Preloader
2 - business-person-futuristic-business-environment

SEO di Dalam Gejolak Ekonomi: Bagaimana Strategi Pencarian Menjadi Penyelamat di Masa Resesi

Pergolakan ekonomi akhir-akhir ini memang membuat para pengusaha harus berpikir lebih keras untuk mempertahankan bisnisnya. Memangkas biaya pemasaran seringkali menjadi salah satu cara untuk meningkatkan efisiensi budget operasional perusahaan. Search Engine Optimazation (SEO) menjadi salah satu strategi digital marketing yang kembali dilirik, terutama dengan perubahan perilaku consumer yang lebih teliti dan rutin melakukan pencarian sebelum membeli suatu produk. 

Salah satu kesalahan terbesar dari pemegang keputusan tertinggi di dalam bisnis adalah ketika mereka memutuskan untuk memangkas dana untuk penerapan SEO. Walaupun SEO tidak dapat memberikan hasil yang instan, strategi pemasaran ini memberikan result yang lebih stabil dibandingkan pendekatan pemasaran lainnya. Strategi optimasi mesin pencari juga menjadi pondasi kuat dalam taktik pemasaran Anda. Bagaimana cara terbaik mengaplikasikan strategi SEO untuk menghadapi masa resesi? Cari tahu rahasianya berikut.

Mengapa SEO Menjadi Strategi Pemasaran Terbaik di Masa Resesi?

1. Mengakomodasi Peningkatan Search Intent Pengguna

Resesi ekonomi memberikan dampak berupa perubahan perilaku di kalangan consumer. Umumnya, konsumen akan lebih berhati-hati dan akan meluangkan lebih banyak waktu untuk melakukan riset mendalam mengenai suatu produk sebelum memutuskan untuk membelinya. Dengan menerapkan strategi SEO yang tepat, Anda dapat dengan lebih mudah menjangkau konsumen yang aktif tersebut dan memberikan solusi yang mereka cari. 

2. Efisiensi Biaya Pemasaran Jangka Panjang

Berbeda dari metode digital ads yang membuat Anda harus membayar perbulan, penerapan strategi SEO terbilang jauh lebih hemat, dan bahkan bisa memberikan hasil yang memuaskan dalam jangka panjang. Hal ini dikarenakan SEO mengandalkan perolehan traffic organik agar bisa berada di urutan teratas pada laman hasil pencarian. Pemilihan kata kunci yang relevan dan konten berkualitas dapat membantu Anda dalam mendapatkan lalu lintas berskala tinggi secara kontinyu tanpa harus mengeluarkan biaya per klik atau per view.

3. Sarana Membangun Kepercayaan dan Kredibilitas

Penerapan strategi SEO juga menjadi salah satu sarana terbaik untuk membangun kredibilitas bisnis Anda di mata masyarakat. Hal ini disebabkan karena Google akan selalu menempatkan situs berkualitas dengan konten yang bermanfaat di urutan teratas. Sehingga, tak mengherankan jika target konsumen akan lebih mempercayai kualitas informasi yang disajikan pada website tersebut. Mereka juga akan merasa lebih aman saat membeli produk melalui situs yang direkomendasikan oleh Google.

4. Memberikan Wawasan Mengenai Perubahan Perilaku Konsumen

Selain membantu agar situs Anda berada di halaman teratas hasil pencarian Google, strategi SEO juga memberikan rekaman data analysis yang berkaitan dengan perubahan perilaku konsumen. Data-data tersebut meliputi kata kunci yang paling banyak dicari, tren pencarian yang sedang booming, hingga user behavior saat mereka sedang mengunjungi situs Anda. 

Kumpulan data tersebut bisa menjadi wawasan yang membantu Anda dalam memetakan perubahan preferensi consumer dan menyusun strategi pemasaran yang tepat untuk mereka. Data tersebut juga membantu Anda untuk menyajikan inovasi produk maupun layanan yang sesuai dengan kebutuhan konsumen. 

5. Menarik Minat Value-based Consumers

Value-based consumers adalah konsumen yang mengedepankan manfaat dan nilai-nilai lainnya saat akan membeli sebuah produk. Mereka merupakan target konsumen yang sangat berharga, dan salah satu cara untuk menjangkaunya adalah dengan menggunakan strategi SEO. Anda bisa menambahkan value pada produk yang ditawarkan dengan menyajikan konten informasi bermanfaat mengenai produk yang ditawarkan untuk membantu consumer mengambil keputusan pembelian yang cerdas.

Strategi SEO Terbaik untuk Hadapi Resesi

Tahukah Anda bahwa strategi SEO merupakan salah satu strategi digital marketing yang mampu bertahan di tengah-tengah kondisi resesi? Dengan strategi yang tepat, Anda tidak hanya bisa mempertahankan bisnis, namun juga membuatnya terus berkembang di tengah-tengah masa sulit. Berikut adalah beberapa strategi SEO terbaik yang terbukti ampuh dalam menghadapi resesi:

1. Jadikan Pasar Kelas Atas Sebagai Target Utama

Kondisi ekonomi yang tidak menentu memang mengakibatkan penurunan daya beli masyarakat. Untungnya, keadaan tersebut bisa Anda atasi dengan mengganti fokus target ke pasar ke kalangan konsumen kalangan atas. Golongan konsumen ini umumnya memiliki daya beli yang lebih stabil dibandingkan konsumen kelas menengah. 

Untuk menarik minat kalangan affluent market, gunakan strategi SEO dengan menarget kata kunci atau keyword yang digunakan untuk mendeskripsikan produk atau layanan berkualitas premium. Fokuslah pada deskripsi produk yang menggambarkan kualitas terbaik, nilai kemewahan yang dimilikinya, dan bagaimana produk tersebut bisa menjadi bentuk dari investasi jangka panjang.

2. Memahami Search Intent Pengguna

Memahami search intent pengguna atau audiens juga menjadi salah satu langkah yang dapat membuat penerapan strategi SEO menjadi lebih efektif. Search intent memberikan informasi kepada Anda mengenai jenis konten atau informasi seperti apa yang terlintas di benak pengguna internet saat melakukan pencarian. Misalnya, mereka menginginkan konten yang berisi informasi mengenai sebuah produk, ingin membandingkan harga, atau mereka sudah siap melakukan pembelian.

Saat membuat konten, pastikan konten tersebut mampu menjawab seach intent pengunjung situs Anda. Misalnya, Anda bisa menyajikan konten berupa informasi produk untuk menarik minat pengunjung, konten perbandingan untuk membantu calon konsumen menentukan pilihan, dan konten transaksional yang membantu calon pembeli untuk melakukan transaksi.

3. Gunakan Kata-kata Berorientasi Uang yang Ampuh

Kondisi resesi ekonomi membuat consumer menjadi lebih sensitif terhadap kata-kata tertentu, yang kemudian dapat berdampak pada buying behavior mereka. Hal ini membuat brand harus lebih bijak dalam memilih kata-kata yang tepat untuk mempengaruhi psikologi konsumen dan membuat mereka melakukan aksi yang diinginkan, yaitu konversi atau pembelian. 

Gunakanlah kata-kata money-oriented dengan kesan positif, seperti: “harga terjangkau”, “penawaran hemat”, “solusi efektif”, “gratis”, dan lain sebagainya. Sisipkan kata-kata tersebut pada bagian judul, meta deskripsi, dan di dalam konten secara strategis. Namun, pastikan bahwa Anda tetap menomorsatukan kejujuran saat merumuskan konten tersebut.

4. Targetkan Kata Kunci yang Tahan Terhadap Resesi

Penargetan kata kunci merupakan salah satu tombak utama dalam mengimplementasikan strategi SEO. Terutama saat resesi, Anda perlu lebih cermat dalam memilih kata kunci yang mampu membuat visibilitas situs Anda tetap tinggi. Dalam melakukan keyword targeting, fokuslah pada jenis-jenis kata kunci yang resisten terhadap resesi, yaitu kata kunci yang akan tetap menjadi prioritas pencarian bagi peselancar website.

Kata kunci tersebut biasanya berhubungan dengan kebutuhan pokok maupun layanan sehari-hari. Kata kunci yang menawarkan solusi hemat di tengah masa ekonomi sulit tentunya juga menjadi keyword target yang tepat. Untuk hasil yang maksimal, Anda bisa memadukannya dengan kata kunci yang bersifat money-oriented, misalnya: “beras berkualitas murah”, “promo popok bayi”, dan lain sebagainya.

5. Mempercepat Waktu Muat Halaman

Tidak hanya dari segi penggunaan kata kunci dan pembuatan konten berkualitas, Anda juga perlu memperhatikan kecepatan waktu muat dari halaman situs yang dikelola. Pengunjung situs akan cenderung lebih memilih mencari informasi dari situs yang mampu memuat konten di dalamnya dengan cepat. 

Waktu loading yang terlalu lama dapat meningkatkan bounce rate yang pastinya berdampak negatif terhadap strategi SEO. Beberapa strategi yang bisa Anda terapkan untuk meningkatkan loading time pada situs adalah mengecilkan resolusi gambar, mengoptimasi kode website, dan meminimalisir penggunaan widgets yang tidak dibutuhkan.

Kesimpulan

Resesi ekonomi menjadi peluang besar untuk semakin membuat bisnis yang Anda jalankan melejit pesat dengan penerapan strategi SEO yang tepat. Alih-alih memotong budget pemasaran, Anda bisa mengerahkan biaya yang lebih besar untuk menggunakan jasa digital marketing agency IDEOWORKS. 

Digital marketing agency yang berbasis di Jakarta ini memiliki pengalaman yang sangat mumpuni dalam meracik strategi optimasi mesin pencari yang tepat dan sesuai dengan kebutuhan bisnis Anda. Tak hanya itu, Anda juga bisa memanfaatkan jasa pembuatan digital ads untuk platform Google dan Facebook untuk semakin memperkuat pondasi pemasaran bisnis.

Tags

Further Reading: