Perkembangan media sosial yang semakin pesat dari waktu ke waktu tidak hanya memberikan kemudahan untuk terhubung dengan kerabat atau teman-teman yang dipisahkan oleh jarak. Bagi perusahaan, media sosial juga bisa menjadi sarana menjangkau target konsumen dengan lebih cepat dimanapun mereka berada. Bahkan, Anda juga bisa mempermudah proses pembelian produk melalui platform tersebut.
Social commerce merupakan strategi pemasaran menggunakan aplikasi social media yang juga memberikan kemudahan bagi consumer untuk berbelanja di dalam platform yang sama. Kemunculan platform Tiktok dan Threads merupakan salah satu pemicu utama yang mengubah wajah media sosial selamanya. Lalu, bagaimana cara terbaik memaksimalkan kedua aplikasi social media tersebut untuk menjangkau konsumen? Cari tahu rahasianya di sini
Apa Itu Social Commerce?
Keberadaan social commerce sebenarnya sudah ada sejak lama, bahkan saat Facebook menjadi platform social media yang paling populer di dunia. Istilah ini merujuk pada fungsi media sosial yang tidak lagi hanya sebatas menjadi platform untuk saling terhubung dengan teman-teman dan keluarga jauh, namun juga merangkap sebagai sarana jual-beli. Tidak hanya platform media sosial, pengertian social commerce juga mencakup aktivitas transaksi jual-beli pada jaringan virtual lainnya.
Social commerce memudahkan para konsumen untuk menelusuri dan membeli produk yang mereka inginkan tanpa harus meninggalkan platform media sosial yang sedang digunakan. Hal ini tak ayal menjadi salah satu daya tarik utama yang membuat semakin banyak orang berpindah ke media sosial yang mendukung fitur e-commerce, beberapa di antaranya adalah TIktok dan Threads.
Cara Memaksimalkan Social Commerce di Dalam Aplikasi Tiktok
Tiktok merupakan aplikasi social media asal China yang menawarkan pengalaman imersif dalam bentuk tayangan video berdurasi pendek dengan algoritma for you page (FYP) yang menghadirkan konten video berkonsep segar dan informatif. Platform ini juga memberikan peluang emas bagi brand yang ingin mempromosikan produk mereka melalui strategi content marketing dalam bentuk video dengan konsep yang menarik dan eyecatching. Anda juga bisa memanfaatkan fitur social commerce di dalam aplikasi Tiktok untuk meningkatkan penjualan dengan strategi berikut:
1. Membuat Video Tutorial atau Demo Produk yang Dikemas Menarik
Tiktok adalah salah satu social media berbasis video-sharing, sehingga Anda perlu fokus dengan menyajikan konten video yang menarik untuk membuat calon konsumen merasa tertarik dengan produk yang ditawarkan. Alih-alih berfokus pada pembuatan konten video hard-selling, buatlah video informatif dalam bentuk tutorial atau video demonstrasi produk yang dikemas dengan konsep yang menarik. Ikuti 2025 trends yang ada di Tiktok untuk membuat konten Anda menjadi lebih relatable dengan target konsumen.
2. Kolaborasi dengan Tiktok Influencer di Bidang yang Relevan
Tiktok influencer adalah orang-orang dengan jumlah followers hingga mencapai ratusan ribu dan seringkali dianggap sebagai kiblat tren bagi para pengikutnya. Strategi pemasaran dengan berkolaborasi bersama influencer terbukti sangat efektif pada platform social media seperti TIktok. Bangunlah kolaborasi bersama influencer dengan audiens yang sesuai dengan target consumer Anda. Mereka dapat membantu mempromosikan produk Anda dengan konsep yang menarik dan tentunya membuat para followers tertarik untuk membeli produk tersebut.
3. Berpartisipasi di Dalam Tren atau Tantangan Viral dengan Gaya Original
Tiktok is all about trends. Di platform ini Anda bisa melihat berbagai tren media sosial viral yang silih berganti dengan sangat cepat. Hal ini tentunya menjadi salah satu peluang untuk menciptakan atau turut berpartisipasi di dalam tren sekaligus mempromosikan produk Anda dengan cara sekreatif mungkin. Di sisi lain, jangan lupa untuk menonjolkan sisi originalitas dari brand Anda. Berpartisipasi ke dalam tren Tiktok yang viral dapat membantu meningkatkan visibiitas sekaligus membangkitkan brand awareness di kalangan masyarakat umum.
