Anda pasti pernah melihat iklan yang terpampang di baliho sepanjang jalan, ataupun melihat iklan di stasiun kereta dan tempat umum lainnya. Ternyata, cara iklan seperti ini merupakan penerapan dari strategi marketing out of home atau OOH, yang juga masih banyak dilakukan para advertising agency di Jakarta Selatan.
Walau digital marketing saat ini begitu marak, OOH masih dinilai sebagai strategi pemasaran yang ampuh, terutama jika target konsumennya adalah masyarakat yang tinggal di daerah sekitar ibu kota, seperti Jakarta Selatan. Hal ini tidak terlepas dari tingginya tingkat aktivitas dan kesibukan masyarakat di luar rumah.
Namun, pembuatan iklan di tempat umum seperti ini tidak dapat dilakukan sembarangan. Diperlukan strategi marketing yang tepat agar iklan tersebut mampu menjangkau target audiens. Oleh karena itu, diperlukan pemilihan advertising agency di Jakarta Selatan yang sesuai dan dapat memenuhi kebutuhan pemasaran perusahaan Anda. Lantas, mengapa strategi ini masih menjadi andalan sejumlah perusahaan?
Apa itu strategi marketing Out of Home?
Out of Home merupakan strategi pemasaran di mana iklan disampaikan kepada khalayak di luar rumah melalui papan reklame, tanda, dan jenis media visual atau pengalaman lainnya. Berbagai format bisa berada di ribuan lokasi dan jutaan layar di seluruh dunia.
Saat semua kegiatan dapat dikerjakan secara online, strategi OOH terkadang dianggap sebagai solusi efektif untuk Anda yang mencari cara efisien agar bisa terhubung dengan target audiens. Hal ini terjadi karena banyaknya aktivitas masyarakat di luar rumah, seperti Jakarta Selatan, sehingga dapat dimanfaatkan untuk promosi produk atau perusahaan.
Masyarakat yang melihat iklan tersebut secara berulang-ulang otomatis akan menimbulkan rasa penasaran untuk mencoba produk yang ditawarkan. Namun, jangan khawatir strategi ini dianggap ketinggalan zaman. Pemilihan advertising agency di Jakarta Selatan yang tepat dapat membantu Anda membuat iklan OOH yang efisien, namun mampu menarik perhatian target pasar.
Keunggulan OOH advertising?
Strategi marketing dengan cara Out of Home masih dianggap sebagai solusi efektif di samping advertising yang dilakukan secara online. OOH memiliki sejumlah keunggulan tersendiri, di antaranya sebagai berikut:
1. Luasnya jangkauan target konsumen
Penggunaan strategi OOH dapat memperluas jangkauan target konsumen perusahaan. Berbeda dari iklan online yang biasanya hanya dibuka oleh target pasar tertentu, iklan yang ditempatkan di tempat umum mau tidak mau harus dilihat oleh calon konsumen sekalipun bukan target pasar incaran. Dengan melihat iklan tersebut secara terus-menerus, akan timbul rasa penasaran yang akhirnya membuat mereka mencoba produk yang diiklankan.
2. Efisien meningkatkan brand awareness
Selain itu, penggunaan OOH advertising juga berfungsi untuk meningkatkan brand awareness. Hal ini biasanya dilakukan oleh perusahaan yang baru saja meluncurkan produk terbaru. Dengan begitu, target pasar maupun calon konsumen dapat menyadari keberadaan produk terbaru. Pada akhirnya, mereka akan terpancing untuk membeli produk tersebut.
3. Penyampaian pesan yang efektif
Penggunaan iklan out of home juga dapat menjadi sarana penyampaian pesan yang efektif. Hal ini dilakukan karena terkadang, Anda tidak perlu membuat iklan yang heboh. Cukup satu atau beberapa kalimat saja, Anda sudah dapat menarik perhatian calon konsumen. Oleh karena itu, diperlukan advertising agency di Jakarta Selatan yang dapat membuat iklan secara efektif untuk membantu promosi perusahaan melalui iklan tersebut.
Contoh OOH advertising
Terdapat sejumlah penerapan OOH advertising yang bisa Anda ditemukan di kota besar seperti daerah Jakarta Selatan. Digital agency di Jakarta Selatan yang terlibat dalam pembuatan OOH advertising ini biasanya akan menyesuaikan isi iklan dengan tempat pemasangannya. Berikut ini beberapa contoh OOH advertising:
1. Billboard
Billboard merupakan papan reklame besar yang biasanya diletakkan di sepanjang jalan, terutama jalan-jalan besar. Papan ini sering dimanfaatkan oleh perusahaan untuk melakukan promosi, baik itu dengan gambar ataupun tulisan sederhana yang dapat menarik perhatian calon konsumen. Mengingat iklan yang ditempatkan tidak boleh terlalu penuh, diperlukan pemahaman dan strategi tepat dari agency di Jakarta Selatan untuk membuat iklan secara efektif namun mampu menjangkau target pasar.
2. Retailer
Penerapan OOH advertising juga dapat dilakukan dengan menaruh iklan di depan etalase atau toko besar. Iklan yang biasanya dibuat dalam bentuk selebaran hingga papan iklan digital kecil ini sangat efektif karena akan dilihat oleh pejalan kaki sepanjang hari, selama iklan tersebut masih tertempel.
3. Sarana publik
Iklan juga dapat ditempel atau ditempatkan di sarana publik seperti terminal, stasiun, hingga jembatan penyeberangan. Sehingga, masyarakat yang berada di sekitar sarana ini mau tidak mau akan melihat iklan tersebut.
4. Kendaraan umum
Kendaraan umum juga bisa jadi solusi efektif untuk menempatkan OOH advertising. Apalagi kereta listrik, commuter line atau KRL, hingga LRT yang memiliki papan reklame digital di dalamnya. Iklan-iklan ini juga bisa jadi hiburan penumpang saat menunggu sampai tiba di tujuan mereka.
5. Point-of-sale display
Ketika sedang membayar belanjaan di kasir, Anda pasti sering melihat adanya iklan-iklan suatu produk yang ditempatkan di area sekitar kasir. Hal ini juga merupakan bagian dari strategi OOH advertising untuk memberikan awareness kepada konsumen terhadap sebuah produk yang diiklankan.
OOH advertising menjadi salah satu strategi marketing yang dilakukan di Jakarta karena ada banyak lokasi strategis untuk mengoptimalkan performa OOH tersebut. Jadi, tidak mengherankan apabila OOH advertising jadi andalan banyak advertising agency di Jakarta Selatan dalam menjalankan campaign mereka, termasuk salah satunya IDEOWORKS yang telah berpengalaman dalam perencanaan dan eksekusi strategi OOH advertising.
Sebagai advertising agency yang sudah berpengalaman menangani klien dan brand ternama, IDEOWORKS memastikan bahwa seluruh strategi pemasaran hingga proses eksekusi diinformasikan kepada Anda sebagai klien. Ditambah dengan tim profesional yang telah berpengalaman, kami memastikan OOH advertising akan dilakukan secara efektif. Langsung saja klik di sini untuk eksekusi strategi OOH advertising dengan sukses bersama IDEOWORKS!