Articles

03 Januari 2022

4 Tips Membangun Social Media Campaign yang Tepat Sasaran

Sebagai sebuah bisnis yang memiliki akun media sosial, tentunya Anda ingin menggunakan media sosial tersebut secara optimal. Social media campaign dapat membantu Anda mewujudkan hal itu. Social media campaign adalah sebuah marketing effort yang terkoordinasi yang bertujuan untuk memperkuat informasi tentang produk atau jasa yang Anda tawarkan di media sosial.

Social media campaign berbeda dengan social media marketing yang Anda lakukan sehari-hari. Social media campaign membutuhkan fokus penuh, target yang jelas, dan pengukuran yang tepat. Social media campaign telah dilakukan berbagai jenis bisnis, di berbagai industri bisnis,dengan berbagai tujuan dan konsep. Beberapa brand mengangkat isu-isu sosial dalam campaign mereka, atau membahas sesuatu yang sedang viral. Namun, mereka sama-sama memiliki satu tujuan: memasarkan produk mereka. Lalu bagaimana membuat social media campaign yang tepat untuk brand Anda? IDEOWORKS.id akan menjelaskannya di bawah ini.

Baca Juga  Mengapa Beralih Ke Integrated Marketing Agency?

Tips Membuat Social Media Campaign yang Tepat untuk Brand Anda

Banyak orang menganggap bahwa keberhasilan sebuah campaign adalah hasil dari keberuntungan. Padahal, analisis yang mendalam, menyeluruh, dan mengambil langkah-langkah yang terukur menjadi faktor utama dalam keberhasilan sebuah campaign. Berikut ini adalah beberapa tips penting dari IDEOWORKS.id dalam membuat sebuah social media campaign:

  • Tentukan Pasar yang Anda Tuju

Audiens atau target pasar pada dasarnya merupakan hal yang paling mendasar sebelum menjalankan sebuah social media campaign. Sebelum menentukan target pasar, Anda harus terlebih dahulu mengetahui ruang lingkup kebutuhan serta permasalahan yang dihadapi oleh calon pelanggan Anda. Ini disebut dengan istilah buyer persona. Buyer persona singkatnya adalah representasi fiksional dari audiens ideal Anda. Melalui buyer persona ini lah sebuah bisnis dapat menyesuaikan dirinya sesuai kebutuhan konsumen. Oleh karena itu, menentukan buyer persona adalah langkah penting. Namun perlu diingat, sebelum menentukan buyer persona ini, Anda harus menganalisis target pasar yang sesuai dengan produk yang Anda tawarkan.

More Info

CONTACT US

Address

Pejaten Barat 46, Pasar Minggu

Jakarta Selatan 12510 INDONESIA

Email marketing@ideoworks.co.id

Phone/WA +62 8111 846466

Back to top