Preloader
homepage-03-slider-2

Gimmick Gak Selalu Buruk! Ini Triknya dalam Bisnis Digital Advertising

Bukan tanpa tujuan, gimmick dalam bisnis digital advertising tentu memiliki maksud tertentu, untuk mencapai suatu tujuan. Meski terkesan “mengelabui”, namun gimmick yang tim marketing lakukan bukan berarti penipuan. Sehingga, jika strategi gimmick bisnis Anda ingin mendapatkan citra yang tetap baik, maka Anda harus mengetahui tips dan triknya dalam bisnis digital advertising. Memang tidak mudah dalam membuat gimmick, terlebih yang tidak meninggalkan kesan buruk. Maka tak heran jika banyak perusahaan, yang akhirnya menyerahkan semua proses pemasaran, ke digital advertising agency Indonesia terbaik, seperti IDEOWORKS. Namun, sebelum membahas lebih dalam terkait trik dalam bisnis digital advertising, mari simak pengertian dari gimmick dalam marketing itu sendiri. 

Pengertian Gimmick Marketing

Gimmick merupakan bahasa serapan dari Bahasa Inggris, yang sering orang Indonesia pakai. Mengartikan gimmick dalam Bahasa Indonesia tidak bisa dalam satu kata, yang mana arti gimmick menurut KBBI adalah kegiatan atau trik yang bisa menarik atau mencari perhatian, untuk tujuan mengelabui lawan. Trik gimmick ini biasanya sering digunakan dalam dunia hiburan atau program tv, seperti yang dikutip dari Jurnal Capture edisi 2020. Gimmick tersebut biasanya berguna sebagai bumbu untuk menarik perhatian penonton. 

Ada banyak bentuk trik, mulai dari alur cerita, problem, backsound, ekspresi, skenario, intonasi dan lainnya. Bentuk gimmick yang ini tentunya hanya rekayasa belaka, yang bertujuan untuk meningkatkan unsur dramatis, kepopuleran, dan iklan yang tayang. Meski terkesan bohong, namun penggunaan gimmick tidak dipermasalahkan, selama digunakan sesuai kebutuhan, tidak terlalu berlebihan, sesuai aturan hukum dan ketentuan yang berlaku. 

Nah tidak hanya program tv, dalam bisnis digital advertising juga menggunakan trik gimmick, terutama pada iklan sebuah produk. Tujuannya, agar produk tesebut mendapat perhatian khusus, dan meningkatkan daya beli. Arti gimmick dalam marketing atau dalam bisnis digital advertising adalah sebuah trik yang dirancang untuk menarik perhatian dan minat pada produk, layanan, atau perusahaan. Agar gimmick tidak selalu dicap buruk, maka gimmick dalam bisnis digital advertising, harus dibuat senatural mungkin, meski ada skenario di balik gimmick tersebut. 

Trik Gimmick dalam Bisnis Digital Advertising

1.Membuat Nama Produk atau Layanan yang Unik & Menarik

Trik membuat gimmick yang pertama dalam bisnis digital advertising adalah membuat nama produk, layanan, atau bahkan campaign yang unik dan menarik. Pasalnya, nama-nama yang unik atau cenderung aneh namun tetap mudah diucapkan, justru lebih mudah diingat dan bisa terus terngiang-ngiang dalam pikiran audiens.Anda juga bisa buat nama produk atau layanan yang langsung terarah pada produk atau jasa yang Anda jual. Misalnya jika Anda menjual produk permen khas Indonesia, maka Anda bisa pilih nama produk ‘Candynesia’. Namun, untuk beberapa contoh nama produk atau brand yang cukup catchy dan populer saat ini di Indonesia adalah Mangkokku, Sang Pisang, UpNormal, Janji Jiwa, GoJek, dll.

2.Gunakan Media Sosial untuk Media Promosi

Saat ini, mayoritas penduduk di dunia lebih memilih media digital termasuk social media untuk mendapatkan informasi. Sehingga, jika Anda menggunakan media sosial untuk promosi, tentu akan lebih efektif ketimbang menggunakan media konvensional. Ada banyak strategi pemasaran untuk promosi, termasuk membuat gimmick advertising di social media. Mulai dari melakukan endorsement ke selebgram, artis atau influencer, hingga melakukan berbagai program seperti giveaway, kuis, dan lainnya. Karena bersifat dua arah, Anda akan lebih mudah untuk memancing audiens untuk like, komentar, dan membagikan informasi produk Anda ke banyak orang. Salah satu gimmick yang baru-baru ini menarik perhatian banyak orang adalah Kopi FM (Family Mart). Family Mart membuat gimmick seakan-akan ia sudah tidak akan memproduksi produk kopinya lagi. Ia menuliskan di akun Instagram officialnya dan meminta maaf kepada seluruh pelanggan setia kopi FM, bahwa kopi FM akan berhenti berproduksi. Hal tersebut pun menarik perhatian banyak orang termasuk pecinta kopi FM yang dikenal enak dan terjangkau. Alhasil, banyak orang berbondong-bondong untuk membeli kopi tersebut, sebelum produk kopi FM sirna. Namun, setelah gimmick tersebut dirasa berhasil, Family Mart membuat pernyataan kembali, bahwa informasi tersebut hanya prank untuk menyambut bulan April atau ‘April Mop’.

3. Membuat Iklan yang Kreatif dan Out of The Box

Trik gimmick berikutnya dalam bisnis digital advertising adalah membuat iklan yang kreatif dan out of the box, atau yang tidak kepikiran oleh orang lain. Pasalnya, pemikiran kreatif tidak memiliki batasan. Bahkan, gimmick yang mengandung iklan juga sering dilakukan oleh selebgram, artis dan influencer dengan kreativitasnya masing-masing. Hal tersebut tetap mereka lakukan agar mereka bisa tetap eksis di dunia hiburan. Namun, tidak sedikit yang justru gimmick mereka terlalu berlebihan, sehingga menjadi boomerang untuk karir mereka sendiri. Maka, harus benar-benar mengasah pemikiran kreatif, karena akan ada banyak sisi penilaian khalayak. Contoh iklan yang dibuat dengan kreatif, out of the box, dan disukai khalayak adalah iklan Ramayana versi Ramadhan bersama grup musik ibu-ibu, iklan Pantene bersama Keanu, dan masih banyak lagi. 

4. Berani untuk Beda

Untuk Anda yang hobinya ikut-ikutan, mungkin audience akan lebih sulit mengingat, karena ada banyak bisnis yang memiliki produk yang sama. Maka cobalah berani untuk beda dari yang lainnya. Meski jenis produk yang dijual sama, mungkin Anda bisa ubah kemasan, varian rasa, bentuk, nama produknya, dan lainnya. Misalnya, dalam era gempuran bisnis minuman boba, kamu bisa membuat menu lain yang masih berhubungan dengan boba, seperti pancake boba. Pancake boba ini juga cukup menarik perhatian, karena kamu bisa menikmati boba, dengan versi lain. Contoh lainnya, ketika banyak orang bisnis es blender seperti Pop Ice, Anda bisa buat yang beda seperti es kepal Milo, yang langsung menarik perhatian. Padahal dari segi bahan yang digunakan hampir sama, yakni es, Milo, dan berbagai toping. Karena bentuknya bukan seperti minuman, maka es ini berhasil mengundang rasa penasaran, dan viral. 

5. Gunakan Waktu Khusus untuk Promosi 

Agar khalayak lebih mudah untuk notice, maka Anda bisa gunakan waktu-waktu khusus dalam membuat promosi seperti memberi diskon, membuat kuis, campaign, dan lainnya. Waktu-waktu khusus yang bisa Anda gunakan, adalah seperti hari libur nasional, hari libur agama, hari gajian, dll.

6. Kualitas Produk yang Mumpuni

Percuma sudah melakukan gimmick tetapi notice orang-orang terhadap produk tetap jelek. Pasalnya kualitas produk adalah hal penting dan nomor satu, dan ketika produk sudah mumpuni, baru lah gimmick bisa membantu untuk menambah kepercayaan orang. Bahkan, ada kalanya gimmick yang paling baik adalah dengan tidak melakukan gimmick sama sekali. Hanya dengan kualitas yang baik dan harga yang masuk akal bisa membuat pelanggan secara otomatis, akan memunculkan rasa percaya dan merasa dekat dengan produk. Bahkan, rekomendasi dari pelanggan yang memang puas pada suatu produk, merupakan iklan yang paling berhasil dan ampuh. Ada banyak contoh gimmick justru pelanggan buat oleh pelanggan, bukan perusahaan. Kok bisa? Anda mungkin sering melihat banyak orang yang update di social media, merekomendasikan produk, dengan kata-kata ‘Maaf saya nggak di endorse tapi produk ini memang bagus’Karena gimmick bukan dibuat perusahaan produk tersebut, melainkan oleh pelanggan, sehingga pelanggan lain tentunya akan lebih percaya. Hal tersebut semacam review yang pelanggan itu buat sendiri, untuk membantu pelanggan lain percaya. 

7. Mencatat Strategi atau Gimmick

Tidak semua strategi atau gimmick yang sudah bisnis digital advertising lakukan akan berhasil 100%. Namun, jika anda tidak mencoba, Anda tidak akan tahu seberapa berhasil strategi tersebut, sehingga Anda harus mencatat strategi atau gimmick yang sudah Anda lakukan. Selanjutnya, Anda bisa lakukan strategi dan gimmick lain yang lebih baik. Jika dari strategi atau gimmick ada yang berhasil, kamu bisa gunakan strategi tersebut lagi.

8. Sesuaikan Dengan Target Market Anda

Tidak semua gimmick menarik perhatian orang, karena selera dan pemikiran orang beda-beda. Bahkan selera humor orang juga berbeda, sehingga selucu apapun komedian melawak, pasti ada beberapa orang yang tidak tertawa. Jadi, pastikan gimmick yang Anda buat sesuai dengan target market Anda. Sehingga, efek dan pengaruhnya akan terasa lebih maksimal. 

9. Terdapat Informasi Atas Produk 

Apapun strategi atau gimmick yang Anda lakukan, jangan lupa untuk mencantumkan informasi tentang produk Anda. Mulai dari logo, media sosial, website, hingga kontak, sehingga orang tetap akan ingat pada brand Anda. Jadi, jangan hanya gimmick-nya saja yang paling diingat khalayak, tapi juga produk Anda. Karena gunakan membuat gimmick adalah untuk menaikkan kepopuleran brand produk. 

Gunakan Jasa Digital Advertising Agency Indonesia Terbaik 

Digital advertising atau iklan daring adalah sebuah kegiatan pemasaran melalui media digital yang tersambung internet, untuk menyampaikan pesan pemasaran promosi produk atau layanan, kepada konsumen. Namun, tidak semua perusahaan bisa melakukan kegiatan pemasaran melalui digital advertising dengan baik, dan berhasil. Sebagai solusinya, banyak perusahaan yang memanfaatkan jasa digital advertising untuk mengiklankan produk mereka dengan banyak strategi, salah satunya dengan trik gimmick s. Lantas jasa agency terbaik mana yang bisa Anda pilih? Nah, kamu bisa pilih IDEOWORKS sebagai salah satu digital agency terbaik Indonesia, khususnya di Jakarta. 

IDEOWORKS sendiri sudah menghandle banyak brand dari perusahaan besar, seperti Citilink, Bank SinarMas, Homyped hingga Koepoe Koepoe. Ada banyak jenis layanan yang IDEOWORKS tawarkan untuk para kliennya, bahkan klien bisa memilih sendiri layanan yang menyesuaikan dengan anggaran. Sebelum memilih layanan advertising, Anda juga bisa konsultasikan masalah marketing perusahaan terlebih dahulu, untuk mengetahui jenis pemasaran apa yang tepat untuk brand produk Anda. IDEOWORKS sendiri memiliki layanan khusus bernama CASA yang mencakup Communicate, Amplify, Socialize, Analyze

Dengan begitu juga, tim IDEOWORKS bisa dengan mudah menggunakan trik gimmick, untuk meningkatkan perhatian, minat, dan penjualan produk Anda. Segera hubungi tim IDEOWORKS untuk informasi lebih lanjut! 

 

Reference :

https://www.pengadaanbarang.co.id/2021/03/gimmick-adalah.html

Let’s talk about your brand