Key points
- Lead generation dengan SEO bisa membantu Anda mencetak penjualan yang lebih tinggi karena calon klien akan melakukan riset melalui mesin pencari terlebih dahulu.
- Untuk meningkatkan kualitas lead campaign dengan SEO, Anda perlu membuat daftar kata kunci yang relevan dengan setiap tahap funnel marketing.
- Pastikan juga website Anda memiliki performa yang baik, konten yang substansial, dan lengkap dengan ajakan yang jelas.
Sebelumnya, Anda telah membaca manfaat SEO untuk B2B. Singkatnya, strategi digital marketing ini bisa membantu Anda mencetak lebih banyak penjualan dan meningkatkan brand awareness secara signifikan. Untuk bisa menikmati manfaat tersebut, Anda harus tahu cara meningkatkan kualitas lead campaign dengan SEO.
Namun, bagaimanakah cara membuat strategi tingkatkan lead generation dengan SEO yang tepat? Mari kita pelajari selengkapnya melalui tulisan berikut!
Tips to Leverage SEO for Lead Generation
Meningkatkan keberhasilan lead campaign dengan SEO untuk bisnis B2B memerlukan pendekatan yang terstruktur dan strategis. Supaya lebih efektif, Anda bisa menerapkan lima tips to leverage SEO for lead generation di bawah ini:
1. Buat daftar kata kunci yang relevan
Langkah pertama dari strategi tingkatkan lead generation dengan SEO adalah membuat daftar kata kunci yang relevan dengan industri Anda. Idealnya, kata kunci ini harus mencerminkan produk atau layanan yang Anda tawarkan, serta masalah yang dihadapi oleh target audiens Anda.
Untuk menemukan keywords yang pas dengan mudah, Anda dapat menggunakan alat seperti Google Keyword Planner, Ahrefs, atau SEMrush. Fokuslah pada angka volume pencarian dan tingkat persaingannya.
2. Susun hasilnya untuk setiap tahap funnel
Menurut Demand Gen Report, 95% klien B2B memilih penyedia jasa yang memiliki cukup banyak konten untuk setiap tahap buyer journey. Oleh sebab itu, sebaiknya Anda menyusun kata kunci dan rencana konten berdasarkan tiap tahap marketing funnel untuk lead campaign dengan SEO: awareness, consideration, dan decision.
Kata kunci pada tahap awareness biasanya lebih umum dan bersifat informatif. Berikutnya, untuk tahap consideration, kata kuncinya lebih spesifik dan berkaitan dengan perbandingan. Sedangkan pada tahap decision, kata kunci biasanya sangat spesifik dan langsung terkait dengan produk atau layanan yang Anda tawarkan.
3. Optimalkan website dan konten yang sudah ada
Apabila Anda sudah menentukan kata kunci yang tepat, sekaranglah saatnya mengoptimalkan website dan konten yang sudah ada. Sebab, 75% dari kredibilitas sebuah website milik bisnis B2B bersumber dari desain, kecepatan loading, dan kemudahan navigasinya.
Jadi, jangan lupa periksa kembali halaman web Anda untuk memastikan bahwa semuanya sudah menggunakan kata kunci yang relevan. Terutama, pada judul, meta description, header, dan konten utama.
Selain itu, pastikan bahwa halaman web Anda mudah dinavigasi, tidak membutuhkan waktu lama untuk loading, dan responsif di berbagai perangkat. Satu hal lagi yang tidak kalah penting, cobalah memperbarui konten existing Anda secara berkala dengan data atau informasi terkini.
4. Buat konten baru untuk mengisi celah
Jika Anda menemukan bahwa ada tahap dalam funnel yang kurang didukung oleh konten saat ini, jangan ragu-ragu membuat konten baru untuk mengisi celah tersebut demi mensukseskan lead campaign dengan SEO.
Misalnya, jika Anda menemukan bahwa konten di website Anda kurang bisa menjawab masalah calon klien dalam tahap consideration, Anda dapat membuat studi kasus, whitepaper, atau ulasan produk.
Apa pun jenis konten yang ingin Anda buat, pastikan Anda menggunakan kata kunci yang terkait dan isinya harus menggerakkan prospek lebih jauh ke dalam tahapan funnel.
5. Kumpulkan leads dengan formulir dan CTA yang jelas
Terakhir, cek kembali apakah setiap halaman sudah memiliki Call-to-Action (CTA) yang spesifik dan formulir yang responsif untuk pengumpulan leads. Formulir ini sebaiknya tidak meminta terlalu banyak informasi, sehingga pengunjung tidak ragu untuk mengisinya.
Lalu, untuk CTA, pastikan Anda meletakkannya di bagian yang strategis, seperti di akhir artikel, sidebar, atau pop-up tanpa mengganggu pengalaman pengguna. Selain itu, CTA Anda juga sebaiknya menawarkan nilai nyata kepada pengunjung. Misalnya, e-book gratis, demo produk, atau konsultasi gratis.
Rekomendasi Jasa SEO dan Lead Generation
Apakah Anda tidak tahu harus memulai dari mana untuk merencanakan atau mengeksekusi lead generation campaign bisnis B2B? Tidak perlu khawatir, sebab Anda bisa mengandalkan bantuan dari jasa SEO dan lead generation yang mumpuni. Jika Anda berlokasi di Jakarta dan sekitarnya, Anda dapat mempertimbangkan IDEOWORKS.
Sebagai agency yang sudah berdiri sejak tahun 2012, IDEOWORKS telah berpengalaman di bidang digital marketing, termasuk untuk SEO dan content marketing. Apalagi, IDEOWORKS juga telah memiliki sertifikasi sebagai Premier Google Partner dan bekerja sama dengan lebih dari ratusan brand di Indonesia, termasuk bisnis B2B.
Untuk meningkatkan keberhasilan lead campaign dengan SEO, sebaiknya strategi Anda mempertimbangkan semua tahap marketing funnel. Dengan demikian, Anda bisa menawarkan solusi yang lebih komprehensif untuk calon klien, sehingga mereka akan semakin tertarik.
Jika Anda membutuhkan bantuan untuk merencanakan maupun melaksanakan konsep marketing kreatif Anda, IDEOWORKS siap membantu bisnis Anda kapan pun. Mari konsultasikan ide Anda dengan para ahli kami!