yang dapat membantu Anda dalam pemasaran. Ingat, semakin aktif Anda secara teratur, semakin baik hasil yang akan Anda lihat. 
  1. Tambahkan Tombol Share Media Sosial di Website
 Hari ini, siapapun dapat berbagi apapun hanya dengan mengklik satu tombol. Inilah sebabnya mengapa Anda ketinggalan jika Anda tidak memiliki tombol berbagi media sosial di situs web Anda. Ketika salah satu pengunjung Anda menemukan beberapa informasi berguna di halaman web atau blog Anda, mereka harus memiliki opsi untuk berbagi konten dengan mudah dengan pengikut dan teman media sosial mereka. Dengan membuatnya mudah untuk menyampaikan konten kepada orang lain, peluang untuk mendapatkan lalu lintas dan keterpaparan yang relevan meningkat. 
  1. Optimalkan Profil Media Sosial
 Media sosial juga bisa disebut media monitoring, dalam artian dilihat bebas oleh publik. Memanfaatkan hal ini, salah satu langkah optimasi media sosial termudah adalah dengan optimalkan profil media sosial. Adapun caranya adalah sebagai berikut: Tampilkan brand agar terlihat profesionalMenampilkan logo perusahaan di profil media sosial tidak hanya membantu dalam branding tetapi juga memastikan perusahaan Anda terlihat lebih profesional. Karena Anda harus memberikan kesan pertama yang baik pada siapa saja yang menyukai atau mengikuti halaman Anda. Tampilkan tautan ke profil media sosial lainnyaJika Anda sudah memiliki follower loyal di satu platform media sosial, mengapa tidak meminta mereka untuk mengikuti Anda di platform lain juga? Misalnya, jika Anda baru saja mendaftar ke Instagram, Anda dapat memberi tahu pengikut Facebook Anda untuk memeriksa profil Anda. Tautan ke website utamaLengkapi profil media sosial dengan link menuju website utama. Ini tidak hanya bertujuan untuk mengekspos alamat website utama, namun juga memudahkan pengikut Anda untuk memahami halaman profil mana yang resmi. Mulailah dengan mencantumkan URL situs Anda di bagian "tentang" di profil media sosial Anda. Selain itu, coba verifikasi profil Anda agar terlihat lebih autentik dan nyata. Isi setiap baris baris pertanyaan di profil media sosialAnda harus mengisi semua bagian profil dengan informasi yang akurat dan menambahkan deskripsi yang relevan dan berkualitas tinggi yang memberikan gambaran jelas tentang perusahaan Anda. Langkah ini merupakan bagian integral untuk meningkatkan keterkaitan bisnis Anda dengan sasaran bisnis, topik, dll. Gunakan Kata Kunci PencarianSilahkan cari tahu kata kunci SEO utama Anda sehingga Anda dapat memasukkannya ke dalam profil Anda. Selipkan kata kunci ini di mana pun yang bisa dan sesuai, mulai dari halaman profil sampai caption postingan yang Anda bagikan. 
  1. Optimalkan Konten Media Sosial Anda
 Sebagai sebuah bisnis, salah satu prioritas utama Anda adalah mencari audiens baru dan menemukan prospek yang akan tertarik dengan produk atau layanan Anda. Selain membantu memperkuat hubungan dengan pelanggan yang sudah ada, konten juga akan membantu Anda terhubung dengan orang yang tidak mengenal merek Anda. Konten media sosial tidak berbeda dengan konten di situs web Anda. Sebagai media monitoring, akses menuju konten media sosial bisa juga datang melalui mesin pencari atau fitur search dalam platform media sosial yang sama. Jadi, mengoptimalkan konten media sosial, bisa dengan menunggangi hal yang sedang tren atau cara-cara berikut ini:
  • Gunakan konten berbasis kata kunci
  • Posting yang bermanfaat dan bakal di-embed oleh orang lain
  • Riset hashtag yang sesuai dan masukkan hashtag trending yang sesuai
  • Hindari posting konten yang tak relevan
  • Beri hal unik / ciri khas di setiap konten yang dibagikan
 
  1. Optimalkan Iklan Media Sosial
 Terkadang, jangkauan konten media sosial secara organik membutuhkan waktu untuk bisa mendapatkan hasil. Jika Anda kekurangan waktu, tetapi memiliki budget berlebih, maka beriklan bisa menjadi jawaban. Jika dilakukan dengan benar, iklan media sosial berbayar dapat menjadi cara yang murah dan efektif untuk menjangkau audiens target Anda. Berikut adalah dua tip sederhana namun terbukti untuk membantu Anda mengoptimalkan iklan media sosial dan memberi Anda ROI yang lebih baik.
  • Uji beberapa metode dan versi iklan
  • Buat custom landing page
 Anda juga bisa integrasikan antara organik dan berbayar untuk mendapatkan hasil yang lebih optimal. Pastikan setiap follower baru atau calon customer yang datang dari iklan berbayar mendapat treatment tepat sehingga investasi iklan Anda juga tidak sia-sia.Mengoptimalkan jaringan media sosial bisa menjadi kunci kesuksesan saat merintis atau mengawali sebuah bisnis. Meski begitu bukan berarti hal tersebut mudah dilakukan, dibutuhkan strategi dan optimalisasi media sosial sesuai dengan bisnis yang dijalankan agar lebih optimal.Pemasaran digital menggunakan media sosial juga bisa Anda percayakan dengan IDEOWORKS. Digital marketing agency ini siap menjadi mitra yang mampu memenuhi segala aspek kebutuhan pemasaran digital yang dapat berdampak positif pada bisnis Anda.
More Info

CONTACT US

Address

Pejaten Barat 46, Pasar Minggu

Jakarta Selatan 12510 INDONESIA

Email marketing@ideoworks.co.id

Phone/WA +62 812 9000 66150

Back to top