4. Maksimalkan Fungsi Fitur Tiktok Shop
Tiktok Shop adalah fitur social commerce yang memungkinkan pengguna berbelanja berbagai produk langsung dari platform social media tersebut. Fitur ini juga bisa Anda maksimalkan untuk meningkatkan angka penjualan produk. Promosikan produk Anda dengan berbagai cara unik dan menarik, misalnya dengan memanfaatkan fitur live shopping dengan penawaran diskon atau promo selama live berlangsung.
Cara Memaksimalkan Social Commerce di Dalam Aplikasi Threads
Berbeda dari Tiktok, Threads merupakan platform besutan Instagram berbasis teks yang baru-baru ini trending di kalangan netizen Indonesia. Platform ini menjadi wadah sempurna untuk bertukar pikiran dalam bentuk diskusi maupun bagi mereka yang ingin membagikan kisah hidup atau pengalaman sehari-hari. Di sisi lain, brand juga bisa memanfaatkan media sosial ini sebagai wadah social commerce yang efektif melalui cara berikut:
1. Memulai atau Terlibat di Dalam Percakapan dengan Bidang yang Relevan
Threads adalah platform social media yang sangat efektif bagi Anda yang ingin meningkatkan brand awareness maupun engagement target konsumen. Caranya sangat mudah, libatkanlah diri Anda ke dalam percakapan di bidang yang relevan dengan brand. Tempatkan diri Anda sebagai seorang expert dengan memberikan tips bermanfaat untuk audiens.
2. Memberikan Dukungan Konsumen yang Responsif dan Ramah
Selain melibatkan diri ke dalam percakapan dengan topik yang relevan, Anda juga bisa membangun layanan dukungan konsumen yang ramah dan responsif pada platform Threads. Platform media sosial ini memberikan kemudahan bagi target konsumen untuk terhubung dan berinteraksi dengan brand Anda secara langsung.
Untuk membangun kepercayaan consumer, tanggapi berbagai feedback, pertanyaan, maupun kritik dan saran dengan tanggap dan ramah. Konsumen akan cenderung lebih mempercayai brand dengan pola interaksi yang baik dan bersedia untuk membeli produk-produk yang ditawarkan.
3. Kolaborasi dengan Influencer Berbasis Teks
Tidak hanya melalui platform video, beberapa influencer juga menggunakan platform berbasis teks seperti Threads untuk berinteraksi dengan audiensnya. Mereka umumnya memiliki kemampuan menulis yang sangat baik dan mampu menghasilkan konten tulisan yang engaging dan menarik respons positif dari followers-nya. Untuk meningkatkan brand visibility dan angka penjualan, Anda bisa menjalin kerjasama dengan influencer tersebut. Bentuk kolaborasi tersebut bisa dalam bentuk review narasi tertulis yang mencantumkan pengalaman positif yang dirasakan setelah menggunakan produk atau layanan Anda.
4. Integrasikan Tautan ke Laman Produk ke Dalam Percakapan
Berbeda dari Tiktok yang sudah memiliki Tiktok Shop, Threads masih belum dilengkapi dengan fitur integrated shopping. Tetapi, Anda tetap bisa menggunakan platform ini untuk mengajak audiens membeli produk yang ditawarkan dengan menyematkan tautan ke laman produk saat membahas topik yang relevan. Jangan lupa bubuhkan kalimat call-to-action supaya calon konsumen mengetahui kemana tautan tersebut akan membawa mereka.
Kesimpulan
Keberadaan social commerce sebagai salah satu 2025 trends merupakan sebuah anugerah yang dapat memberikan kemudahan bagi pemilik bisnis untuk menjangkau target konsumen dengan lebih efektif, yang tentunya hanya akan tercapai dengan strategi digital marketing yang tepat.
Untuk meningkatkan keberhasilan pemasaran produk melalui platform digital, bekerjasamalah dengan IDEOWORKS yang merupakan digital marketing agency terpercaya. Digital agency Jakarta ini memiliki pengalaman yang mumpuni dalam hal pemasaran digital. Tim di dalamnya akan membantu merumuskan strategi pemasaran menggunakan social media paling efektif untuk memberikan hasil yang maksimal untuk bisnis Anda. Hubungi IDEOWORKS untuk memulai kerjasama sekarang juga.