Preloader
5 - representation-user-experience-interface-design

Menghadapi Martech Bersama: Alasan Mengapa Tim In-House Tidak Seharusnya Membuat Strategi Sendiri

Martech atau marketing technology berarti penggunaan teknologi dalam marketing seperti melibatkan software dan platform online. Di era digital ini, hampir setiap perusahaan menerapkan martech karena marketing mereka harus melibatkan teknologi. Begitu pula brand Anda yang harus menyesuaikan strategi. Namun, untuk penerapannya, tim in-house dapat menghadapi kendala yang signifikan jika mereka bekerja sendiri. Mengapa?

Alasan Tim In-House Mengalami Kendala Terkait Martech

Khususnya, bagi brand yang tidak bergerak di bidang digital, maka kendala akan lebih terasa. Berikut alasan terjadinya kendala pada tim in-house berkaitan dengan martech:

  • Ragam Keahlian Individu Umumnya Terbatas

Dalam tim in-house di perusahaan, pada umumnya keahlian yang dimiliki oleh tim terbatas. Bahkan keahlian setiap individu setelah semuanya digabungkan, maka masih tetap belum dapat dimanfaatkan secara optimal dalam martech.

Keahlian yang terbatas ini dapat menjadi hambatan bagi brand, dalam membuat inovasi dan melangkah lebih maju, khususnya di bidang digital marketing, seperti mengoptimalkan SEO (Search Engine Optimization) atau membuat strategi content marketing.

  • Sumber Daya Kurang Optimal dalam Berbagai Aspek

Secara umum, tim in-house biasanya menghadapi tantangan yaitu sumber daya yang juga terbatas, termasuk di antaranya kekurangan bujet dan tidak adanya akses untuk menggunakan tools dan teknologi. 

Dengan begitu, tim in-house dihadapkan pada situasi yang lebih sulit lagi, karena situasinya tidak dapat mendukung tim untuk bekerja dengan upaya yang lebih sedikit, melainkan harus tetap bekerja dengan intensitas tinggi apalagi saat sedang peak season atau membuat campaign baru.

  • Kurang Inovasi dengan Strategi Marketing yang Berulang

Tim marketing internal cenderung lebih mudah mengalami kondisi stagnan, karena tidak dapat membuat inovasi baru. Motivasi untuk membuat gebrakan juga kurang maksimal, sehingga tidak dapat menjadi faktor pendorong.

Maka, tanpa adanya dorongan dari pihak luar, strategi marketing yang diterapkan juga menjadi itu-itu saja, berulang karena tidak ada yang baru. Seiring berjalannya waktu, strategi marketing Anda tidak hanya kurang inovatif, tetapi juga bisa menjadi kurang efektif.

  • Biaya Fixed Cost yang Lebih Besar

Memiliki tim in-house berarti, bisnis Anda mempunyai tenaga kerja tetap, dengan kebutuhan biaya setiap bulan contohnya untuk gaji bulanan. Bagi perusahaan yang lebih kecil dengan kebutuhan yang terus berubah, biaya untuk tim in-house tersebut dapat menjadi besar.

Berbeda dengan menggunakan jasa digital marketing agency untuk setiap project saja, dan bukan rutin bulanan. Jika demikian, bisnis Anda dapat menghemat biaya, khususnya bagi perusahaan dengan skala yang lebih kecil, di mana bujet tim in-house terbilang tinggi.

  • Kurangnya Respon Terhadap Perubahan dan Peluang

Tim internal yang sudah terbiasa dengan sistem perusahaan, bisa jadi akan mengalami hambatan dalam proses kerja. Mereka dapat mengalami kesulitan bekerja lebih efektif dan efisien untuk mencapai hasil yang lebih besar.

Kondisi ini dapat membatasi kemampuan tim in-house dalam merespon perubahan yang terjadi di pasar. Mereka juga umumnya sulit membuat perubahan, dan kurang lihai dalam menangkap peluang yang tersedia.

Maka dari itu, tim in-house tetaplah penting, hanya saja, Anda perlu menambahkan sumber daya untuk bisa maksimal dalam menerapkan martech. Salah satu cara yang tepat yaitu berkolaborasi dengan digital marketing agency. Apa alasannya?

