Preloader
Social Media Campaign

Pahami Cara Menjalankan Social Media Campaign yang Sukses

Meluncurkan sebuah social media campaign terbaik yang efektif bukanlah hal yang mudah. Ada banyak hal yang bersaing untuk menarik perhatian audiens Anda, termasuk brand besar dengan dana yang lebih besar. Akibatnya, Anda membutuhkan banyak kesabaran, analitik, kerja keras, dan marketing yang berdampak untuk mencapai social media campaign yang sukses. Untungnya, kesuksesan dalam social media campaign ini sangat mungkin untuk dicapai, bahkan untuk usaha kecil dengan anggaran terbatas. Anda hanya perlu tips dan wawasan yang tepat. 

Bagaimana Menjalankan Sebuah Social Media Campaign

Jika Anda menjalankan sebuah usaha, tentunya Anda ingin bisnis Anda memiliki social media campaign terbaik. Seringkali pemilik bisnis atau usaha kecil kesulitan untuk menjalankan social media campaign sendiri, karena itu digital agency hadir untuk membantu Anda. Banyak strategi marketing yang dapat dilakukan oleh digital agency untuk bisnis Anda, namun ada cara-cara yang dapat Anda lakukan sebelum memutuskan untuk menggunakan jasa digital marketing.

Inilah cara-cara yang dapat Anda lakukan untuk menjalankan social media campaign terbaik bagi bisnis Anda:

  • Tetapkan Tujuan Anda

Perbedaan yang paling signifikan antara meluncurkan social media campaign dan social media marketing biasa adalah bahwa social media campaign memiliki jangka waktu yang lebih singkat dan memiliki hasil tertentu dalam pikiran. Jadi, Anda harus memulai social media campaign Anda dengan menyatakan dengan jelas tujuan campaign Anda, seperti mempromosikan penawaran tertentu atau event tertentu.

Tetapi menyatakan tujuan saja tidak cukup. Anda juga harus memiliki metrik yang jelas, sehingga Anda akan tahu kapan Anda akan mencapai tujuan Anda. Misalnya, tingkat kesuksesan campaign Anda dapat dikatakan berhasil jika Anda berhasil menambah 500 kontak baru ke daftar pelanggan Anda.

  • Tulis Sebuah Brief

Setelah Anda memiliki tujuan dari social media campaign, langkah selanjutnya adalah membuat brief. Dokumen ini menjelaskan tujuan campaign, ditambah dengan ide dan strategi social media marketing untuk membantu Anda mencapai tujuan. Brief sangat penting karena membantu merampingkan komunikasi rincian campaign kepada semua orang yang terlibat dalam proyek. Ini juga dapat memotivasi tim Anda, menghindari kebingungan, dan membuat tim Anda tetap selaras menuju satu tujuan.

[nextpage title=” “]

  • Buat Konten yang Menarik

Setelah brief Anda selesai, langkah selanjutnya adalah membuat konten untuk Membantu Anda memenuhi tujuan Anda. Di dunia media sosial, Anda membutuhkan konten yang menarik dan menonjol.

Anda dapat mempertimbangkan satu atau beberapa ide konten, tergantung dari sifat social media campaign Anda. Misalnya, kuis berhadiah atau giveaway selalu menarik karena memberi orang-orang alasan untuk melakukan sesuatu.

  • Analisa Hasil Anda

Salah satu bagian terpenting dari social media campaign manapun adalah mengumpulkan insights dari hasil yang Anda peroleh. Ketika melakukan analisa selama campaign, ini memungkinkan Anda untuk melihat area masalah dan membantu Anda menyesuaikan campaign Anda untuk hasil yang lebih baik sesuai kebutuhan Anda.

Analisis setelah social media campaign berakhir juga sangat berharga. Ini dapat memberikan informasi kepada Anda tentang aspek-aspek apa yang tidak berfungsi, sehingga Anda dapat mengubah taktik dan meningkatkan hasil di campaign mendatang.

Saat Anda menjalankan sebuah social media campaign, Anda ingin memastikan bahwa ini adalah social media campaign terbaik yang dapat Anda lakukan untuk bisnis Anda. Anda juga dapat berkolaborasi bersama digital agency untuk meluncurkan social media campaign terbaik yang Anda bayangkan. IDEOWORKS.id hadir untuk berkolaborasi bersama Anda dan menjalankan social media campaign terbaik untuk kesuksesan usaha Anda.

Let’s talk about your brand