Preloader
Skill Wajib Sebelum Apply Kerja di Digital Agency Jakarta

Skill Wajib Sebelum Apply Kerja di Digital Agency Jakarta

Menjadi tim di sebuah digital agency kini menjadi pekerjaan yang diminati, terutama oleh generasi millenial dan Gen-Z yang berada di Jakarta sebagai pusat kegiatan ekonomi negara. Hal ini tidak terlepas dari tingginya kebutuhan perusahaan akan perencanaan dan eksekusi digital marketing secara tepat sasaran.

Oleh karena itu, digital agency Jakarta menjadi salah satu jasa yang dicari oleh banyak perusahaan mengingat keahlian mereka dalam menyusun strategi pemasaran sejak awal hingga pelaksanaan. Tentunya seseorang wajib menguasai skill tertentu agar dapat bekerja di digital agency marketing Jakarta agar nanti bisa mengerjakan job desc yang diberikan. Lantas, skill apa saja yang harus dikuasai?

1. Skill komunikasi dan kerja sama 

Mengingat Anda akan terlibat dalam berbagai project dan pekerjaan dari berbagai klien, diperlukan kemampuan dalam berkomunikasi dan kerja sama yang baik dengan rekan kerja dari tim lain. Hal itu sangat diperlukan untuk memastikan proyek dapat dieksekusi dengan baik. 

Selain itu, komunikasi yang baik dapat membantu Anda dalam menjelaskan kesalahan yang ditemukan dalam pengerjaan proyek. Penjelasan yang tepat tentunya dapat mengurangi potensi terjadinya kesalahpahaman yang berisiko merusak ritme pekerjaan.

2. Planning dan strategi

Selain kerja sama dan komunikasi yang baik, diperlukan pula kemampuan dalam membuat planning dan strategi jika Anda ingin bekerja di agency Jakarta. Tanpa strategi marketing dan branding yang tepat, Anda akan kesulitan memenuhi kebutuhan klien terkait digital marketing maupun branding mereka.

Terlebih, tiap agency biasanya bisa menangani banyak klien sekaligus. Sehingga, skill pembuatan planning dan strategi sangatlah dibutuhkan agar mampu memenuhi kebutuhan klien yang beragam.

3. Social selling

Masifnya perkembangan media sosial membuat branding perusahaan kini dapat dilakukan melalui platform tersebut, seperti Instagram dan Twitter. Oleh karena itu, diperlukan skill social selling yang tepat, seperti menguasai konten iklan, lalu memahami fitur dan tools yang terdapat pada media sosial tersebut. Dengan begitu, promosi klien dapat dilakukan secara tepat sehingga klien dapat menjaga hubungan baik dengan customer.

4. Content marketing

Content marketing menjadi skill penting yang harus dimiliki sebelum Anda apply ke digital agency Jakarta. Hal ini tidak terlepas dari tingginya kebutuhan digital marketing, yang berperan penting dalam branding klien. Oleh karena itu, konten website atau blog bisa menjadi salah satu cara klien dalam melakukan branding agar sampai ke target pasar.

Konten yang ditulis dalam blog juga tidak dapat dibuat secara sembarangan, melainkan harus dibuat sesuai dengan kaidah SEO. Artikel yang SEO-friendly dapat berdampak ke mesin pencarian online seperti Google, di mana konten tersebut punya peluang besar untuk muncul pada peringkat atas saat calon konsumen mencari produk milik klien Anda.

5. Search Engine Marketing

Digital marketing berperan penting dalam penerapan search engine marketing atau SEM. Jika iklan sukses mendatangkan konsumen, artinya search engine marketing berhasil diterapkan dengan baik.

Skill SEM yang baik dapat menjadi bukti bahwa sebuah digital advertising agency Jakarta sudah berpengalaman dalam membuat iklan untuk klien. Skill SEM juga memungkinkan website atau konten perusahaan muncul di halaman terdepan, bersamaan dengan website populer lainnya.

6. Media sosial

Pemanfaatan media sosial yang baik juga merupakan skill yang diperlukan untuk bisa kerja di digital agency Jakarta. Skill terkait media sosial tak hanya tentang posting konten, tapi juga pemahaman akan cara kerja, algoritma, hingga metrik untuk mengukur keberhasilan campaign. Saat nanti mengerjakan request klien, Anda juga perlu tahu media sosial apa yang cocok dengan target konsumen klien, sehingga konten yang dibuat bisa tepat sasaran.

7. Analytics

Perdalam skill digital marketing Anda dengan mempelajari analytics untuk menilai keberhasilan suatu campaign atau konten promosi. Misalnya, Anda baru saja post konten dalam bentuk Reels untuk pertama kalinya di Instagram.

Nah, analytics dapat membantu Anda mengetahui apakah konten tersebut disukai target audiens atau tidak. Melalui analytics, Anda bisa melihat seberapa sering Reels tersebut ditonton, jumlah likes, tingkat engagement, dan lainnya. Jika memang hasilnya baik, Anda dapat terus mengembangkan konten serupa untuk menjaring lebih banyak audiens.

Selain komunikasi, tentu tiap individu tidak wajib memiliki keenam skill lain untuk bisa bekerja di digital marketing agency Jakarta. Semua tergantung pada role yang akan Anda emban di digital agency. Namun, memang, menguasai seluruh skill tersebut akan sangat membantu pekerjaan Anda.

Kabar baiknya, selalu ada ruang untuk belajar dan berkembang. Kuncinya adalah bekerja di digital agency jakarta yang memiliki lingkungan mendukung untuk itu, seperti IDEOWORKS. Klik di sini untuk info selengkapnya!

Let’s talk about your brand