Kelebihan Bekerja Sama dengan Agensi Digital Marketing

Ada kelebihan untuk brand Anda jika bekerja sama dengan agensi digital marketing. Berikut kelebihannya:

  • Mendapatkan Input dari Profesional Ahli di Setiap Bidangnya

Kelebihan utama bekerja sama dengan digital marketing agency, yaitu Anda bisa mendapatkan input dari profesional yang ahli di bidangnya, mulai dari SEO, advertising hingga pembuatan content

Dengan begitu, keunggulan ini juga yang membuat agensi dapat selalu mengikuti tren dan tetap menjadi yang terdepan. Bahkan, agensi yang berpengalaman mengetahui segala taktik yang membuat bisnis Anda bisa memilih strategi yang paling kompetitif.

  • Memiliki Fleksibilitas dan Kemampuan Adaptasi Tinggi

Agensi marketing eksternal juga dapat membantu bisnis Anda untuk terus berkembang, berkat fleksibilitas yang dimilikinya. Agensi digital marketing sangat fleksibel, sehingga bisa memberikan solusi yang selama ini sulit dieksekusi oleh tim in-house saat bekerja sendiri.

Tentunya kemampuan adaptasi tinggi tersebut, menjadi keunggulan yang sangat penting dalam pasar era digital yang terus bergejolak. Sebab, perusahaan harus selalu membuat marketing plan, mengikuti permintaan dan penawaran yang terus berfluktuasi.

  • Adanya Masukan Sudut Pandang Baru dan Ide Inovatif

Digital marketing agency membawa angin segar bagi bisnis, karena memberikan sudut pandang baru yang berasal dari luar perusahaan. Dari sini, akan muncul ide-ide yang penuh dengan inovasi, termasuk pembuatan digital ads yang lebih menarik dan efektif.

Adanya sudut pandang dari pihak luar, juga sangat penting dalam mengenali peluang, tantangan atau aspek apa saja yang dapat diperbaiki, yang biasanya tidak terlihat oleh tim in-house internal.

  • Akses Penggunaan Tools dan Teknologi Canggih Terbaru

Pada umumnya, agensi digital marketing memiliki akses untuk menggunakan tools marketing dan teknologi yang canggih, terbaru dan paling bermanfaat bagi perusahaan. Biasanya, tools ini membutuhkan total biaya tinggi, jika bisnis Anda menggunakan semuanya untuk marketing.

Namun, digital marketing agency sudah mengintegrasikan tools tersebut, ke dalam produk dan layanan mereka, sehingga dapat menggunakan bujet yang lebih efisien bagi bisnis Anda. Tools ini di antaranya meliputi platform analitik yan canggih hingga software untuk membuat content, semuanya memberikan solusi yang paling efisien untuk hasil berkualitas tinggi.

  • Penggunaan Biaya Efektif untuk Project Jangka Pendek

Menggunakan jasa agensi digital marketing, memerlukan biaya yang lebih efektif dan memberikan hasil signifikan, daripada harus mengelola tim in-house untuk menyelesaikan project jangka pendek. 

Digital marketing agency menawarkan solusi pintar untuk setiap jenis campaign, termasuk salah satunya perilisan produk baru, tanpa harus bekerja sama dengan perusahaan Anda untuk jangka panjang, hanya sampai produk selesai diluncurkan.

Kesimpulan

Meskipun tim in-house memiliki peran yang penting dalam setiap perusahaan, tantangan yang dihadapi dalam penerapan marketing technology  atau martech tidak dapat diabaikan. Dengan keterbatasan keahlian, sumber daya yang terbatas, serta kesulitan dalam berinovasi dan merespon perubahan, banyak brand yang merasa terhambat dalam mengoptimalkan potensi martech mereka. Oleh karena itu, kolaborasi dengan digital marketing agency dapat menjadi solusi yang tepat.

Maka dari itu, IDEOWORKS hadir untuk siap berkolaborasi dengan Anda. Bersama IDEOWORKS yang telah berpengalaman di bidang digital marketing, Anda dapat membuat keputusan penting untuk strategi penerapan martech. IDEOWORKS menjadi pilihan agensi paling tepat untuk bersama tim in-house, mencapai target digital marketing Anda.

Tags

Further Reading: