Preloader
3D Rendering futuristic robot technology development, artificial intelligence AI, and machine learning concept. Global robotic bionic science research for future of human life.

Strategi AI dan Automation untuk Digital Marketing Agar Lebih Cerdas dan Cepat

Di tahun 2025, AI dan automation memiliki peran yang semakin besar dalam digital marketing. Sebab, teknologi tak hanya menjadikan marketing semakin personal tetapi juga efisien. Menggunakan AI dapat membantu brand dalam memahami konsumen dengan lebih baik, sehingga dapat memberikan pelayanan yang terbaik. Lantas, bagaimana cara kerja AI dan automation mengubah digital marketing menjadi lebih cerdas dan efektif?

Strategi AI dan Automation untuk Digital Marketing Agar Cerdas dan Efektif

Untuk memaksimalkan AI dan automation, dalam membantu mengembangkan digital marketing, lihat strateginya berikut ini:

  • Hiper-Personalisasi dengan Menggunakan Data Konsumen

Konsep marketing saat ini mengutamakannya agar semakin personal. Pada tahun 2025 menurut data Code Conspirators, 95% interaksi konsumen dilakukan bersama AI, untuk meningkatkan personalisasi dan mengoptimalkan pengalaman secara keseluruhan.

Ini berarti bahwa brand akan memahami apa yang diinginkan oleh konsumen, bahkan sebelum mereka tahu apa yang mereka inginkan. Sebab, AI akan menganalisa kebiasaan, minat, dan bahkan mood konsumen untuk memahami mereka. AI dengan hiper-personalisasi ini terasa seperti mengenal konsumen dengan sangat baik.

  • Pembuatan Automated Content dengan Bantuan AI

Biarkan AI melakukan pekerjaan yang biasanya lebih sulit untuk dilakukan tim marketing. Sebab, pada tahun 2025, membuat content akan terasa seperti ada asisten super pintar yang membantu mengerjakan semua hal yang berat untuk Anda. Bayangkan Anda membuat satu postingan blog saja, dan tada!

Dari satu postingan artikel tersebut, AI mengembangkannya jadi podcast, video, bahkan postingan media sosial dengan image yang relate yang juga dibuat oleh AI. Memang terasa seperti magic, namun, dengan lebih banyak melibatkan data tentang konsumen.

  • Memanfaatkan AI Chatbots Sebagai Customer Service

Kini, Anda dapat menggunakan AI chatbots sebagai customer service. AI chatbots menjadi asisten yang sangat andal dan bisa diandalkan kapan pun setiap saat. Mereka selalu online dan siap menjawab pertanyaan konsumen bahkan dengan sangat cepat.

Berkat kemampuan AI chatbots yang dapat mengelola banyak pertanyaan secara bersamaan, chatbots ini memastikan bahwa setiap konsumen mendapat layanan yang terbaik, dan tak ada seorang pun yang terabaikan. Bayangkan dunia di mana tak ada lagi istilah “menunggu”, karena AI chatbots siap 24 jam memberi jawaban langsung.

  • Menggunakan Analisis Prediktif untuk Membuat Strategi Marketing

Analisis prediktif ibarat seperti bola kristal yang dapat melihat masa depan, khususnya bagi para marketer. Dengan mengevaluasi data histori, bisnis Anda dapat mengenali pola dan tren yang paling tepat, untuk membantu memahami konsumen dan seperti apa mereka berinteraksi dengan brand Anda.

Ini berarti bahwa Anda dapat merancang strategi yang sesuai dengan kebutuhan konsumen, bahkan sebelum para konsumen tersebut menyadari bahwa mereka membutuhkan produk atau layanan yang akan dibelinya. Anda pun jadi tahu lebih dahulu tentang kebutuhan konsumen, sebelum mereka sendiri mengetahuinya.

  • Pembuatan Iklan “Smarter, Not Harder” dengan Menggunakan AI

Jika kita akan beriklan di tahun 2025, maka, semuanya tentang proses kerja “smarter, not harder”. Caranya yaitu dengan menggunakan AI yang bekerja dengan cara membuat semuanya terprogram secara otomatis. Mulai dari membuat iklan hingga targeting, semuanya otomatis.

AI dapat membuat digital ads dalam kedipan mata, kemudian saat iklannya tidak berhasil, maka AI juga bisa langsung mengubahnya jadi lebih baik agar sesuai target. Proses ini juga membuat biaya marketing jadi lebih efisien. AI juga membantu mengevaluasi data konsumen untuk membuat iklan, mengubah iklan sesuai perilaku konsumen, dan membuat segmen target audiens berdasarkan demografi.

  • Terapkan Pencarian Melalui Suara dan AI, Tak Perlu Lagi Mengetik

Kini pencarian di internet telah menjadi sangat mudah, berkat adanya fitur voice search. Terapkan metode ini untuk bisnis Anda, di mana tersedia fitur suara AI yang memudahkan konsumen untuk mencari apapun dengan suara, seperti dikte untuk kata kunci yang dicari, jadi mereka tak perlu mengetik lagi.

Mesin pencarian yang terintegrasi dengan AI ini, seakan menyediakan asisten pribadi untuk konsumen dan audiens. Mereka akan mendapatkan jawaban dengan cara “berbicara” dengan sahabat AI yang tahu segalanya. Tidak perlu lagi scroll jauh hingga ke bawah, semua jawaban langsung to the point.

  • Menentukan Segmen Audiens Berdasarkan AI dalam Marketing

Di tahun 2025, menentukan segmen audiens juga menjadi jauh lebih mudah. Manfaatkan AI untuk membuat target audiens sesuai segmennya untuk Anda. Tak perlu lagi menyortir data secara manual hingga berjam-jam. AI akan bekerja layaknya superhero bagi Anda.

AI akan menganalisa semuanya, mulai dari mencari tahu apa yang biasa dicari konsumen saat browsing, hingga mengetahui kebiasaan belanja konsumen tersebut. Anda cukup memilih ide campaign dan secara instan, AI akan mengenali segmen audiens berdasarkan minat mereka.

  • Mengoptimalkan AI untuk Membuat Inovasi Content

AI yang generatif ibarat seorang sahabat super pintar yang dapat membuat content dalam sekejap. Di tahun 2025, menurut data Code Conspirators, 90% marketer akan menggunakan bantuan AI generatif dalam membuat konten, lebih tinggi dari persentase sebelumnya yaitu 55% saja.

Artinya, alih-alih menghabiskan waktu hingga berjam-jam untuk brainstorming dan menulis, marketer akan lebih fokus pada hal-hal yang lebih seru, seperti merancang strategi dan menggunakan kreativitas mereka untuk marketing.

  • Jadikan AI Dukungan dan Perlindungan dalam Kondisi Krisis

AI juga bekerja seperti proteksi. Dalam dunia digital yang super cepat sekarang ini, satu postingan di media sosial yang keliru, akan dapat menimbulkan kendala besar dalam hitungan menit. Maka, di tahun 2025, AI menjadi sahabat cerdas kita yang dapat membantu mengelola manajemen krisis.

Sistem AI akan selalu siaga 24 jam, mengawasi semua orang yang sedang online dan mengobrol dalam forum online tersebut, sehingga AI bisa langsung mengenali potensi krisis sebelum terjadi blow up. Jika muncul potensi keadaan yang tidak diinginkan, AI dapat langsung memberikan respon, misalnya saat ada ulasan negatif tentang brand atau munculnya tren negatif. AI selalu siap diandalkan.

Kesimpulan

Dengan segala kecanggihan yang ditawarkan, AI dan automation bukan hanya membuat strategi digital marketing menjadi lebih cerdas dan efisien, tetapi juga membuka peluang baru untuk menjalin hubungan yang lebih dalam dengan konsumen. Di tahun 2025 dan seterusnya, brand yang mampu memanfaatkan teknologi ini dengan tepat akan lebih siap bersaing di tengah perubahan yang cepat. 

Kini saatnya bertransformasi, jadikan AI dan automation sebagai bagian tak terpisahkan dari perjalanan digital marketing Anda, dan bersiaplah melangkah lebih jauh menuju masa depan yang lebih cerdas. Tak perlu bingung untuk memulai dari mana. IDEOWORKS adalah digital marketing agency yang siap membantu Anda untuk menentukan strategi yang tepat dengan melibatkan AI dan automation. Dapatkan informasi lebih lanjut dengan menghubungi IDEOWORKS sekarang juga

Tags

Further Reading: