Articles

17 September 2021

Mengenal Push and Pull Strategy dalam Dunia Digital Marketing

Salah satu yang perlu dilakukan untuk mengembangkan bisnis atau perusahaan Anda di dunia digital adalah dengan memilih strategi digital marketing yang tepat. Salah satu strategi digital marketing yang sering digunakan oleh digital marketing agency adalah push and pull strategy. Apa yang dimaksud dengan istilah itu? Bagaimana menentukan strategi digital yang tepat untuk bisnis Anda?

Push Strategy

Push strategy atau push marketing adalah strategi digital marketing di mana perusahaan mendorong produk kepada pasar yang relevan. Tujuannya untuk mencari dan menemukan calon konsumen yang berminat dengan produk yang Anda tawarkan. Digital marketing agency yang menggunakan strategi ini menitikberatkan kegiatan digital marketing di angka penjualan. Strategi ini berfokus untuk membawa produk yang Anda tawarkan kepada calon pelanggan, sehingga dapat dikatakan bahwa strategi ini sifatnya lebih proaktif dan agresif untuk mencari pelanggan potensial. Namun, karena sifat tersebut, umumnya bisnis yang menggunakan strategi ini bertujuan untuk memanfaatkan periode waktu yang singkat untuk mencoba menghasilkan penjualan dengan cepat.

Beberapa contoh dari strategi ini dapat dilihat ketika sebuah bisnis meluncurkan produk baru, atau saat adanya liburan atau seasonal events seperti Natal, Tahun Baru, Hari Kasih Sayang, dan event-event lainnya. Strategi ini juga dapat dilihat ketika sebuah bisnis fashion memberikan end-of-season sale ketika masih ada banyak stok produk yang belum terjual sebelum season baru dimulai.

Push marketing adalah pendekatan cepat yang lebih luas, artinya strategi ini membuat produk, layanan, atau brand Anda sejelas mungkin untuk mendapatkan hasil terbaik. Namun, strategi ini dapat melibatkan pengeluaran uang yang cukup besar, karena Anda memasarkan brand Anda dengan cepat dan masif. Salah satu bentuk push marketing yang paling populer adalah layanan iklan pay-per-click (PPC), di mana Anda dapat menempatkan spanduk, iklan bergambar, iklan search engine, dan shopping ads di berbagai platform, biasanya dengan membayar sejumlah kecil uang setiap kali iklan Anda di klik.

Bentuk push marketing lainnya meliputi social media marketing berbayar yang mirip dengan PPC, bedanya bentuk ini melihat dari cost-per-thousand-impressions.

Pull Strategy

Pull marketing, walaupun tujuannya sama, namun memiliki pendekatan yang berbeda. Pull strategy berbanding terbalik dari push strategy, di mana strategi ini berfokus untuk membuat konten bernilai tinggi yang cocok untuk target pasar Anda dan biarkan mereka datang kepada Anda. Tentu saja ini tidak berarti tidak melakukan apa-apa. Pull marketing secara sederhana berarti menyadari fakta bahwa sudah ada pengguna yang secara aktif mencari produk, layanan, atau informasi yang Anda tawarkan dan memudahkan mereka menemukannya, serta memudahkan mereka mencapai tujuan akhir.

Cara paling mudah dan sering ditemui untuk menggunakan pull strategy meliputi search engine optimization (SEO), konten kreatif media sosial, dan review konsumen. SEO telah terbukti menjadi tipe marketing yang memiliki tingkat return-on-investment (ROI) yang dapat diandalkan, dan tingkat efektivitas media sosial yang baru-baru ini naik daun sebagai salah satu channel bisnis yang menjanjikan.

Pull strategy biasanya digunakan untuk tujuan yang long-term, seperti membangun basis konsumen, meningkatkan tingkat loyalitas konsumen, meningkatkan sales dan revenue secara bertahap tanpa mengeluarkan biaya iklan yang besar, dan sebagainya.

Baca Juga  Mengenal Voice Marketing: Tren Baru yang Digunakan Perusahaan Marketing di Jakarta

Pada dasarnya, sebuah bisnis dapat menemukan kesuksesan saat mereka fokus kepada pendekatan multi-channel, multi-strategy dalam keduanya (push dan pull). Terkadang, sebuah bisnis harus melakukan push strategy, di lain waktu harus melakukan pull strategy. Kedua strategi ini dapat diambil sisi baiknya, dan dapat dikombinasi sesuai kondisi bisnis yang sedang Anda lakukan.

IDEOWORKS sebagai digital marketing agency terbaik dapat membantu Anda menentukan strategi terbaik untuk bisnis Anda, dengan mengutamakan tujuan dari penggunaan digital marketing agency yang Anda miliki. Kami dapat menjadi partner digital marketing agency terbaik yang akan memudahkan Anda menjalani bisnis Anda.

More Info

CONTACT US

Address

Pejaten Barat 46, Pasar Minggu

Jakarta Selatan 12510 INDONESIA

Email marketing@ideoworks.co.id

Phone/WA +62 812 9000 66150

Back to top